Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belgia Buka Pintu Pertukaran Tahanan dengan Iran, Harapan Pembebasan Olivier Vandecasteele Terbuka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 04 Maret 2023, 15:39 WIB
Belgia Buka Pintu Pertukaran Tahanan dengan Iran, Harapan Pembebasan Olivier Vandecasteele Terbuka
Demonstran memegang plakat potret pekerja bantuan Belgia Olivier Vandecasteele yang ditahan/Net
rmol news logo Setelah mengalami penundaan, Pengadilan Belgia akhirnya resmi membuka pintu perjanjian pertukaran tahanan dengan Pemerintahan Iran pada Jumat (3/3) waktu setempat.

Dengan keputusan tersebut, harapan untuk pembebasan pekerja bantuan Belgia Olivier Vandecasteele yang saat ini dipenjara di Republik Islam semakin terbuka. Jika benar terjadi, ia akan ditukar dengan diplomat Iran Assadollah Assadi yang dipenjara di Belgia karena perannya dalam plot bom.

Anggota parlemen Belgia sebenarnya sudah menyelesaikan perjanjian itu pada bulan Juli tetapi kemudian tertahan oleh tantangan hukum dari kelompok oposisi Iran di pengasingan.

"Pengadilan menolak tindakan pembatalan," kata pengadilan konstitusional Belgia pada Jumat, seperti dikutip dari The National, Sabtu (4/3).

Hakim menentukan bahwa korban dari setiap tahanan yang diusulkan untuk dipindahkan harus memiliki hak untuk menggugat kasus tertentu di pengadilan.

“Dengan demikian, ketika pemerintah mengambil keputusan untuk mentransfer, ia harus memberi tahu para korban tentang terpidana yang relevan sedemikian rupa sehingga mereka dapat secara efektif meminta peninjauan kembali legalitas (transfer),” katanya.

Keputusan itu merupakan pukulan bagi kelompok oposisi Iran, Dewan Perlawanan Nasional Iran, yang mengajukan kasus tersebut.

"Masih ada jalan (panjang) untuk melihat Olivier bebas tapi malam ini mungkin akhirnya ada cahaya di ujung terowongan," kata juru kampanye untuk pembebasan Vandecasteele di Twitter mengomentari keputusan Jumat.

Vandecasteele, ditangkap saat berkunjung ke Iran pada Februari 2022. Ia kemudian dijatuhi hukuman 40 tahun penjara dan 74 cambukan atas tuduhan termasuk memata-matai dalam sidang yang berlangsung Januari lalu.

Keluarganya yang putus asa telah meminta agar pemerintah melakukan yang terbaik untuk membebaskannya.

Selama dipenjara Vandecasteele dikabarkan telah kehilangan 25 kilogram bobot tubuh dan menderita infeksi telinga, perut dan gigi yang belum mendapat perhatian medis yang layak.

Iran, sementara itu, telah menyerukan pembebasan Assadi, yang dijatuhi hukuman 20 tahun penjara di Belgia pada tahun 2021 atas rencana bom tahun 2018 yang berhasil digagalkan. Ini adalah persidangan pertama seorang pejabat Iran atas dugaan terorisme di Eropa sejak revolusi Iran tahun 1979.

Dia dinyatakan bersalah memasok bahan peledak untuk rencana serangan bom di sebuah acara di luar Paris yang diadakan oleh NCRI.

Polisi Belgia menggagalkan serangan tersebut ketika mereka mencegat sebuah mobil yang membawa bom, bertindak berdasarkan informasi yang dikumpulkan oleh beberapa dinas intelijen Eropa.

Assadi telah membawa bahan peledak tersebut dengan pesawat dari Iran dan menyerahkan sebuah perangkat kepada tim pengebom suami-istri setelah pertemuan di Pizza Hut di Luxembourg City.

Dia terus berhubungan dengan mereka sampai mereka ditangkap saat mereka pergi ke rapat umum yang dihadiri sekitar 25.000 orang di Villepinte, di pinggiran Paris.

Terlampir di kedutaan Iran di Austria, Assadi ditangkap di Jerman, di mana klaim kekebalan diplomatiknya ditolak.

Perjanjian tersebut, yang ditandatangani oleh Kementerian Kehakiman Belgia dan duta besar Iran untuk Belgia, mengatakan bahwa cara terbaik untuk meningkatkan kerja sama dengan Iran dalam masalah keadilan adalah dengan mengizinkan narapidana menyelesaikan hukuman penjara mereka di negara asalnya.

Hal ini juga memungkinkan bahwa setiap yurisdiksi dapat mengampuni narapidana yang dikembalikan atau meringankan hukuman mereka. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA