Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kesampingkan Perbedaan, India dan China Sepakat Tingkatkan Hubungan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 03 Maret 2023, 16:24 WIB
Kesampingkan Perbedaan, India dan China Sepakat Tingkatkan Hubungan
Menteri Luar Negeri China Qin Gang dan Menteri Luar Negeri India S Jaishankar berjabat tangan di sela-sela Pertemuan Menteri Luar Negeri G20 di New Delhi pada Kamis 2 Maret 2023/Net
rmol news logo India dan China sepakat untuk mendorong hubungan bilateral yang lebih kuat lagi di masa depan. Terlepas dari banyaknya perselisihan yang dimiliki dua negara bertetangga tersebut.

Upaya untuk memperkuat hubungan diwujudkan selama pertemuan bilateral antara Menteri Luar Negeri India S. Jaishankar dan Menteri Luar Negeri China Qin Gang di sela-sela rangkaian pertemuan para menlu G20 di New Delhi pada Kamis (2/3).

Dalam sebuah pernyataan, keduanya mengaku sepakat bahwa sebagai dua kekuatan dunia, India dan China memiliki lebih banyak kepentingan bersama daripada perbedaan.

"Pembangunan dan revitalisasi China dan India menampilkan kekuatan negara-negara berkembang, yang akan mengubah masa depan sepertiga populasi dunia, masa depan Asia, dan bahkan seluruh dunia," kata Qin.

Menurut Qin, China bersedia untuk mempercepat dimulainya kembali pertukaran dan kerja sama dengan India di berbagai bidang. Ia pun menyatakan dukungan penuh atas presidensi India di G20.

Senada dengan Qin, Jaishankar menuturkan, situasi perbatasan saat ini mulai berangsur stabil. Kedua belah pihak akan segera membuat kerja sama di bidang ekonomi, perdagangan, hingga people-to-people.

"Hubungan bilateral harus dipahami dan ditingkatkan dari perspektif sejarah dan ketinggian strategis. Lebih banyak platform kerja sama harus dibentuk untuk mempromosikan hubungan India-China di jalur yang benar," kata Menlu India itu, dimuat People.

Di akhir pernyataannya, Jaishankar mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan Beijing untuk kepemimpinan New Delhi di G20, dan atas kesediaan China untuk menjaga komunikasi dan koordinasi dalam urusan multilateral.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA