Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tuntut Perbaikan Sektor Pendidikan, Ratusan Guru di Kolombia Turun ke Jalan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 01 Maret 2023, 14:00 WIB
Tuntut Perbaikan Sektor Pendidikan, Ratusan Guru di Kolombia Turun ke Jalan
Ratusan ribu guru di Kolombia turun ke jalan pada Selasa, 28 Febuari 2023/Fecode
rmol news logo Ratusan guru Kolombia berbaris di Bogota pada Selasa (28/2), untuk menyerukan perbaikan nasional dalam sektor pendidikan publik.

Menurut Presiden Federasi Pekerja Pendidikan Kolombia (Fecode) Carlos Rivas yang memobilisasi massa, mereka menuntut agar pemerintah melakukan perubahan untuk kondisi kerja yang lebih baik dalam bidang pendidikan.

"(Kami) menuntut pemerintah membuat sejumlah perubahan di sektor pendidikan, yaitu dengan memberi para guru perlakuan yang pantas kita dapatkan, bahwa pendidikan publik layak dan demokrasi Kolombia layak," kata Rivas.

Dimuat Anadolu Agency pada Rabu (1/3), asosiasi guru itu berdemonstrasi di beberapa kota, di Medellin dan Bucaramanga dengan membawa peluit, spanduk dan speaker, dengan sebagian besar kelas diliburkan, karena jalanan diblokir.

Menurut anggota Fecode lainnya, Nelson Javier, mengatakan bahwa para pengunjuk rasa menginginkan reformasi dalam sumber daya, dan meningkatkan infrastruktur pendidikan untuk menutupi ketidaksetaraan yang ada saat ini.

"Infrastruktur pendidikan, perbaikan konektivitas, makanan sekolah, dan transportasi sekolah harus ditingkatkan untuk menjamin bahwa semua siswa di Kolombia mendapatkan hak dan pendidikan berkualitas lebih baik,” ujarnya.

Selain itu, dalam demonstrasi itu, para guru menyoroti kekhawatirannya di kalangan publik terkait banyaknya ancaman yang mereka terima dari kelompok kriminal di Kolombia.

Lebih lanjut, beberapa demonstran juga mendesak proses perdamaian pemerintah yang dipimpin oleh Presiden Gustavo Petro dengan kelompok gerilya dan paramiliter ilegal, untuk menurunkan angka kekerasan di negaranya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA