Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Direktur CIA: Putin Terlalu Percaya Diri Bisa Menaklukkan Ukraina, Sementara Xi Sangat Gelisah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 27 Februari 2023, 11:05 WIB
Direktur CIA: Putin Terlalu Percaya Diri Bisa Menaklukkan Ukraina, Sementara Xi Sangat Gelisah
Presiden Rusia Vladimir Putin/Net
rmol news logo Perang antara Rusia dan Ukraina memasuki tahun kedua dengan tanpa tanda-tanda penyelesaian. Direktur CIA William Burns mengatakan, itu menandakan sikap arogan seorang Presiden Rusia Vladimir Putin.

Berbicara dalam sebuah wawancara televisi pada Minggu (26/2), Burns mengatakan, Putin terlalu percaya diri pada kemampuan militernya untuk membuat Ukraina tunduk, itu menjadi salah satu penyebab perang tidak kunjung usai.

Ia menilai, Putin "cukup bertekad" untuk terus menuntut perang, meskipun ada korban jiwa, kekurangan taktis, dan kerusakan ekonomi dan reputasi Rusia.

"Saya pikir Putin, saat ini, terlalu percaya diri dengan kemampuannya .untuk melemahkan Ukraina. Pada titik tertentu, dia (Putin) harus menghadapi berapa banyak harga yang harus dia kerahkan," katanya, dalam sebuah wawancara di CBS "Face the Nation".

Burns juga mengatakan Putin meremehkan tekad AS untuk mendukung Ukraina.

Komentar Burns muncul di tengah kekhawatiran bahwa China sedang mempertimbangkan untuk memberi bantuan militer ke Rusia.

"Itu akan menjadi taruhan yang sangat berisiko dan tidak bijaksana," kata Burns, seraya menambahkan bahwa langkah seperti itu hanya akan semakin memperkeruh hubungan antara dua ekonomi terbesar di dunia itu.

“Itulah mengapa saya sangat berharap mereka (China) tidak melakukannya," ujarnya.

Burns juga mengomentari bahwa Presiden China Xi Jinping telah mengamati dengan cermat bagaimana perang telah berkembang.

"Saya pikir, dalam banyak hal, dia (Xi) gelisah dan sadar dengan apa yang dilihatnya," tambah Burns. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA