Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dapat Kunjungan dari Raja Norodom Sihamoni, Xi Jinping Janji Beri Dukungan Kuat untuk Kamboja

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 25 Februari 2023, 14:45 WIB
Dapat Kunjungan dari Raja Norodom Sihamoni, Xi Jinping Janji Beri Dukungan Kuat untuk Kamboja
Presiden China Xi Jinping dan istri, Peng Liyuan, mengadakan pertemuan ramah dengan Raja Kamboja Norodom Sihamoni dan Ibu Suri Norodom Monineath Sihanouk di Wisma Negara Diaoyutai di Beijing, ibu kota Tiongkok, 24 Februari 2023/Net
rmol news logo China mendapat kunjungan kehormatan dari Raja Kamboja Norodom Sihamoni dan Ibu Suri Norodom Monineath Sihanouk.

Keduanya mengadakan pertemuan dengan Presiden Xi Jinping dan istri, Peng Liyuan, di Diaoyutai State Guesthouse di Beijing pada Jumat (24/2) waktu setempat.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat, Xi menyebut Raja dan Ibu Suri Kamboja sebagai saksi reformasi dan pembangunan China, dengan mengatakan bahwa keduanya selalu peduli dengan pembangunan China dan berteman baik dengan rakyatnya.

Ia juga menunjukkan bahwa dalam 65 tahun sejak terjalinnya hubungan diplomatik, persahabatan antara China dan Kamboja terus berkembang.

"Ini karena persahabatan mendalam yang ditempa dan dipelihara oleh generasi pemimpin China yang lebih tua dan mantan Raja Norodom Sihanouk," kata Xi, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu (25/2).

Menyambut persahabatan berlapis besi antara kedua negara, Xi menyerukan untuk meneruskan persahabatan dari generasi ke generasi dan menulis babak baru dalam membangun komunitas Tiongkok-Kamboja dalam membangun masa depan bersama.

"China siap bekerja dengan pihak Kamboja untuk mengembangkan kerangka kerja sama berlian dengan enam bidang prioritas," kata Xi, seraya menambahkan China mendukung Kamboja dalam membangun Koridor Industri dan Teknologi, serta Koridor Ikan dan Beras.

Pada gilirannya Raja Kamboja Sihamoni dan Ibu Suri Monineath mengungkapkan rasa terima kasih mereka atas bantuan dan dukungan tanpa pamrih jangka panjang Tiongkok kepada Kamboja.

Pasangan itu mengatakan pihak Kamboja menghargai Belt and Road Initiative yang diusulkan oleh Presiden Xi dan konsep membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia.

"Kamboja bersedia bekerja sama dengan China untuk memperingati 65 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara Kamboja dan China sebagai kesempatan untuk memperdalam pertukaran persahabatan dan kerja sama di berbagai bidang dan mewariskan persahabatan tradisional dari generasi ke generasi," kata mereka. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA