Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korsel dan UEA Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Bidang Siber dan Luar Angkasa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 22 Februari 2023, 11:00 WIB
Korsel dan UEA Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Bidang Siber dan Luar Angkasa
Menteri Pertahanan Korea Selatan Lee Jong-sup dan Menteri Pertahanan UEA Mohammed Ahmed Al Bowardi, memeriksa pasukan kehormatan menjelang pembicaraan di Kementerian Pertahanan UEA di Abu Dhabi pada 21 Februari 2023/Net
rmol news logo Sejumlah kerja sama bilateral dalam industri senjata, keamanan dunia maya, dan bidang lainnya dibahas selama pertemuan Menteri Pertahanan Lee Jong-sup dan rekannya dari UEA, Mohammed Ahmed Al Bowardi, Selasa (21/2) waktu Abu Dhabi.

Kementerian Pertahanan Korsel mengatakan, selama pembicaraan Selasa kedua kepala pertahanan juga mencatat nota kesepahaman baru-baru ini antara Korsel dan UEA tentang kerja sama industri pertahanan strategis dan pengembangan pesawat angkut multi peran yang ditandatangani bulan lalu ketika Presiden Yoon Suk Yeol mengunjungi Abu Dhabi untuk melakukan pertemuan puncak dengan Presiden UEA Mohamed bin Zayed Al Nahyan.

"Berdasarkan pengaturan ini, Lee dan kepala pertahanan UEA setuju untuk menjajaki berbagai opsi untuk kerja sama baru dalam investasi bersama, penelitian dan pengembangan teknologi," menurut pernyataan kementerian, seperti dikutip dari Yonhap, Rabu (22/2).

Secara khusus, katanya, mereka sepakat untuk bekerja sama mengidentifikasi sistem persenjataan, yang dapat dikembangkan dan diproduksi bersama, dan menemukan area yang memungkinkan untuk penelitian bersama.

Kedua belah pihak juga dikatakan sepakat untuk memperkuat kerja sama dalam bidang siber dan luar angkasa, serta program pelatihan berbasis sains, sambil menilai dorongan berkelanjutan mereka untuk kerja sama dalam pelatihan perang khusus, pertukaran orang-ke-orang, dan bidang lainnya.

"Al Bowardi menyebut kontingen militer Korea Selatan, yang dikenal sebagai unit Akh, di UEA sebagai simbol kerja sama bilateral, dengan mengatakan unit tersebut telah memainkan peran besar dalam memperkuat kemampuan tempur militer UEA," menurut kementerian tersebut.

Diluncurkan pada tahun 2011, unit Akh telah melakukan berbagai misi di negara tersebut, termasuk melatih pasukan UEA dan melindungi warga negara Korea di wilayah tersebut jika terjadi keadaan darurat. Akh berarti saudara dalam bahasa Arab.

Sementara itu Lee menjelaskan upaya Seoul untuk mencegah ancaman nuklir dan rudal Korea Utara, dan mendorong perdamaian di Semenanjung Korea, dan meminta dukungan UEA untuk upaya tersebut.

Usai pertemuan, Lee kemudian mengunjungi unit militer UEA di Abu Dhabi yang mengoperasikan sistem rudal permukaan-ke-udara jarak menengah Cheongung II buatan Korea Selatan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA