Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ajak Negara Berkembang Maju Bersama, India: Kita Satu Keluarga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 18 Januari 2023, 17:52 WIB
Ajak Negara Berkembang Maju Bersama, India: Kita Satu Keluarga
KTT Voice of Global Summit yang diselenggarakan pada Kamis, 12 Januari 2023/Net
Tidak Ingin Maju Sendiri, India Gandeng Negara Berkembang untuk Maju Bersama

RMOL. KTT Voice of South Global Summit yang telah diselenggarakan oleh India dianggap sebagai sebuah strategi jangka panjang untuk maju bersama dengan negara-negara berkembang, daripada maju sendirian.

Begitu yang ditulis oleh situs berita Nepal, Epardafas.com, yang dimuat ANI News pada Sabtu (15/1).

Menurut situs berita tersebut, pertemuan puncak yang diselenggarakan oleh India untuk memfokuskan perhatian masyarakat internasional pada prioritas, persepsi, dan kepentingan dari negara-negara berkembang.

KTT yang diselenggarakan pada 12-13 Januari 2023 ini telah dihadiri oleh pemimpin dan menteri dari 125 negara berkembang dan terbelakang di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan secara virtual.

Dalam pidato pembukanya, Perdana Menteri Narendra Modi menyerukan globalisasi yang berpusat pada manusia yang tidak menciptakan krisis iklim atau krisis utang, yang sesuai dengan keinginan dari negara berkembang.

“Kita semua menghargai prinsip globalisasi. Filosofi India selalu melihat dunia sebagai satu keluarga. Namun, negara-negara berkembang menginginkan globalisasi yang tidak menciptakan krisis iklim atau krisis utang,” ujar Modi.

Lebih lanjut, Modi dalam penjelasannya menekankan bahwa ia menginginkan globalisasi yang mengarah pada distribusi vaksinasi dan rantai pasokan global yang merata ke seluruh negara, demi kemakmuran dan kesejahteraan bersama.

Dengan hadirnya Global South Center of Excellence yang didirikan New Delhi nantinya, menurut Modi, lembaga ini akan membantu negara anggota berkembang untuk melakukan penelitian tentang pengembangan solusi atau praktik yang terbaik.

Selain itu, dalam presidensi yang dipegang oleh India, Modi pun juga telah menyatakan tekadnya untuk terus berupaya dalam menyuarakan pandangan dan suara negara-negara selatan akan isu-isu penting lainnya.

Hal ini juga sejalan dengan yang disampaikan oleh Menteri Luar Negeri S Jaishankar, dalam salah satu sesi KTT tersebut. Jaishankar mengatakan bahwa India tidak hanya memprioritaskan negara anggota G20, namun mereka juga akan mendahulukan negara sesama Selatan Global.

Sebab, kata Jaishankar, dalam sejarahnya, India pernah merasakan dan memikul beban yang sama di masa lalu seperti yang negara-negara terbelakang rasakan saat ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA