Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sempat Mogok dan Bikin Selat Bosphorus Macet, Kapal Kargo dari Ukraina Kembali Melaut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 17 Januari 2023, 06:07 WIB
Sempat Mogok dan Bikin Selat Bosphorus Macet, Kapal Kargo dari Ukraina Kembali Melaut
Kapal curah MKK1 saat ditarik dari selat Bosphorus Istanbul/Net
rmol news logo Lalu lintas maritim di selat Bosphorus Istambul sempat mengalami kemacetan pada Senin (16/1) setelah sebuah kapal  curah MKK1 tiba-tiba mogok karena kerusakan pada kemudi.

Kapal berbendera Palau itu sedang melakukan perjalanan dari Turki ke Ukraina dengan membawa 13.000 ton kacang polong, di bawah kesepakatan koridor biji -bijian antara Rusia dan Ukraina yang didukung PBB.

Kantor gubernur Istanbul mengatakan kapal itu kandas di dekat pantai di distrik Beykoz sekitar pukul 07.30 waktu setempat.

Lima kapal bantuan segera dikirim oleh otoritas penjaga pantai Turki untuk membantu perbaikan MKK1, dan untuk sementara selat itu ditutup untuk umum.

Selat Bosphorus yang menghubungkan Laut Hitam ke Laut Marmara  merupakan salah satu jalur maritim tersibuk di dunia, sehingga sedikit saja gangguan pada jalur itu akan sangat berdampak. Diperkirakan, sekitar 48.000 kapal melewati selat itu setiap tahun.

Perlu waktu beberapa jam sampai akhirnya MKK1 yang memiliki panjang 142 meter itu bisa kembali berjalan dan meninggalkan selat untuk melanjutkan perjalanan. Selat  Bosphorus pun kembali dibuka.

Insiden itu terjadi sebulan setelah Turki mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kebuntuan kapal tanker yang menumpuk di selat Bosphorus dan Dardanelles, yang membuat jutaan barel minyak terjebak. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA