Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rusia Kuasai Soledar di Ukraina Timur, Menebus Kekalahan Berminggu-minggu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 14 Januari 2023, 06:08 WIB
Rusia Kuasai Soledar di Ukraina Timur, Menebus Kekalahan Berminggu-minggu
Soledar/Net
rmol news logo Setelah beberapa bulan mengalami kemunduran, pasukan Rusia akhirnya menguasai kota penambangan garam Soledar di Ukraina timur pada Kamis (13/1).

Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya mengatakan, keberhasilan pasukan dalam merebut kota itu bisa berarti akan mengenyahkan pasukan Ukraina di Kota Bakhmut, kota yang lebih besar, yang berada tak jauh dari Soledar.

Aljazeera
dalam laporannya mengatakan bahwa Soledar telah lama menjadi fokus pertempuran sengit dan pengeboman. Kota ini terletak di Provinsi Donetsk, Ukraina timur, salah satu dari empat wilayah Ukraina yang dianeksasi oleh Moskow pada September 2022.

Jatuhnya kota itu menandai kemajuan pasukan Rusia setelah kekalahannya berturut-turut sejak ia menginvasi Ukraina pada Februari 2022.

Sejak awal, Moskow mengidentifikasi Donetsk dan provinsi tetangga Luhansk sebagai prioritas, dan telah memperlakukan daerah tersebut sebagai wilayah Rusia.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Letnan Jenderal Igor Konashenkov, mengatakan, pembebasan Soledar sebenarnya telah diselesaikan pada Rabu malam (12/1). Kemenangan Rusia atas Soledar merupakan perkembangan penting untuk kelanjutan operasi ofensif di wilayah Donetsk

Belum ada komentar dari pihak Ukraina, kecuali Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Hanna Malyar mengatakan fi Telegram bahwa pertempuran di Soledar akan terus berlanjut dan, akan menjadi malam yang panas. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA