Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berdarah India, Manpreet Minca Singh Jadi Hakim Wanita Sikh Pertama di AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 09 Januari 2023, 14:46 WIB
Berdarah India, Manpreet Minca Singh Jadi Hakim Wanita Sikh Pertama di AS
Manpreet Monica Singh/Net
rmol news logo   Wanita bernama Manpreet Monica Singh, asal India baru-baru ini dilantik sebagai hakim di daerah Harris, Texas, Amerika Serikat pada Jumat (6/1).

Ia disumpah sebagai hakim Pengadilan Negeri Harris County pada UU No. 4 di Texas, sehingga Singh telah menorehkan sejarah bari sebagai wanita Sikh pertama yang berhasil menjadi seorang hakim di AS.

"Itu sangat berarti bagi saya karena saya mewakili H-town (nama panggilan Houston), jadi untuk menjadi kami, saya senang untuk itu," katanya pada upacara sumpah.

Seperti dimuat Telegraph India pada Senin (9/1), Saat ini Singh tinggal di Bellaire, Harris County bersama dua anaknya, dan suaminya. Sebelumnya, ia merupakan seorang pengacara selama 20 tahun hidupnya, dan telah banyak terlibatn dalam organisasi hak-hak sipil di tingkat lokal, negara bagian dan nasional.

Menurut seorang Hakim India-Amerika, Ravi Sandil yang juga memimpin upacara Singh, mengatakan, pengangkatan Singh menjadi salah satu momen yang sangat berharga bagi para komunitas Sikh.

"Ketika mereka melihat seseorang dari kulit berwarna, seseorang yang sedikit berbeda, mereka tahu kemungkinan itu tersedia bagi mereka. Manpreet bukan hanya duta Sikh, tapi dia juga duta untuk semua wanita kulit berwarna," katanya.

Saat ini diperkirakan ada 500 ribu lebih orang Sikh yang berada di AS, dengan 20 ribu Sikh tinggal di daerah Houston.

Sementara itu, menanggapi pengangkatan sumpah jabatan Singh ini, Walikota Houston, Sylvester Turner juga menyambut baik pengangkatan Singh, yang berasal dari komunitas Sikh sebagai perwakilan hakim di wilayahnya.

"Ini adalah hari yang membanggakan bagi Komunitas Sikh, tetapi juga hari yang membanggakan bagi semua orang kulit berwarna yang melihat Keanekaragaman Kota Houston dalam Keanekaragaman Pengadilan," ujarnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA