Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Identitas Pilot Legenda Urban Ukraina "Ghost of Kyiv" Terungkap Setelah Ia Gugur dalam Perang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sulthan-nabil-herdiatmoko-1'>SULTHAN NABIL HERDIATMOKO</a>
LAPORAN: SULTHAN NABIL HERDIATMOKO
  • Sabtu, 30 April 2022, 22:15 WIB
Identitas Pilot Legenda Urban Ukraina "Ghost of Kyiv" Terungkap Setelah Ia Gugur dalam Perang
Alm Mayor Stepan Tarabalka, atau Ghost of Kyiv /Net
rmol news logo Seorang Ace Pilot dari Ukraina yang dikenal sebagai legenda urban "Ghost of Kyiv", kini terungkap identitasnya setelah dirinya tewas dalam pertempuran bulan lalu dan menjatuhkan setidaknya 40 pesawat Rusia dalam rekornya.

Times of London pada Sabtu (30/4) menyatakan identitasnya sebagai Mayor Stepan Tarabalka, ayah satu anak berusia 29 tahun. Dirinya kini diagungkan sebagai pahlawan perang Ukraina.

Surat kabar Inggris itu juga mengatakan bahwa Tarabalka, yang menerbangkan MiG-29, ditembak jatuh pada 13 Maret saat melawan sejumlah besar jet tempur Rusia.

Menurut keluarganya yang dikutip oleh Times, pilot pesawat tempur itu secara anumerta dianugerahi medali tertinggi Ukraina untuk keberanian dalam pertempuran, Orde Bintang Emas. Dia juga diberi gelar Pahlawan Ukraina.

Orang tua Tarabalka mengatakan bahwa militer Ukraina tidak memberi mereka informasi apa pun tentang penerbangan terakhirnya atau kematiannya.

“Kami tahu dia terbang dalam sebuah misi, dan dia menyelesaikan misi, tugasnya. Kemudian dia tidak kembali. Hanya itu informasi yang kami miliki,” ujar ayah dan ibu Tarabalka.

Helm dan kacamatanya sekarang akan dilelang di London.

Tarabalka mendapatkan ketenaran di seluruh dunia, terutama di media sosial, setelah ia menembak jatuh 10 pesawat Rusia pada hari pertama invasi.

“Orang-orang memanggilnya Hantu Kyiv (Ghost of Kyiv). Dan memang demikian,” cuit pemerintah Ukraina di Twitter bulan lalu.

Menurut Times, Tarabalka lahir dari keluarga kelas pekerja di sebuah desa kecil bernama Korolivka, Ukraina barat, dan ingin menjadi pilot sejak dia masih kecil.

Dengan pengungkapan identitasnya, kini legenda urban Ghost of Kyiv resmi menjadi sejarah perang Ukraina. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA