Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Partai Duterte Nyatakan Dukung Marcos Jr

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sulthan-nabil-herdiatmoko-1'>SULTHAN NABIL HERDIATMOKO</a>
LAPORAN: SULTHAN NABIL HERDIATMOKO
  • Selasa, 22 Maret 2022, 15:57 WIB
Partai Duterte Nyatakan Dukung Marcos Jr
Calon presiden Ferdinand Marcos Jr/Net
rmol news logo Partai penguasa Filipina, PDP-Laban akhirnya resmi menyatakan diri sebagai pendukung calon presiden Ferdinand Marcos Jr untuk Pilpres yang akan digelar pada 9 Mei nanti.

Kabar dari partai Duterte itu datang pada Selasa ini (22/3), setelah PDP-Laban dinyatakan resmi mendukung pencalonan Marcos Jr atau Bong-Bong Marcos yang mencalonkan diri bersama putri Duterte.

Menurut analisa South Morning China Post, Bong-Bong adalah kandidat yang platformnya paling selaras dengan program pembangunan Duterte.

Namun itu tidak berarti bahwa Duterte secara resmi mendukung Bong-Bong, karena kondisi PDP-Laban saat ini tidak monolitik.

Retakan muncul di dalam PDP-Laban sejak tahun lalu ketika para pendukung Duterte dan kandidat presiden lainnya, Manny Pacquiao, berusaha merebut kendali partai itu.

Ditanya apakah pilihan partai mendapat restu Duterte, Juru bicara Kepresidenan, Martin Andanar mengatakan kepada media briefing bahwa "tidak jelas apakah ini juga merupakan preferensi Duterte."

Analis politik Temario Rivera mengatakan dukungan Duterte merupakan faktor penting bagi Bong-Bong di pilpres nanti.

“Lupakan dukungan oleh PDP-Laban. Keluarga yang kuat dan politisi berpengaruh (seperti Duterte) lebih diperhitungkan,” ujar Rivera, seraya menambahkan bahwa PDP-Laban kini sangat terpecah.

Di lain sisi, Ben Evardone, sekutu dekat Duterte dan wakil presiden partainya, mengumumkan dia akan mendukung salah satu saingan Marcos Jr, yakni wakil presiden saat ini, Leni Robredo.

Sejarahnya, PDP-Laban diciptakan untuk menentang kediktatoran Marcos Senior, yakni bapak Bong-Bong. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA