Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Iran dan Pakistan Sepakat Bentuk Kelompok Kerja Bersama untuk Manajemen Perbatasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Selasa, 15 Februari 2022, 22:49 WIB
Iran dan Pakistan Sepakat Bentuk Kelompok Kerja Bersama untuk Manajemen Perbatasan
Perbatasan Iran dan Pakistan/Al Jazeera
rmol news logo Iran dan Pakistan akan membentuk kelompok kerja bersama untuk menjaga manajemen perbatasan. Kelompok kerja ini juga akan bertanggungjawab soal masalah keamanan, perdagangan dan perjalanan antara kedua negara.
Begitu kata Menteri Dalam Negeri Iran Ahmad Vahidi dalam pernyataannya pada akhir kunjungannya ke Islamabad, Pakistan pada Senin (14/2).

Dia menjelaskan bahwa kedua negara juga sepakat untuk eningkatkan keterlibatan dalam hubungan ekonomi.

“Hubungan Iran-Pakistan, khususnya di bidang ekonomi, harus lebih kuat dan lebih luas,” kata Vahidi, seperti dikabarkan Al Jazeera pada Selasa (15/2).

Selama kunjungan tersebut, Vahidi bertemu dengan mitranya dari Pakistan Sheikh Rasheed Ahmed, Perdana Menteri Pakistan Imran Khan dan panglima militer negara itu Jenderal Qamar Javed Bajwa.

Diplomat Iran itu didampingi Duta Besar Iran untuk Pakistan, Mohammad Ali Hosseini, Komandan Penjaga Perbatasan Iran, Brigadir Jenderal Ahmad Ali Goudarzi, dan atase militer Iran Kolonel Mostafa Ghanbarpour.

Pakistan dan Iran berbagi perbatasan sekitar 750 km yang terletak di barat daya Pakistan dan sebelahtenggara Iran. Perbatasan tersebut telah menjadi tempat pertempuran sporadis, dengan patroli perbatasan di kedua sisi menjadi sasaran.

Pada tahun 2018, setidaknya 14 personel keamanan Iran, termasuk pejabat intelijen Korps Pengawal Revolusi Islam Iran, diculik di sepanjang perbatasan. Hal tersebut meningkatkan ketegangan antara kedua negara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA