Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Deretan Kepala Negara yang Hadir di Pelantikan Presiden Baru Iran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 06 Agustus 2021, 15:01 WIB
Deretan Kepala Negara yang Hadir di Pelantikan Presiden Baru Iran
Ebrahim Raisi berjanji akan membuat Iran lebih kuat dan terlibat dengan dunia/Reuters
rmol news logo Iran resmi dipimpin oleh presiden baru setelah Ebrahim Raisi resmi dilantik kemarin (Kamis, 5/8).

Pada upacara pelantikan di parlemen negara itu di Teheran, Raisi dengan tangan di atas Alquran, membacakan sumpah pelantikan serta mengatakan bahwa dia akan membuat Iran lebih kuat dan terlibat dengan dunia.

Pasca pelantikannya, Raisi yang berusia 60 tahun mengatakan bahwa Iran ingin dia mempertahankan kemerdekaan negaranya dan melawan intimidasi asing.

Tetapi dia juga berjanji untuk mengejar diplomasi dan keterlibatan konstruktif dan ekstensif dengan dunia. Dia menegaskan kembali pendiriannya bahwa meningkatkan hubungan dengan tetangga regional akan menjadi kebijakan luar negerinya.

“Saya mengulurkan tangan persahabatan dan persaudaraan ke semua negara, terutama yang ada di kawasan ini,” kata Raisi, seperti dikabarkan Al Jazeera.

Dia mengatakan kepada sekitar 260 pejabat lokal dan asing yang hadir di ruangan itu bahwa krisis regional perlu diselesaikan melalui dialog, dan kehadiran pasukan asing hanya mendorong lebih banyak ketidakstabilan.

Sementara itu, terkait retorika Barat, Israel dan beberapa tetangga Arab, Raisi menegaskan bahwa kehadiran Iran di kawasan itu menciptakan keamanan dan mendukung perdamaian dan stabilitas.

Pada upacara pelantikan Raisi, hadir sejumlah pejabat tinggi negara, termasuk presiden yang akan keluar, Hassan Rouhani. Selain itu, hadir juga puluhan perwakilan tingkat tinggi dari lebih dari 70 negara, termasuk beberapa kepala negara.

Di antara kepala negara yang hadir pada pelantikan Raisi adalah Presiden Irak Barham Salih, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dan Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan. Selain itu ada sejumlah pemimpin top negara lain seperti pemimpin politik Hamas Palestina Ismail Haniyeh, dan Ketua Duma Rusia Vyacheslav Volodin.

Tamu perwakilan regional lainnya adalah ketua Majelis Nasional Turki, Mustafa Sentop, Ketua Senat Pakistan Sadiq Sanjirani, kepala perunding Houthi Yaman Mohammed Abdulsalam, Ketua parlemen Suriah Hammouda Sabbagh, dan Ketua Majelis Nasional Azerbaijan Sahiba Gafarova. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA