Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pancing Amarah China, Kapal Perusak Rudal AS Eksis Di Selat Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 19 Mei 2021, 08:58 WIB
Pancing Amarah China, Kapal Perusak Rudal AS Eksis Di Selat Taiwan
Kapal perusak rudal AS, USS Curtis Wilbur/Net
rmol news logo Kapal perusak rudal kelas Arleigh Burke milik Amerika Serikat (AS), USS Curtis Wilbur, berlayar di Selat Taiwan, meningkatkan ketegangan antara Taipei dan Beijing.

Armada Ketujuh Angkatan Laut AS mengatakan kapal perang itu melakukan transit rutin sesuai hukum internasional pada Selasa (18/5).

"Transit kapal melalui Selat Taiwan menunjukkan komitmen AS terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Militer Amerika Serikat akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun yang diizinkan oleh hukum internasional," ujarnya, seperti dikutip Reuters.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan kapal itu berlayar ke arah selatan melalui selat dan situasi berjalan seperti biasa.

Hampir setiap bulannya, Angkatan Laut AS melakukan operasi semacam itu, yang membuat geram China.

Ketegangan militer antara Taiwan dan China telah meningkat selama setahun terakhir, dengan Taipei mengeluhkan Beijing berulang kali mengirim angkatan udaranya ke zona pertahanan udara Taiwan.

Beberapa dari aktivitas tersebut dapat melibatkan banyak pejuang dan pembom.

China mengatakan aktivitasnya di sekitar Taiwan ditujukan untuk melindungi kedaulatan China. Pemerintah Taiwan mengecamnya sebagai upaya intimidasi.

Sementara AS, seperti kebanyakan negara, tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan, tetapi merupakan pendukung internasional terpenting dan penjual senjata utama. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA