Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ini Harapan Korut Setelah Pemecatan Park Geun Hye

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/febiyana-1'>FEBIYANA</a>
LAPORAN: FEBIYANA
  • Senin, 19 Desember 2016, 22:08 WIB
Ini Harapan Korut Setelah Pemecatan Park Geun Hye
Park Geun Hye
rmol news logo Pemakzulan Presiden Korea Selatan, Park Geun Hye, baru-baru ini dinilai tidak akan mempengaruhi proses unifikasi Korea.

Meski begitu, Duta Besar Republik Rakyat Demokratik Korea (RRDK) untuk Indonesia, An Kwang Il, berharap Korea Selatan akan memiliki pemimpin yang membawa negara tersebut lepas dari ketergantungan pihak asing.

Sebab lanjut An, Korea Selatan harus bisa mempertahankan sikapnya sesuai dengan prinsip dan kesepakatan yang mana kepentingan bangsa Korea menjadi kepentingan utama.

"Untuk menjaga proses unifikasi Korea supaya berjalan dan tercapai, mereka (Korea Selatan) harus berpegang teguh pada prinsip yang ada. Jika mereka terus mengikuti pengaruh asing (Amerika Serikat) maka kemajuan proses unifikasi akan sama saja," ungkap An dalam Kuliah Umum di Kampus UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan, Senin (19/12).

Sebelumnya, Parlemen Korea Selatan untuk pertama kalinya dimasa demokrasi memakzulkan Presidennya, yaitu Park Geun Hye. Keputusan dilakukan berdasarkan pemungutan suara. Sebanyak 234 suara mendukung Park dimakzulkan sedangkan, 56 sura menolak.

Park dimakzulkan lantaran terjerat skandal korupsi dengan orang kepercayaannya, Choi Soon Sil.

Dalam kasus ini, Choi memanfaatkan posisi Park sebagai Presiden Korea Selatan untuk kepentingan pribadinya. Selain itu, Choi juga dinilai terlalu ikut campur dalam penentuan kebijakan Park di pemerintahan. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA