Ilustrasi. (Foto: Dokumentasi Telkomsel)
Platform komunikasi cloud global Infobip telah menjalin kemitraan dengan Telkomsel untuk menghadirkan RCS for Business ke pasar Indonesia. Kolaborasi ini menjadi tonggak penting dalam mendorong adopsi Rich Communication Services (RCS) di Indonesia serta memperkuat komitmen berkelanjutan Infobip untuk memperluas akses terhadap solusi pesan generasi berikutnya.
RCS adalah saluran pesan generasi berikutnya yang menghadirkan fitur lengkap layanan aplikasi chat, seperti berbagi media (gambar, audio, GIF, dan video), tanda pesan dibaca, indikator mengetik, serta tombol call-to-action.
Pesan dikirim melalui aplikasi pesan default pada perangkat seluler menggunakan koneksi data atau Wi-Fi, menjadikannya evolusi lanjutan dari SMS. Bagi brand, hal ini memungkinkan komunikasi dengan pelanggan secara lebih efektif dan engaging, tidak hanya melalui teks, sekaligus tetap memastikan keamanan dan kepercayaan dalam berkomunikasi.
Dengan verifikasi pengirim dan pengiriman yang didukung operator, pengguna dapat merasa lebih aman dan yakin ketika mereka berinteraksi dengan akun brand resmi, sehingga membantu bisnis tampil lebih menonjol dan mendorong hubungan yang lebih dalam dengan audiens.
Menghadirkan RCS for Business membutuhkan ekosistem di mana jaringan dan platform saling berkolaborasi. Google membuka jalan melalui penyediaan infrastruktur teknologi global; Telkomsel menjadi operator jaringan seluler pertama yang mengadopsinya di pasar Indonesia; dan Infobip, sebagai penyedia Communications Platform as a Service (CPaaS) terkemuka, menghadirkan akses serta keahlian untuk berbagai perusahaan mengaktifkan penggunaan RCS dalam skala besar.
“Kami sangat antusias melihat semakin besarnya potensi RCS for Business di Indonesia, seiring dengan tingginya penetrasi perangkat seluler dan percepatan adopsi digital. Pengenalan RCS kepada pelaku bisnis di Indonesia merupakan respons kami terhadap kebutuhan pelanggan yang terus berkembang,” ujar Chief Commercial Telecom Officer Infobip, Matija Ražem dalam keterangan yang diterima redaksi di Jakarta, Rabu, 17 Desember 2025.
“Bersama Telkomsel, kami membantu perusahaan mengadopsi saluran pesan yang aman dan terverifikasi, yang membangun kepercayaan sekaligus menghadirkan pengalaman pelanggan yang lebih mulus,” tambahnya.
VP of Digital Advertising, Wholesale, and Interconnect di Telkomsel, Arief Pradetya mengungkapkan kerja sama ini sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan untuk menjadi mitra pilihan bagi pelaku bisnis di Indonesia.
“Telkomsel terus mengeksplorasi berbagai cara baru untuk membantu brand terhubung secara lebih bermakna dengan audiens mereka. Melalui RCS for Business, kami melihat peluang untuk menjawab kebutuhan yang semakin meningkat akan komunikasi yang aman, dipersonalisasi, dan interaktif,” kata Arief.
“Terutama di era pelanggan semakin selektif terhadap pesan yang mereka terima. Melalui kolaborasi bersama Infobip dan Google ini, kami berharap dapat mendukung lebih banyak bisnis dalam menghadirkan kampanye yang berdampak, membangun kepercayaan, serta memperkuat hubungan dengan pelanggan, sekaligus berkontribusi pada ekosistem digital yang lebih aman dan andal,” sambung dia.
RCS for Business menandai era baru dalam komunikasi antara brand dan konsumen, dengan menawarkan pengalaman pesan yang kaya, interaktif, dan aman bagi pelaku bisnis di Indonesia. Melalui peluncuran strategis oleh Telkomsel dan Infobip, RCS siap mendefinisikan ulang cara brand terhubung dengan pelanggan, sekaligus menetapkan standar baru dalam komunikasi seluler.