Berita

Raja Malaysia Sultan Ibrahim dan Presiden RI Prabowo Subianto/Net

Dunia

Pemimpin Dunia Ramai Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Dilantik

SENIN, 21 OKTOBER 2024 | 12:31 WIB | LAPORAN: HANI FATUNNISA

Sejumlah pemimpin dunia mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto usai dilantik sebagai Presiden RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2024.

Berikut adalah daftar yang berhasil dikumpulkan redaksi pada Senin, 21 Oktober 2024.

1. Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese

Australia mengirim Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan Australia, Richard Marles MP untuk menghadiri pelantikan Prabowo di akhir pekan.

Sementara Albanese mengucapkan selamat kepada Presiden Prabowo melalui akun media sosial X.

"Selamat kepada Bapak Presiden @prabowo atas pelantikannya. Saya menghargai persahabatan kita dan berharap dapat terus memperkuat kemitraan antara kedua negara," cuitnya.

PM Australia itu juga menyatakan dirinya menghargai persahabatan Indonesia dan Australia. Dia berharap dapat terus memperkuat kemitraan antara dua negara.

2. Raja Malaysia, Yang Mulia Sultan Ibrahim

Dalam sebuah pernyataan di portal khusus kerajaan, Raja dan Ratu Malaysia, Yang Mulia Sultan Ibrahim ibni Sultan Iskandar dan Yang Mulia Ratu Zarith Sofiah menyampaikan ucapan selamat kepada Prabowo atas pelantikannya sebagai Presiden Indonesia.

"Tahniah (ucapan selamat) Yang Mulia Bapak Prabowo Subianto Presiden Kelapan Republik Indonesia. KDYMM Seri Paduka Baginda Yang di-Pertuan Agong & KDYMM Seri Paduka Baginda Raja Permaisuri Agung," bunyi pernyataan tersebut.

3. Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim.

PM Anwar yang hadir dalam pelantikan Prabowo turut mengucapkan selamat kepada Prabowo telah dilantik sebagai Presiden RI.

"Saya mewakili Pemerintah Malaysia menyampaikan ucapan selamat dan harapan baik saya saat sahabat lama saya, Prabowo, memulai tugasnya," ujar Anwar kepada media lokal The Sun.

Anwar juga menyampaikan apresiasi kepada mantan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyelesaikan masa jabatannya, serta mengakui upayanya menjaga hubungan bilateral yang kuat antara dua negara.

 4. Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr.


Sama seperti PM Malaysia, Presiden Marcos juga hadir di acara pelantikan Presiden Prabowo. Dia mengucapkan selamat kepada Prabowo dan Gibran di Jakarta bersama ibu negara Liza Marcos.

Dalam unggahannya di media sosial, Marcos menyebut Indonesia sebagai salah satu mitra lama dan sahabat terdekat Filipina di kawasan Asia Tenggara.

“Saya menegaskan kembali keinginan negara kita untuk lebih memperkuat hubungan bilateral dengan Indonesia pada kesempatan penting ini dan bertepatan dengan peringatan 75 tahun hubungan diplomatik kita pada bulan November,” tulis Marcos.

5. Ketua Senat Kamboja, Samdach Techo Hun Sen

Melalui sebuah surat, Samdach Techo Hun Sen menyampaikan ucapan selamat kepada Prabowo.

"Atas nama Senat Kerajaan Kamboja dan atas nama saya sendiri, saya dengan senang hati menyampaikan ucapan selamat yang paling hangat atas pelantikan Anda sebagai Presiden Republik Indonesia," kata dia.

Samdach Techo Hun Sen mengungkapkan keyakinannya kepada Prabowo yang dinilai mampu menjalankan peran baru dengan efektif.

Dia juga mengaku sangat yakin Prabowo akan terus memperkuat dan memperluas hubungan antara Kerajaan Kamboja dan Republik Indonesia yang telah terjalin sejak tahun 1957.

6. Presiden China, Xi Jinping


Mengutip surat kabar China Daily, Presiden China Xi Jinping juga mengirimkan pesan ucapan selamat kepada Prabowo atas pelantikannya sebagai Presiden Indonesia.

Xi menyebut China dan Indonesia menjalin kemitraan strategis yang komprehensif, tumbuh, dan mampu membangun komunitas bersama untuk masa depan.

"Tahun depan menandai peringatan 75 tahun terjalinnya hubungan diplomatik antara China dan Indonesia, yang akan memberikan peluang baru untuk memajukan kerja sama bilateral," kata Xi dalam sebuah pernyataan.

7. Perdana Menteri Belanda, Dick Schoof

Baru-baru ini, Perdana Menteri Kerajaan Belanda Dick Schoof menyampaikan ucapan selamat kepada Prabowo dan wakilnya Gibran Rakabuming Raka melalui unggahan di X yang dilihat redaksi pada Senin, 21 Oktober 2024.

"Selamat Presiden @Prabowo atas pelantikannya sebagai Presiden Republik Indonesia,” tulis Schoof.

PM Belanda itu mengharapkan kerja sama yang semakin kuat antara kedua negara. Menurut Schoof, negaranya telah memiliki ikatan erat dalam bidang ekonomi, politik, dan kebudayaan yang sudah terjalin lama.

"Saya berharap dapat memperkuat ikatan ini dan persahabatan antara Indonesia dan Belanda," tambahnya.

8. Raja Swedia Carl Gustaf

Pemimpin Swiss itu menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan Prabowo Subianto sebagai presiden ke-8 Republik Indonesia melalui pernyataan Kedutaan Besar Swedia di Jakarta di akun Instagram.

"Saya sampaikan ucapan selamat yang tulus dan harapan terbaik saya untuk kesehatan dan kebahagiaan Presiden Prabowo serta kesejahteraan rakyat Indonesia," bunyi pernyataan tersebut.

9. Kedutaan Besar Norwegia

Perwakilan Norwegia di Jakarta menyampaikan hal serupa kepada Presiden Prabowo.

"Selamat dan Sukses atas Pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029. Selamat bekerja dan berkarya untuk masa depan yang lebih baik bagi negara Indonesia," demikian menurut pernyataan Kedubes Norwegia di Jakarta.

10. PM Singapura, Lawrence Wong

Channel News Asia (CNA) melaporkan bahwa PM Wong telah mengucapkan selamat kepada Presiden Indonesia Prabowo atas pelantikannya dan mandat yang kuat.

"Mandat kuat yang Anda terima dari rakyat Indonesia mencerminkan kepercayaan mereka pada kepemimpinan dan visi Anda untuk negara yang damai dan sejahtera," kata Wong dalam surat ucapan selamat kepada Prabowo.

"Sebagai sahabat dan tetangga, Singapura siap menjadi mitra Indonesia, baik secara bilateral maupun regional," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Dalam surat ucapan selamatnya, Wong juga berharap dapat memperluas kolaborasi antara Singapura dan Indonesia. Ia menyebut ada potensi yang signifikan bagi Singapura dan Indonesia untuk bekerja sama di banyak bidang lain, dan mencari hasil yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

11.  Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al-Saud


Dalam pesannya, yang dilaporkan Saudi Press Agency (SPA), Penjaga Dua Masjid Suci tersebut menyampaikan doa agar Prabowo selalu sukses dan rakyat Indonesia yang ramah semakin maju dan sejahtera.

Ia juga memuji hubungan yang baik antara kedua negara dan masyarakat yang bersahabat. Semuanya berupaya untuk diperkuat dan dikembangkan di segala bidang.

12. Presiden Rusia Vladimir Putin

Situs web resmi Kremlin menyampaikan bahwa Putin telah mengirimkan ucapan selamat yang tulus kepada Prabowo.

"Yang terhormat Bapak Prabowo Subianto, terimalah ucapan selamat saya yang tulus atas kemenangan meyakinkan Anda dalam pemilihan presiden. Hubungan Indonesia-Rusia didasarkan pada tradisi persahabatan dan rasa saling menghormati yang baik dan berhasil berkembang di berbagai bidang," bunyi pesan ucapan selamat Putin, seperti dilaporkan TASS.

13. Presiden Amerika Serikat, Joe Biden

Biden mengucapkan selamat kepada Presiden Indonesia Prabowo atas pelantikannya. Biden juga mengatakan tahun ini, Indonesia dan Amerika Serikat merayakan 75 tahun hubungan diplomatik.

"Saya mengucapkan selamat kepada Presiden Prabowo Subianto atas pelantikannya sebagai Presiden Republik Indonesia, dan kepada rakyat Indonesia atas hak pilihnya dan suara yang telah mereka sampaikan," kata Biden seperti dilaporkan Gedung Putih.

Biden juga menyampaikan harapan dirinya dan wakilnya Kamala Harris untuk bisa terus bekerja sama dengan Prabowo guna memperkuat Kemitraan Strategis Komprehensif.

Populer

Jejak S1 dan S2 Bahlil Lahadalia Tidak Terdaftar di PDDikti

Sabtu, 19 Oktober 2024 | 14:30

Lolos OTT, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor Gugat Praperadilan Lawan KPK

Jumat, 11 Oktober 2024 | 17:23

Begini Kata PKS Soal Tidak Ada Kader di Kabinet Prabowo-Gibran

Minggu, 20 Oktober 2024 | 15:45

Muncul Desakan Prabowo Umumkan Titiek Soeharto Ibu Negara

Selasa, 15 Oktober 2024 | 10:55

Indonesia Vs Bahrain Imbang 2-2, Kepemimpinan Wasit Menuai Kontroversi

Jumat, 11 Oktober 2024 | 00:59

Mantan Kepala Bakamla Angkat Bicara soal Polemik Coast Guard

Selasa, 15 Oktober 2024 | 12:41

Instagram Timbulkan Efek Candu, Meta Digugat Pengadilan Tinggi Massachusetts

Sabtu, 19 Oktober 2024 | 17:38

UPDATE

Sempat Hilang Kesadaran, Pemain Asing Persib Dipastikan Dalam Kondisi Baik

Senin, 21 Oktober 2024 | 13:58

Pidato Prabowo soal Pangan dan Gizi Dinilai Kontradiksi

Senin, 21 Oktober 2024 | 13:46

Transaksi Mobile Banking BNI Meroket 230 Persen usai Beralih ke Wondr

Senin, 21 Oktober 2024 | 13:45

Menlu Sugiono Siap Seimbangkan Hubungan Bilateral dengan AS dan China

Senin, 21 Oktober 2024 | 13:43

Ini Fitur Istimewa Mobil Pindad MV3 Garuda Limousine Tunggangan Prabowo

Senin, 21 Oktober 2024 | 13:37

Israel Gempur Cabang Keuangan Hizbullah di Seluruh Lebanon

Senin, 21 Oktober 2024 | 13:26

Budi Arie Dorong Digitalisasi Koperasi

Senin, 21 Oktober 2024 | 13:24

Segini Harta Kekayaan Menteri yang Pernah Berurusan KPK

Senin, 21 Oktober 2024 | 13:22

Memahami Pidato Pelantikan Prabowo, Harapan Atau Demagogi?

Senin, 21 Oktober 2024 | 13:14

Mayor Teddy Jabat Seskab Meski Masih TNI Aktif, Begini Penjelasan Dasco

Senin, 21 Oktober 2024 | 12:59

Selengkapnya