Berita

Ilustrasi/Ist

Bisnis

Produk Digital Telkom Optimalkan Bisnis UMKM Lewat Teknologi Pintar

KAMIS, 17 OKTOBER 2024 | 16:20 WIB | LAPORAN: ADITYO NUGROHO

Di tengah percepatan digitalisasi ekonomi, semakin banyak pelaku usaha yang beralih ke solusi pintar untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis mereka. Salah satu inovasi digital yang hadir untuk memenuhi kebutuhan ini adalah Antares Eazy, produk digital unggulan dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom). 

Antares Eazy, bagian dari Leap Telkom Digital, menghadirkan teknologi pintar terintegrasi yang dirancang untuk membantu UMKM beroperasi lebih efisien, mulai dari pengelolaan energi hingga keamanan lokasi usaha.

Pada kondisi persaingan bisnis yang semakin ketat, UMKM dihadapkan pada tantangan besar untuk menjalankan operasional secara optimal tanpa menambah beban biaya yang berlebihan. 

Salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh UMKM adalah tingginya konsumsi energi dan kurangnya sistem pengawasan yang terintegrasi. Di sinilah Antares Eazy masuk sebagai solusi cerdas, dengan perangkat pintar seperti Smart Plug, Smart Bulb, Smart Socket Extension, dan IP Camera yang mampu merespons tantangan operasional harian sekaligus menghemat penggunaan energi.

“Melalui Antares Eazy, kami memberikan solusi yang tidak hanya efisien, tetapi juga mudah digunakan oleh UMKM. Kami ingin membantu mereka menjalankan bisnis secara lebih cerdas, dengan kontrol penuh atas energi, keamanan, dan otomatisasi,” ujar EVP Digital Business & Technology Telkom Komang Budi Aryasa dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis, 17 Oktober 2024.

Salah satu fitur unggulan Antares Eazy yaitu fitur jadwal perangkat atau otomatisasi, memungkinkan pengguna untuk memantau dan mengontrol penggunaan listrik secara real-time dari jarak jauh dengan perangkat pintar salah satunya, yaitu Smart Plug. 

Hal ini sangat penting untuk UMKM yang ingin menghemat energi tanpa perlu memantau peralatan secara manual. Dengan otomatisasi yang tepat, pengguna bisa mengatur kapan perangkat tertentu dinyalakan atau dimatikan, sehingga tidak ada pemborosan energi saat tidak digunakan.

Dengan Antares Eazy, UMKM kini dapat memantau penggunaan listrik secara real-time melalui Smart Plug, yang memungkinkan mereka menghemat hingga 30-40 persen biaya energi. 

Fitur penjadwalan perangkat pada Smart Plug memungkinkan otomatisasi waktu pengoperasian perangkat, sehingga UMKM dapat menghindari penggunaan listrik yang tidak efisien dan mengurangi biaya operasional.

Antares Eazy juga hadir dengan IP Camera, yang memungkinkan pengawasan lokasi usaha dan mendeteksi gerakan secara real-time dari mana saja. IP Camera memungkinkan pemantauan lokasi usaha secara real-time, memberikan ketenangan bagi pemilik usaha, terutama di luar jam kerja. Dengan adanya fitur peringatan otomatis, pemilik usaha bisa segera merespons jika ada kejadian mencurigakan, menjaga keamanan tempat usaha dengan lebih baik.

Selain itu, penggunaan Smart Bulb dan Smart Socket Extension memungkinkan UMKM untuk menghemat energi serta memperkuat fleksibilitas operasional. Dengan kontrol pencahayaan yang mudah diatur melalui aplikasi, UMKM bisa menciptakan suasana kerja yang lebih nyaman, sambil tetap menjaga konsumsi energi agar tetap rendah dan menekan biaya operasional.

Antares Eazy turut menjadi bagian dari komitmen Telkom dalam menjaga keamanan lingkungan. Dengan mengoptimalkan penggunaan energi melalui perangkat pintar seperti Smart Bulb dan Smart Socket Extension, Antares Eazy membantu UMKM mengurangi jejak karbon sekaligus meningkatkan efisiensi operasional, sejalan dengan prinsip keberlanjutan yang semakin penting di era modern.

Dengan terus berkembangnya kebutuhan bisnis di era digital, Antares Eazy menjadi solusi ideal untuk mendorong UMKM Indonesia lebih maju. Selain meningkatkan efisiensi dan keamanan, integrasi perangkat pintar ini memungkinkan UMKM untuk beroperasi lebih cerdas dan responsif terhadap tantangan pasar.

Antares Eazy membuka pintu bagi UMKM untuk lebih cepat beradaptasi dengan teknologi, memperkuat daya saing, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Melalui teknologi pintar, UMKM tidak hanya dapat meningkatkan produktivitas, tetapi juga mengelola operasional dengan lebih cerdas dan berkelanjutan.

Populer

Aduan Kebohongan sebagai Gugatan Perdata

Selasa, 08 Oktober 2024 | 10:03

Lolos OTT, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor Gugat Praperadilan Lawan KPK

Jumat, 11 Oktober 2024 | 17:23

PDIP Bisa Dapat 3 Menteri tapi Terhalang Chemistry Gibran

Rabu, 09 Oktober 2024 | 01:53

Pernah Bertugas di KPK, Kapolres Boyolali Jebolan Akpol 2003

Senin, 07 Oktober 2024 | 04:21

Prabowo Sudah Kalkulasi Chemistry PDIP dengan Gibran

Rabu, 09 Oktober 2024 | 02:35

Bakamla Jangan Lagi Gunakan Identitas Coast Guard

Rabu, 09 Oktober 2024 | 06:46

CEO Coinbase Umumkan Pernikahan, Netizen Seret Nama Raline Shah yang Pernah jadi Istrinya

Kamis, 10 Oktober 2024 | 09:37

UPDATE

Ratusan Organ Relawan Jokowi dan Prabowo-Gibran Bakal Gelar Tasyakuran

Kamis, 17 Oktober 2024 | 19:58

Ekspor Jepang Turun Pertama Kali dalam 10 Bulan, Gara-gara Ini

Kamis, 17 Oktober 2024 | 19:54

Duel UFC 308: El Matador Vs Blessed

Kamis, 17 Oktober 2024 | 19:54

Tak Dipanggil ke Kertanegara, Ace Hasan Nongol di Hambalang

Kamis, 17 Oktober 2024 | 19:29

BUMN Butuh Insan Sadar Berbangsa dan Bernegara

Kamis, 17 Oktober 2024 | 19:17

Digadang jadi Mendag, Budi Santoso Bakal jadi Menteri Jalur Karir

Kamis, 17 Oktober 2024 | 19:08

Jasa Raharja dan BPJS Ketenagakerjaan Sepakat tingkatkan Manfaat Jaminan Kecelakaan

Kamis, 17 Oktober 2024 | 18:46

Taufik Zoelkifli: Tidak Benar PKS Berkhianat

Kamis, 17 Oktober 2024 | 18:40

Pelantikan Presiden 20 Oktober Sesuai Aturan, Jangan Ditolak

Kamis, 17 Oktober 2024 | 18:36

Tak Sampai Malam, Calon-calon Wamen Keluar dari Garuda Yaksa Hambalang

Kamis, 17 Oktober 2024 | 18:20

Selengkapnya