Berita

Yahya Sinwar pimpinan Hamas/Foto: Anadolu

Dunia

Yahya Sinwar Yakin Satu-satunya Jalan Pembentukan Negara Palestina adalah Perang

SABTU, 05 OKTOBER 2024 | 09:28 WIB | LAPORAN: RENI ERINA

Pemimpin Hamas Yahya Sinwar mengaku tidak menyesal atas serangan kelompoknya pada 7 Oktober setahun lalu ke Israel, yang merupakan salah satu biang keladi invasi besar-besaran ke Gaza hingga kini.

Sumber dekatnya mengatakan, bagi Sinwar, 62 tahun, perjuangan bersenjata tetap menjadi satu-satunya cara untuk memaksakan pembentukan negara Palestina.

Serangan 7 Oktober menewaskan 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera 250 orang, menurut penghitungan Israel, dalam hari paling mematikan bagi orang Yahudi sejak Holocaust.

Israel menanggapi dengan melancarkan serangan besar-besaran. Laporan otoritas kesehatan Palestina dan angka-angka PBB menunjukkan serangan telah menewaskan 41.600 orang dan membuat 1,9 juta orang mengungsi.

Kini konflik telah menyebar ke Lebanon, dengan Israel yang sangat melemahkan kelompok militan Hizbullah yang didukung Iran, termasuk membunuh sebagian besar pemimpinnya. Pelindung Hamas, Teheran, berisiko terseret ke dalam perang terbuka dengan Israel.

"Sinwar telah menyeret Iran dan seluruh "Poros Perlawanannya" - yang terdiri dari Hizbullah, Houthi Yaman, dan milisi Irak - ke dalam konflik dengan Israel," kata Hassan Hassan, seorang penulis dan peneliti kelompok Islam, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (5/10).

"Kita sekarang melihat efek berantai dari 7 Oktober. Perjudian Sinwar tidak berhasil," ujarnya, yang mengisyaratkan bahwa Poros Perlawanan mungkin tidak akan pernah pulih.

"Apa yang Israel lakukan terhadap Hizbullah dalam dua minggu hampir sama dengan satu tahun penuh penghancuran Hamas di Gaza. Dengan Hizbullah, tiga lapisan kepemimpinan telah disingkirkan, komando militernya telah dihancurkan, dan pemimpin pentingnya Hassan Nasrallah telah dibunuh," tambah Hassan.

Akan tetapi, cengkeraman Sinwar terhadap Hamas tetap tak tergoyahkan, meskipun ada beberapa tanda perbedaan pendapat di antara warga Gaza.

Ia dipilih sebagai pemimpin umum gerakan Islam setelah pendahulunya Ismail Haniyeh tewas pada bulan Juli akibat serangan Israel saat berkunjung ke Teheran. Israel belum mengonfirmasi keterlibatannya dalam serangan tersebut.

Beroperasi dari bayang-bayang jaringan terowongan labirin di bawah Gaza, dua sumber Israel mengatakan Sinwar dan saudaranya, juga seorang komandan tinggi, tampaknya sejauh ini selamat dari serangan udara Israel, yang dilaporkan telah menewaskan wakilnya Mohammed Deif dan para pemimpin senior lainnya.

Dijuluki "Wajah Kejahatan" oleh Israel, Sinwar beroperasi secara rahasia, bergerak terus-menerus dan menggunakan utusan tepercaya untuk komunikasi nondigital, menurut tiga pejabat Hamas dan satu pejabat regional. Ia tidak terlihat di depan umum sejak 7 Oktober 2023.

"Selama berbulan-bulan perundingan gencatan senjata yang gagal, dipimpin oleh Qatar dan Mesir, yang berfokus pada pertukaran tahanan dengan sandera, Sinwar adalah satu-satunya pembuat keputusan," kata tiga sumber Hamas. 

Ia mengatakan para negosiator bahkan harus menunggu selama berhari-hari untuk mendapatkan tanggapan yang disaring melalui serangkaian utusan rahasia.

Sinwar menjadi anggota Hamas segera setelah didirikan pada tahun 1980-an, mengadopsi ideologi Islam radikal kelompok tersebut, yang berupaya mendirikan negara Islam di Palestina bersejarah dan menentang keberadaan Israel.

Ideologi tersebut memandang Israel tidak hanya sebagai pesaing politik, tetapi juga sebagai kekuatan pendudukan di tanah Muslim. Dilihat dari sudut pandang ini, kesulitan dan penderitaan sering ditafsirkan olehnya dan para pengikutnya sebagai bagian dari kepercayaan Islam yang lebih luas tentang pengorbanan, kata para ahli gerakan Islam.

"Apa yang melatarbelakangi tekadnya adalah keteguhan ideologi, keteguhan tujuan. Dia orang yang suka berpuas diri dan puas dengan yang sedikit," kata seorang pejabat senior Hamas yang meminta namanya dirahasiakan.

Populer

Warganet Beberkan Kejanggalan Kampus Raffi Ahmad Peroleh Gelar Doktor Kehormatan

Senin, 30 September 2024 | 05:26

WNI Kepoin Kampus Pemberi Gelar Raffi Ahmad di Thailand, Hasilnya Mengagetkan

Minggu, 29 September 2024 | 23:46

Kejagung di Bawah ST Burhanuddin, Anak Buah Jalan Masing-masing

Rabu, 25 September 2024 | 17:11

Warganet Geram Bahlil Bandingkan Diri dengan Rasulullah: Maaf Nabi Tidak Minum Alkohol

Kamis, 26 September 2024 | 07:43

Salaman Andika Perkasa Dicuekin Kapolda Jateng dan Pj Gubernur

Rabu, 25 September 2024 | 11:18

MUI Tuntut Ahmad Dhani Minta Maaf

Rabu, 02 Oktober 2024 | 04:11

Aksi Massa Desak Polisi Tetapkan Said Didu Tersangka

Kamis, 03 Oktober 2024 | 20:43

UPDATE

Romo Benny, Sosok Penyebar Cinta Damai dan Kerukunan Antarumat Beragama

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 08:05

FTA, Memperkuat Demokrasi Liberal Ala Amerika (Bagian I)

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 07:36

KITB Makin Menarik Perhatian Investor, Dua Pabrik Mulai Beroperasi

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 07:32

Kabar Duka, Romo Benny Meninggal Dunia

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 07:22

Warga Mulai Menyemut Penasaran Lihat Alutsista TNI

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 07:09

Biden Ragukan Pemilu Presiden AS akan Berlangsung Damai

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 07:02

Harga Minyak Mentah Indonesia Turun ke 72,54 Dolar AS per Barel

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 06:45

Ciputra Serok 46,8 Juta Saham MTDL Seharga Rp22,5 Miliar

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 06:18

Perahu Kayu Produksi Demak Tak Kalah Peminat dari Jepara

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 06:13

Penyusunan Rencana Zonasi Tata Ruang Laut Perlu Sinergitas Stakeholder

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 05:58

Selengkapnya