Berita

Ilustrasi/Ist

Bisnis

Telkom Dukung Peningkatan Layanan IPC Terminal Petikemas

SABTU, 05 OKTOBER 2024 | 05:20 WIB | LAPORAN: ADITYO NUGROHO

Solusi digital terdepan Omni Communication Assistant (OCA) Interaction milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berhasil membantu PT IPC Terminal Petikemas (IPC TPK) meningkatkan efisiensi layanan pelanggan hingga 233 persen.

Inovasi ini menunjukkan komitmen Telkom untuk mendorong transformasi digital di berbagai sektor, termasuk logistik dan pelabuhan, dengan menyediakan solusi teknologi yang mendukung operasional perusahaan secara optimal.

Dengan perkembangan teknologi yang pesat, kebutuhan akan layanan pelanggan yang cepat, efisien, dan personal semakin meningkat. Menjawab tantangan ini, Telkom menghadirkan OCA Interaction, sebuah platform komunikasi terintegrasi yang memungkinkan perusahaan seperti IPC TPK untuk mengelola interaksi pelanggan dengan lebih baik.


“OCA Interaction dirancang untuk membantu perusahaan meningkatkan kualitas layanan pelanggan dengan memanfaatkan teknologi cerdas yang dapat menyatukan berbagai saluran komunikasi dalam satu platform. Kami bangga bahwa solusi ini telah membantu IPC TPK meningkatkan efisiensi dan responsivitas mereka dalam menangani keluhan pelanggan,” ujar EVP Digital Business and Technology Telkom Komang Budi Aryasa dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (5/10).

OCA Interaction merupakan solusi komprehensif yang menggabungkan fitur-fitur canggih seperti chatbot AI, laporan interaksi, dan integrasi multi-channel. Di IPC TPK, platform OCA memungkinkan pengelolaan pesan dari berbagai saluran seperti WhatsApp dan email dalam satu dashboard terpusat.

Pesan yang masuk secara otomatis didistribusikan ke agen Customer Service (CS) yang sesuai berdasarkan wilayah operasional yang berjauhan dan tersebar, tetapi bisa dengan mudah terkoneksi berkat OCA. Seperti agen di Jakarta, Pontianak, Lampung, Palembang, Padang, dan Jambi.

Dengan bantuan chatbot, tim CS IPC TPK berhasil menangani keluhan pelanggan dengan cepat, karena OCA Interaction mampu membantu untuk mengkategorikan pesan dan memfasilitasi proses distribusinya dengan lebih cepat dan efisien.

“Dengan menggunakan OCA Interaction, kami berhasil menangani jumlah keluhan dan pertanyaan hingga 233 persen. Bahkan, sekarang kami juga bisa merespons pelanggan dengan lebih cepat, tidak lebih dari 5 menit,” kata SPV Customer Service IPC TPK Dian Meirina.

Telkom terus berupaya untuk mempercepat transformasi digital di berbagai sektor melalui solusi inovatif seperti OCA Interaction. Dengan menyediakan inovasi digital yang andal, Telkom membantu perusahaan seperti IPC TPK untuk mencapai tujuan bisnisnya, juga mendorong pengembangan ekosistem digital yang lebih luas di Indonesia.

“OCA Interaction adalah salah satu bentuk nyata dari upaya Telkom untuk mendukung transformasi digital di industri logistik dan pelabuhan. Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan teknologi yang dapat memberikan dampak positif bagi bisnis dan masyarakat,” pungkas Komang.

Populer

Camat Madiun Minta Maaf Usai Bubarkan Bedah Buku ‘Reset Indonesia’

Selasa, 23 Desember 2025 | 04:16

Adik Kakak di Bekasi Ketiban Rezeki OTT KPK

Senin, 22 Desember 2025 | 17:57

Ketika Kebenaran Nasib Buruh Migran Dianggap Ancaman

Sabtu, 20 Desember 2025 | 12:33

Kajari Bekasi Eddy Sumarman yang Dikaitkan OTT KPK Tak Punya Rumah dan Kendaraan

Sabtu, 20 Desember 2025 | 14:07

OTT KPK juga Tangkap Haji Kunang Ayah Bupati Bekasi

Jumat, 19 Desember 2025 | 03:10

Uang yang Diamankan dari Rumah Pribadi SF Hariyanto Diduga Hasil Pemerasan

Rabu, 17 Desember 2025 | 08:37

Terlibat TPPU, Gus Yazid Ditangkap dan Ditahan Kejati Jawa Tengah

Rabu, 24 Desember 2025 | 14:13

UPDATE

Bank Mandiri Berikan Relaksasi Kredit Nasabah Terdampak Bencana Sumatera

Jumat, 26 Desember 2025 | 12:12

UMP Jakarta 2026 Naik Jadi Rp5,72 Juta, Begini Respon Pengusaha

Jumat, 26 Desember 2025 | 12:05

Pemerintah Imbau Warga Pantau Peringatan BMKG Selama Nataru

Jumat, 26 Desember 2025 | 11:56

PMI Jaksel Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana di Sumatera

Jumat, 26 Desember 2025 | 11:54

Trump Selipkan Sindiran untuk Oposisi dalam Pesan Natal

Jumat, 26 Desember 2025 | 11:48

Pemerintah Kejar Pembangunan Huntara dan Huntap bagi Korban Bencana di Aceh

Jumat, 26 Desember 2025 | 11:15

Akhir Pelarian Tigran Denre, Suami Selebgram Donna Fabiola yang Terjerat Kasus Narkoba

Jumat, 26 Desember 2025 | 11:00

Puan Serukan Natal dan Tahun Baru Penuh Empati bagi Korban Bencana

Jumat, 26 Desember 2025 | 10:49

Emas Antam Naik, Buyback Nyaris Tembus Rp2,5 Juta per Gram

Jumat, 26 Desember 2025 | 10:35

Sekolah di Sumut dan Sumbar Pulih 90 Persen, Aceh Menyusul

Jumat, 26 Desember 2025 | 10:30

Selengkapnya