Berita

Ilustrasi/Ist

Bisnis

Telkom Dukung Peningkatan Layanan IPC Terminal Petikemas

SABTU, 05 OKTOBER 2024 | 05:20 WIB | LAPORAN: ADITYO NUGROHO

Solusi digital terdepan Omni Communication Assistant (OCA) Interaction milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berhasil membantu PT IPC Terminal Petikemas (IPC TPK) meningkatkan efisiensi layanan pelanggan hingga 233 persen.

Inovasi ini menunjukkan komitmen Telkom untuk mendorong transformasi digital di berbagai sektor, termasuk logistik dan pelabuhan, dengan menyediakan solusi teknologi yang mendukung operasional perusahaan secara optimal.

Dengan perkembangan teknologi yang pesat, kebutuhan akan layanan pelanggan yang cepat, efisien, dan personal semakin meningkat. Menjawab tantangan ini, Telkom menghadirkan OCA Interaction, sebuah platform komunikasi terintegrasi yang memungkinkan perusahaan seperti IPC TPK untuk mengelola interaksi pelanggan dengan lebih baik.

“OCA Interaction dirancang untuk membantu perusahaan meningkatkan kualitas layanan pelanggan dengan memanfaatkan teknologi cerdas yang dapat menyatukan berbagai saluran komunikasi dalam satu platform. Kami bangga bahwa solusi ini telah membantu IPC TPK meningkatkan efisiensi dan responsivitas mereka dalam menangani keluhan pelanggan,” ujar EVP Digital Business and Technology Telkom Komang Budi Aryasa dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (5/10).

OCA Interaction merupakan solusi komprehensif yang menggabungkan fitur-fitur canggih seperti chatbot AI, laporan interaksi, dan integrasi multi-channel. Di IPC TPK, platform OCA memungkinkan pengelolaan pesan dari berbagai saluran seperti WhatsApp dan email dalam satu dashboard terpusat.

Pesan yang masuk secara otomatis didistribusikan ke agen Customer Service (CS) yang sesuai berdasarkan wilayah operasional yang berjauhan dan tersebar, tetapi bisa dengan mudah terkoneksi berkat OCA. Seperti agen di Jakarta, Pontianak, Lampung, Palembang, Padang, dan Jambi.

Dengan bantuan chatbot, tim CS IPC TPK berhasil menangani keluhan pelanggan dengan cepat, karena OCA Interaction mampu membantu untuk mengkategorikan pesan dan memfasilitasi proses distribusinya dengan lebih cepat dan efisien.

“Dengan menggunakan OCA Interaction, kami berhasil menangani jumlah keluhan dan pertanyaan hingga 233 persen. Bahkan, sekarang kami juga bisa merespons pelanggan dengan lebih cepat, tidak lebih dari 5 menit,” kata SPV Customer Service IPC TPK Dian Meirina.

Telkom terus berupaya untuk mempercepat transformasi digital di berbagai sektor melalui solusi inovatif seperti OCA Interaction. Dengan menyediakan inovasi digital yang andal, Telkom membantu perusahaan seperti IPC TPK untuk mencapai tujuan bisnisnya, juga mendorong pengembangan ekosistem digital yang lebih luas di Indonesia.

“OCA Interaction adalah salah satu bentuk nyata dari upaya Telkom untuk mendukung transformasi digital di industri logistik dan pelabuhan. Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan teknologi yang dapat memberikan dampak positif bagi bisnis dan masyarakat,” pungkas Komang.

Populer

Seluruh Fraksi di DPR Kompak Serang Kejagung soal Tom Lembong

Rabu, 13 November 2024 | 18:01

Kapolri Mutasi 55 Pati dan Pamen, Ada 3 Kapolda Baru

Selasa, 12 November 2024 | 23:52

Berkinerja Buruk, Kadis Parekraf Layak Diganti

Rabu, 13 November 2024 | 00:20

"Geng Judol" di Komdigi Jadi Gunjingan sejak Bapak itu Jabat Menteri

Rabu, 06 November 2024 | 07:53

Dedi Prasetyo Dapat Bintang Tiga jadi Irwasum, Ahmad Dofiri Wakapolri

Selasa, 12 November 2024 | 22:50

Tak Terima Dikabarkan Meninggal, Joncik Laporkan Akun Facebook "Lintang Empat Lawang" ke Polisi

Kamis, 07 November 2024 | 06:07

Musa Rajekshah Dorong Pemetaan Potensi dan Keunggulan Desa

Kamis, 07 November 2024 | 21:43

UPDATE

2.500 Personel Kawal Laga Timnas Indonesia Kontra Jepang

Jumat, 15 November 2024 | 04:02

Budi Arie Dituntut Tanggung Jawab soal "Pengamanan" Situs Judol

Jumat, 15 November 2024 | 03:47

Rawan Disalahgunakan, KJP Dievaluasi untuk Program Sekolah Gratis

Jumat, 15 November 2024 | 03:25

Trending X, Rano Karno Hapus Foto Bareng Tersangka Judol

Jumat, 15 November 2024 | 03:03

Ini Pengalihan Arus Lalu Lintas di GBK saat Timnas Garuda Versus Jepang

Jumat, 15 November 2024 | 02:51

MRT Bundaran HI-Kota Beroperasi 2027

Jumat, 15 November 2024 | 02:18

Roy Suryo Tak Percaya "Pengamanan" Situs Judol Rp8,5 Juta per Bulan

Jumat, 15 November 2024 | 02:01

Raja Juli Optimis Reforestasi 12 Juta Hektare Lahan

Jumat, 15 November 2024 | 01:36

Pegawai Komdigi Diduga "Bermain" Judi Online sejak Era Covid-19

Jumat, 15 November 2024 | 01:23

PNM Sabet Tiga Penghargaan di BBMA 2024

Jumat, 15 November 2024 | 01:06

Selengkapnya