Berita

Ilustrasi/Ist

Bisnis

Telkom Dukung Peningkatan Layanan IPC Terminal Petikemas

SABTU, 05 OKTOBER 2024 | 05:20 WIB | LAPORAN: ADITYO NUGROHO

Solusi digital terdepan Omni Communication Assistant (OCA) Interaction milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berhasil membantu PT IPC Terminal Petikemas (IPC TPK) meningkatkan efisiensi layanan pelanggan hingga 233 persen.

Inovasi ini menunjukkan komitmen Telkom untuk mendorong transformasi digital di berbagai sektor, termasuk logistik dan pelabuhan, dengan menyediakan solusi teknologi yang mendukung operasional perusahaan secara optimal.

Dengan perkembangan teknologi yang pesat, kebutuhan akan layanan pelanggan yang cepat, efisien, dan personal semakin meningkat. Menjawab tantangan ini, Telkom menghadirkan OCA Interaction, sebuah platform komunikasi terintegrasi yang memungkinkan perusahaan seperti IPC TPK untuk mengelola interaksi pelanggan dengan lebih baik.


“OCA Interaction dirancang untuk membantu perusahaan meningkatkan kualitas layanan pelanggan dengan memanfaatkan teknologi cerdas yang dapat menyatukan berbagai saluran komunikasi dalam satu platform. Kami bangga bahwa solusi ini telah membantu IPC TPK meningkatkan efisiensi dan responsivitas mereka dalam menangani keluhan pelanggan,” ujar EVP Digital Business and Technology Telkom Komang Budi Aryasa dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (5/10).

OCA Interaction merupakan solusi komprehensif yang menggabungkan fitur-fitur canggih seperti chatbot AI, laporan interaksi, dan integrasi multi-channel. Di IPC TPK, platform OCA memungkinkan pengelolaan pesan dari berbagai saluran seperti WhatsApp dan email dalam satu dashboard terpusat.

Pesan yang masuk secara otomatis didistribusikan ke agen Customer Service (CS) yang sesuai berdasarkan wilayah operasional yang berjauhan dan tersebar, tetapi bisa dengan mudah terkoneksi berkat OCA. Seperti agen di Jakarta, Pontianak, Lampung, Palembang, Padang, dan Jambi.

Dengan bantuan chatbot, tim CS IPC TPK berhasil menangani keluhan pelanggan dengan cepat, karena OCA Interaction mampu membantu untuk mengkategorikan pesan dan memfasilitasi proses distribusinya dengan lebih cepat dan efisien.

“Dengan menggunakan OCA Interaction, kami berhasil menangani jumlah keluhan dan pertanyaan hingga 233 persen. Bahkan, sekarang kami juga bisa merespons pelanggan dengan lebih cepat, tidak lebih dari 5 menit,” kata SPV Customer Service IPC TPK Dian Meirina.

Telkom terus berupaya untuk mempercepat transformasi digital di berbagai sektor melalui solusi inovatif seperti OCA Interaction. Dengan menyediakan inovasi digital yang andal, Telkom membantu perusahaan seperti IPC TPK untuk mencapai tujuan bisnisnya, juga mendorong pengembangan ekosistem digital yang lebih luas di Indonesia.

“OCA Interaction adalah salah satu bentuk nyata dari upaya Telkom untuk mendukung transformasi digital di industri logistik dan pelabuhan. Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan teknologi yang dapat memberikan dampak positif bagi bisnis dan masyarakat,” pungkas Komang.

Populer

Bobby dan Raja Juli Paling Bertanggung Jawab terhadap Bencana di Sumut

Senin, 01 Desember 2025 | 02:29

NU dan Muhammadiyah Dikutuk Tambang

Minggu, 30 November 2025 | 02:12

Padang Diterjang Banjir Bandang

Jumat, 28 November 2025 | 00:32

Sergap Kapal Nikel

Kamis, 27 November 2025 | 05:59

Peluncuran Tiga Pusat Studi Baru

Jumat, 28 November 2025 | 02:08

Bersihkan Sisa Bencana

Jumat, 28 November 2025 | 04:14

Evakuasi Banjir Tapsel

Kamis, 27 November 2025 | 03:45

UPDATE

Tragedi Nasional dari Sumatra dan Suara yang Terlambat Kita Dengarkan

Jumat, 05 Desember 2025 | 15:44

Produktivitas Masih di Bawah ASEAN, Pemerintah Susun Langkah Percepatan

Jumat, 05 Desember 2025 | 15:41

Lewat Pantun Cak Imin Serukan Perbaiki Alam Bukan Cari Keributan

Jumat, 05 Desember 2025 | 15:38

Bank Mandiri Sabet 5 Penghargaan BI

Jumat, 05 Desember 2025 | 15:27

Liga Muslim Dunia Siap Lobi MBS untuk Permudah Pembangunan Kampung Haji Indonesia

Jumat, 05 Desember 2025 | 15:18

Banjir Rob di Pesisir Jakarta Berangsur Surut

Jumat, 05 Desember 2025 | 15:13

RI–Timor Leste Sepakat Majukan Koperasi

Jumat, 05 Desember 2025 | 15:08

Revisi UU Cipta Kerja Mendesak di Tengah Kerusakan Hutan Sumatera

Jumat, 05 Desember 2025 | 14:57

Bahlil Telusuri Dugaan Keterkaitan Tambang Martabe dengan Banjir Sumut

Jumat, 05 Desember 2025 | 14:48

BI: Cadangan Devisa RI Rp2.499 Triliun per Akhir November 2025

Jumat, 05 Desember 2025 | 14:39

Selengkapnya