Berita

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jakarta, Asep Kuswanto/Ist

Nusantara

DKI Tingkatkan Layanan Laboratorium Lingkungan Hidup Berstandar Internasional

RABU, 21 AGUSTUS 2024 | 05:16 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) meluncurkan peningkatan layanan Laboratorium Lingkungan Hidup (LLHD) dan meluncurkan Sistem Informasi Laboratorium Lingkungan (SIBOLINK) pada Selasa, (20/8). 

LLHD DLH DKI Jakarta kini beroperasi sebagai laboratorium lingkungan hidup berstandar internasional dan memiliki reputasi baik di Asia.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jakarta, Asep Kuswanto megatakan, peresmian ini menjadi momentum penting bagi LLHD DLH Jakarta untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 


"Laboratorium ini memiliki fungsi strategis dalam pelayanan langsung kepada masyarakat, serta mendukung tugas DLH Jakarta dalam pemantauan, pengawasan, dan penegakan hukum lingkungan hidup," kata Asep dalam keterangannya.

Laboratorium ini telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan standar ISO 17025 sejak 2002 dan teregistrasi sebagai "Laboratorium Lingkungan" oleh KLHK pada 2011. 

Pengakuan ini menegaskan keandalan LLHD dalam menyediakan data hasil pengujian yang valid dan akurat. 

"Dengan personel kompeten, peralatan modern, serta metode baku yang diakui secara internasional, laboratorium ini siap memenuhi kebutuhan data lingkungan yang akurat," kata Asep.

Untuk lebih meningkatkan kualitas layanan, DLH DKI Jakarta merenovasi Gedung LLHD pada tahun 2023. Adapun fasilitas yang disempurnakan adalah ruang penyimpanan contoh uji, ruang preparasi, dan ruang instrumen yang berstandar internasional. 

Fasilitas ini dirancang untuk meningkatkan kepercayaan diri laboratorium dalam melayani masyarakat dan mendukung tugas pokok dan fungsi DLH DKI Jakarta.

Selain renovasi fisik, LLHD DLH Jakarta juga memperkenalkan SIBOLINK, sebuah sistem informasi yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan registrasi pengajuan contoh uji secara online. 

Sistem ini diharapkan dapat mempercepat pelayanan, meningkatkan transparansi, dan kepuasan masyarakat yang menggunakan layanan.

"Dengan SIBOLINK, pelayanan menjadi prima karena lebih cepat dan transparan, yang pada akhirnya meningkatkan kepuasan masyarakat yang menggunakan layanan di LLHD," kata Asep.



Populer

Bobby dan Raja Juli Paling Bertanggung Jawab terhadap Bencana di Sumut

Senin, 01 Desember 2025 | 02:29

NU dan Muhammadiyah Dikutuk Tambang

Minggu, 30 November 2025 | 02:12

Usut Tuntas Bandara Ilegal di Morowali yang Beroperasi Sejak Era Jokowi

Senin, 24 November 2025 | 17:20

Padang Diterjang Banjir Bandang

Jumat, 28 November 2025 | 00:32

Sergap Kapal Nikel

Kamis, 27 November 2025 | 05:59

Peluncuran Tiga Pusat Studi Baru

Jumat, 28 November 2025 | 02:08

Bersihkan Sisa Bencana

Jumat, 28 November 2025 | 04:14

UPDATE

Duka Banjir di Sumatera Bercampur Amarah

Jumat, 05 Desember 2025 | 06:04

DKI Rumuskan UMP 2026 Berkeadilan

Jumat, 05 Desember 2025 | 06:00

PIER Proyeksikan Ekonomi RI Lebih Kuat pada 2026

Jumat, 05 Desember 2025 | 05:33

Pesawat Perintis Bawa BBM

Jumat, 05 Desember 2025 | 05:02

Kemenhut Cek Kayu Gelondongan Banjir Sumatera Pakai AIKO

Jumat, 05 Desember 2025 | 05:00

Pemulihan UMKM Terdampak Bencana segera Diputuskan

Jumat, 05 Desember 2025 | 04:35

Kaji Ulang Status 1.038 Pelaku Demo Ricuh Agustus

Jumat, 05 Desember 2025 | 04:28

Update Korban Banjir Sumatera: 836 Orang Meninggal, 509 Orang Hilang

Jumat, 05 Desember 2025 | 04:03

KPK Pansos dalam Prahara PBNU

Jumat, 05 Desember 2025 | 03:17

Polri Kerahkan Kapal Wisanggeni 8005 ke Aceh

Jumat, 05 Desember 2025 | 03:03

Selengkapnya