Berita

Dewan Komisaris dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) melakukan kunjungan ke berbagai sarana dan fasilitas (sarfas) di wilayah Jakarta dan sekitarnya, Minggu (16/6)/Ist

Bisnis

Komut dan Dirut Pertamina Turun Langsung Cek Pasokan Energi

MINGGU, 16 JUNI 2024 | 19:24 WIB | LAPORAN: ADITYO NUGROHO

Memastikan kelancaran pasokan energi selama libur Iduladha 2024, Dewan Komisaris dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) melakukan kunjungan ke berbagai sarana dan fasilitas (sarfas) di wilayah Jakarta dan sekitarnya, Minggu (16/6).

Kunjungan tersebut juga didampingi oleh Direktur Utama Subholding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga.

Diawali dengan kunjungan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati ke Pertamina Integrated Enterprise Data and Center Command (PIEDCC) di Graha Pertamina.

Nicke didampingi oleh SVP Integrated Enterprise Data and Command Center Ignatius Sigit Pratopo. Pada kunjungannya, Nicke memantau operasional Pertamina mulai dari kelancaran produksi hulu, kehandalan kilang Pertamina hingga pasokan dan arus distribusi bahan bakar minyak (BBM) dan liquified petroleum gas (LPG) di seluruh Indonesia, melalui digitalisasi teknologi dan pusat data secara realtime.

“Dari pantauan kami, kami melihat baik dari sisi stok nasional maupun stok di masing-masing wilayah pemasaran Pertamina, berada dalam kondisi aman. Baik BBM maupun LPG,” ujar Nicke.

“Jadi insya Allah semuanya bisa kami kelola dengan baik dan masyarakat bisa melakukan perayaan Iduladha dengan tenang, untuk perjalanan juga aman, untuk memasak dengan LPG juga aman,” jelasnya.

Setelah kunjungan tersebut, Nicke bergabung dengan Dewan Komisaris PT Pertamina (Persero), mengunjungi Integrated Terminal Jakarta (ITM), yang berlokasi di Plumpang, Tanjung Priok.

Kunjungan di ITM Plumpang dihadiri oleh Komisaris Utama Pertamina Simon Aloysius Mantiri, Komisaris Independen Condro Kirono, serta Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan.

Simon menekankan, pentingnya kunjungan ke sarfas Pertamina dalam menjaga ketersediaan energi selama libur panjang Iduladha.

“Kunjungan ini memastikan kesiapan stok dan infrastruktur untuk menghadapi Iduladha. Kami berkomitmen menjaga ketersediaan energi bagi masyarakat. Seiring dengan itu, Terminal Jakarta ini sangat penting untuk pendistribusian energi nasional,” jelas Simon.

Pertamina memastikan stok BBM dan LPG aman untuk menghadapi lonjakan permintaan selama Iduladha.

“Stok BBM dan LPG aman. Kami terus memastikan kesiapan operasional dan infrastruktur agar pelayanan kepada masyarakat tetap optimal,” ungkap Simon.

Pada kunjungan ini, Dekom dan Direksi Pertamina memberikan apresiasi kepada seluruh tim Pertamina yang telah bekerja keras memastikan kesiapan distribusi energi nasional.

“Kami mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada seluruh tim Pertamina yang telah memastikan kesiapan stok dan penyaluran energi pada momen Iduladha,” ungkapnya lagi.

Integrated Terminal Jakarta Plumpang adalah bagian dari jaringan terminal yang terdiri dari Fuel Terminal Plumpang, Fuel Terminal Tanjung Priok, dan LPG Terminal Tanjung Priok. Ketiga terminal ini terintegrasi untuk memastikan kelancaran pendistribusian energi di wilayah Jawa bagian Barat yang melayani lebih dari 1.000 SPBU.

“Kami meninjau lokasi pengisian dan sistem digitalisasi yang memonitor semua aktivitas. Ini penting untuk menjaga transparansi dan mencegah penyimpangan,” tambah Simon.

Setelah dari ke ITM Plumpang, kunjungan dilanjutkan meninjau SPBU 31.143.01 yang berada di Jl Yos Sudarso, Sunter, Jakarta, serta, Fuel Terminal Cikampek untuk melihat kesiapan dan distribusi pasokan BBM di wilayah Jawa Barat.

Populer

Pesawat Nepal Jatuh, Hanya Satu Orang yang Selamat

Rabu, 24 Juli 2024 | 15:16

Walikota Semarang dan 3 Lainnya Dikabarkan Berstatus Tersangka

Rabu, 17 Juli 2024 | 13:43

KPK Juga Tetapkan Suami Walikota Semarang dan Ketua Gapensi Tersangka

Rabu, 17 Juli 2024 | 16:57

Walikota Semarang dan Suami Terlibat 3 Kasus Korupsi

Rabu, 17 Juli 2024 | 17:47

Pimpinan DPRD hingga Ketua Gerindra Sampang Masuk Daftar 21 Tersangka Korupsi Dana Hibah Jatim

Selasa, 16 Juli 2024 | 19:56

Kantor Rahim di Depok Ternyata Rumah Tinggal, Begini Kondisinya

Rabu, 17 Juli 2024 | 11:05

KPK Bakal Audit Semua Rumah Sakit Telusuri Dugaan Fraud BPJS Kesehatan

Rabu, 24 Juli 2024 | 18:51

UPDATE

Naufal Setyo Ikut Seleksi Akpol Kali Ketiga, Ingin jadi Polisi Ilmuwan

Kamis, 25 Juli 2024 | 16:00

Heru Budi Lanjutkan Prestasi Anies Raih WTP

Kamis, 25 Juli 2024 | 15:59

Iran Kecam Perlindungan Ekstra untuk Atlet Israel di Olimpiade Paris

Kamis, 25 Juli 2024 | 15:53

Jelang HUT RI, IKN Ditutup untuk Umum

Kamis, 25 Juli 2024 | 15:49

Israel Harus Patuhi Keputusan ICJ Jika Tidak Mau Dikucilkan Dunia

Kamis, 25 Juli 2024 | 15:38

Putra Suku Dayak Ini Lebih Sreg Masuk Akpol Ketimbang Jadi Dokter

Kamis, 25 Juli 2024 | 15:28

Respons Fadli Zon Diisukan Jadi Menlu

Kamis, 25 Juli 2024 | 15:11

Hadir di G20 Brazil, Indonesia Terus Berproses Menjadi Anggota OECD

Kamis, 25 Juli 2024 | 15:09

Presiden Israel Dilarang Turun dari Pesawat Paris, Ada Apa?

Kamis, 25 Juli 2024 | 15:01

Kepada Negara MSG, Puan Jamin Pembangunan Papua

Kamis, 25 Juli 2024 | 14:54

Selengkapnya