Berita

Ilustrasi/Net

Dunia

Aktivis Anti Nuklir Siap Bongkar Daftar Perusahaan Eropa yang Bekerja Sama dengan Iran

SABTU, 23 SEPTEMBER 2023 | 11:01 WIB | LAPORAN: RENI ERINA

Kelompok aktivis United Against Nuclear Iran (UANI) bersiap mengumumkan perusahaan Eropa yang memiliki ikatan dengan Iran dalam upaya mempermalukan mereka agar memutuskan hubungan dengan Teheran.

UANI telah memulai kampanye untuk membujuk ratusan perusahaan agar memutuskan hubungan dengan Iran dan akan mengadakan acara di ibu kota Eropa untuk secara publik menyebutkan nama perusahaan yang melakukan bisnis di negara tersebut.

Kelompok yang berbasis di AS mengatakan, hasil penelitian ada 2.500 bisnis di seluruh dunia yang diduga memiliki keterlibatan dengan Iran, dan ratusan lainnya di Eropa.

UANI sendiri telah memilih Swedia, yang memiliki setidaknya dua warga negara yang ditahan oleh Iran, untuk melancarkan kampanye tersebut.

The National melaporkan, Sabtu (23/9), UANI mengatakan aksi akan diadakan di parlemen Swedia, dan mereka berharap proyek ini akan mewakili perlawanan terhadap taktik penyanderaan yang dilakukan Teheran.

Warga Swedia yang ditahan adalah Johan Floderus, seorang diplomat Uni Eropa yang dipenjara lebih dari 500 hari, dan Ahmadreza Djalali yang menghadapi hukuman mati.

Anggota parlemen Swedia-Iran Alireza Akhondi, yang duduk di dewan penasihat UANI, mengatakan kampanye tersebut bertujuan untuk mencapai efek yang sama yang disebabkan oleh tekanan yang diberikan pada perusahaan untuk meninggalkan Rusia dan berhenti terlibat dengan bisnisnya.

“Perbedaan besar dengan Rusia adalah hampir semuanya bersifat publik dan kami tahu perusahaan mana yang terlibat dengan Rusia,” kata politisi Partai Tengah itu kepada The National.

“Dalam kasus Iran, hal ini jauh lebih sulit karena Iran telah membangun jaringan perusahaan cangkang untuk menghindari sanksi," ujarnya.

Sebelum hal itu terjadi, katanya, UANI akan mengirimkan surat kepada perusahaan-perusahaan untuk mencari informasi apakah mereka terlibat atau tidak dengan Iran.

"Misalnya saja karena situs web tidak diperbarui," kata Akhondi.

Sejauh ini, sekitar 45 surat telah dikirim ke perusahaan-perusahaan Swedia, tetapi Akhondi mengatakan ada sekitar 500 perusahaan di Inggris, Perancis dan Jerman yang mereka curigai mempunyai hubungan dengan Iran.

“Kami memulainya di Swedia, namun kami akan mengunjungi setiap negara di Eropa, termasuk Inggris, dan mengungkap perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam perdagangan dengan Iran dengan cara yang berbeda-beda,” tambah Akhondi.

Setelah perusahaan-perusahaan tersebut diumumkan ke publik, Akhondi mengatakan tindakan hukum akan dimulai terhadap perusahaan-perusahaan terpilih.

“Tergantung perusahaan mana yang kita bidik. Kami akan mengambil tindakan berbeda di tempat berbeda. Sebagai contoh, katakanlah kita memiliki bank Swedia yang terlibat dalam perusahaan cangkang yang melakukan pencucian uang, kita menggunakan undang-undang keuangan untuk menanganinya," jelasnya.

Iran berada di bawah sanksi yang dipimpin AS terhadap industri minyak dan gasnya , serta sanksi yang ditujukan terhadap individu tertentu yang dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia dan memasok drone ke Rusia.

Presiden Joe Biden minggu ini mengumumkan serangkaian tindakan baru pada peringatan kematian Mahsa Amini dalam tahanan polisi Iran yang memicu protes massal di negara tersebut.

Meski menjadi salah satu negara yang terkena sanksi paling berat di dunia, banyak perusahaan di Eropa dan negara lain terus melakukan bisnis di Iran. Kantor Persemakmuran dan Pembangunan Luar Negeri Inggris bahkan memberikan nasihat ekstensif mengenai peluang bisnis di Iran.

UANI berpendapat bahwa perusahaan-perusahaan yang berdagang dengan Iran memberikan dukungan kepada rezim tersebut, mengingat sejauh mana rezim melakukan kontrol atas perekonomian, khususnya melalui Korps Garda Revolusi Islam yang kuat .

Akhondi mengatakan dia ingin perusahaan mengambil tanggung jawab mereka dan yakin tekanan dari konsumen akan berperan.

Populer

Pesawat Nepal Jatuh, Hanya Satu Orang yang Selamat

Rabu, 24 Juli 2024 | 15:16

Menkeu: Inggris Bangkrut, Kondisi Keuangan Hancur

Minggu, 28 Juli 2024 | 17:54

KPK Bakal Audit Semua Rumah Sakit Telusuri Dugaan Fraud BPJS Kesehatan

Rabu, 24 Juli 2024 | 18:51

Pemindahan Ibu Kota Negara Ambisi Picik Jokowi

Sabtu, 27 Juli 2024 | 01:29

GMPH Desak KPK Usut Dugaan Penyalahgunaan Kekuasaan Cak Imin

Senin, 29 Juli 2024 | 12:54

KPK Tindak Tiga Rumah Sakit Pelaku Fraud BPJS Kesehatan

Rabu, 24 Juli 2024 | 18:17

Christine Hutabarat Dicecar Soal Akuisisi Diduga Korupsi di ASDP

Rabu, 24 Juli 2024 | 13:52

UPDATE

Pilkada Jakarta Diwarnai Demokrasi Siasat

Rabu, 31 Juli 2024 | 11:54

AS No Komen Soal Kematian Ismail Haniyeh

Rabu, 31 Juli 2024 | 11:51

Parpol Khawatir Anies Punya Karakter Mirip Jokowi

Rabu, 31 Juli 2024 | 11:49

Dua Ribu Ton Gula Kasus Korupsi PT SMIP Disita Kejagung

Rabu, 31 Juli 2024 | 11:41

Ngamuk, Presiden Venezuela Tantang Elon Musk Berkelahi

Rabu, 31 Juli 2024 | 11:36

Ribuan Personel Polri Kawal Demo Pembentukan Kabupaten Cilangkahan

Rabu, 31 Juli 2024 | 11:34

Kejagung Tangkap Oknum TNI terkait Korupsi Penyaluran Kredit Prajurit Rp55 M

Rabu, 31 Juli 2024 | 11:34

Petinggi Hamas Ismael Haniyeh Tewas di Iran

Rabu, 31 Juli 2024 | 11:30

Amanah Gali Potensi Teman Tuli Melalui Pelatihan Pramusaji

Rabu, 31 Juli 2024 | 11:26

Pemilu Demokratis Makin Suram jika KPU Tak Dorong Jokowi Sahkan Pengganti Hasyim

Rabu, 31 Juli 2024 | 11:17

Selengkapnya