Berita

Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPANRB, Diah Natalisa/Repro

Politik

Melalui Sosialisasi Kompetisi P4, Kemenpan-RB Dorong Instansi Publik Perkuat Pelayanan Pengaduan

KAMIS, 17 FEBRUARI 2022 | 19:47 WIB | LAPORAN: AHMAD SATRYO

Layanan pengaduan di instansi pemerintah menjadi salah satu fokus kerja Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Salah satu upaya memperkuat layanan pengaduan untuk masyarakat, KemenPANRB menggelar Sosialisasi Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) untuk yang ke-4 kalinya.

KemenPANRB menggandeng Kemendagri, Kemenkominfo, Kantor Staf Presiden (KSP), Ombudsman RI, serta Korea International Cooperation Agency (KOICA) dan United Nations Development Programme (UNDP), dalam gelaran acara ini.


Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPANRB, Diah Natalisa, kompetisi P4 dibuat untuk mendorong instansi publik dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

"Sekaligus memberikan pengharagaan kepada instansi yang telah mengelola pengaduan dengan baik," kata Diah dalam Sosialisasi Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) yang digelar secara virtual, Kamis (17/2).

Berdasarkan UU 25/2009 tentang Pelayanan Publik, setiap penyelenggara pelayanan publik diwajibkan mengelola pengaduan pelayanan publik sebagai wujud interaksi antara penyelenggara pelayanan publik dengan masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Namun, kata Diah, untuk sekarang kewajiban itu sudah bergeser maknanya, dari mualnya sebagai kewajiban kini menjadi suatu kebutuhan. Karena menurutnya, respon masyarakat memberikan dukungan kepada pemerintah agar tidak seolah-olah dianggap sebagai ruangan yang kosong.

"Karena sekarang pemerintah menyadari laporan pengaduan pelayanan publik merupakan amunisi dalam pelaksanaan tugas pemerintahan," imbuhnya.

Lebih lanjut, Diah menjelaskan kategori peserta kompetisi P4 kali ini yang akan dibagi menjadi beberapa kategori. Pertama, kategori intansi pemerintah baik di level pusat maupun daerah serta unit pelayanan publik (UPP) seperti satuan kerja kementerian/lembaga maupun organisasi perangkat daerah serta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) ditingkat pemerintah daerah.

Kemudian kategori selanjutnya adalah kategori umum serta kategori outstanding achievement, yang merupakan pemenang kategori instansi pemerintah pada kompetisi tahun-tahun sebelumnya.

Populer

Camat Madiun Minta Maaf Usai Bubarkan Bedah Buku ‘Reset Indonesia’

Selasa, 23 Desember 2025 | 04:16

Adik Kakak di Bekasi Ketiban Rezeki OTT KPK

Senin, 22 Desember 2025 | 17:57

Ketika Kebenaran Nasib Buruh Migran Dianggap Ancaman

Sabtu, 20 Desember 2025 | 12:33

OTT KPK juga Tangkap Haji Kunang Ayah Bupati Bekasi

Jumat, 19 Desember 2025 | 03:10

Uang yang Diamankan dari Rumah Pribadi SF Hariyanto Diduga Hasil Pemerasan

Rabu, 17 Desember 2025 | 08:37

Kajari Bekasi Eddy Sumarman yang Dikaitkan OTT KPK Tak Punya Rumah dan Kendaraan

Sabtu, 20 Desember 2025 | 14:07

Terlibat TPPU, Gus Yazid Ditangkap dan Ditahan Kejati Jawa Tengah

Rabu, 24 Desember 2025 | 14:13

UPDATE

Kepala Daerah Dipilih DPRD Bikin Lemah Legitimasi Kepemimpinan

Jumat, 26 Desember 2025 | 01:59

Jalan Terjal Distribusi BBM

Jumat, 26 Desember 2025 | 01:39

Usulan Tanam Sawit Skala Besar di Papua Abaikan Hak Masyarakat Adat

Jumat, 26 Desember 2025 | 01:16

Peraih Adhyaksa Award 2025 Didapuk jadi Kajari Tanah Datar

Jumat, 26 Desember 2025 | 00:55

Pengesahan RUU Pengelolaan Perubahan Iklim Sangat Mendesak

Jumat, 26 Desember 2025 | 00:36

Konser Jazz Natal Dibatalkan Gegara Pemasangan Nama Trump

Jumat, 26 Desember 2025 | 00:16

ALFI Sulselbar Protes Penerbitan KBLI 2025 yang Sulitkan Pengusaha JPT

Kamis, 25 Desember 2025 | 23:58

Pengendali Pertahanan Laut di Tarakan Kini Diemban Peraih Adhi Makayasa

Kamis, 25 Desember 2025 | 23:32

Teknologi Arsinum BRIN Bantu Kebutuhan Air Bersih Korban Bencana

Kamis, 25 Desember 2025 | 23:15

35 Kajari Dimutasi, 17 Kajari hanya Pindah Wilayah

Kamis, 25 Desember 2025 | 22:52

Selengkapnya