Berita

Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPANRB, Diah Natalisa/Repro

Politik

Melalui Sosialisasi Kompetisi P4, Kemenpan-RB Dorong Instansi Publik Perkuat Pelayanan Pengaduan

KAMIS, 17 FEBRUARI 2022 | 19:47 WIB | LAPORAN: AHMAD SATRYO

Layanan pengaduan di instansi pemerintah menjadi salah satu fokus kerja Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Salah satu upaya memperkuat layanan pengaduan untuk masyarakat, KemenPANRB menggelar Sosialisasi Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) untuk yang ke-4 kalinya.

KemenPANRB menggandeng Kemendagri, Kemenkominfo, Kantor Staf Presiden (KSP), Ombudsman RI, serta Korea International Cooperation Agency (KOICA) dan United Nations Development Programme (UNDP), dalam gelaran acara ini.

Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPANRB, Diah Natalisa, kompetisi P4 dibuat untuk mendorong instansi publik dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

"Sekaligus memberikan pengharagaan kepada instansi yang telah mengelola pengaduan dengan baik," kata Diah dalam Sosialisasi Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) yang digelar secara virtual, Kamis (17/2).

Berdasarkan UU 25/2009 tentang Pelayanan Publik, setiap penyelenggara pelayanan publik diwajibkan mengelola pengaduan pelayanan publik sebagai wujud interaksi antara penyelenggara pelayanan publik dengan masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Namun, kata Diah, untuk sekarang kewajiban itu sudah bergeser maknanya, dari mualnya sebagai kewajiban kini menjadi suatu kebutuhan. Karena menurutnya, respon masyarakat memberikan dukungan kepada pemerintah agar tidak seolah-olah dianggap sebagai ruangan yang kosong.

"Karena sekarang pemerintah menyadari laporan pengaduan pelayanan publik merupakan amunisi dalam pelaksanaan tugas pemerintahan," imbuhnya.

Lebih lanjut, Diah menjelaskan kategori peserta kompetisi P4 kali ini yang akan dibagi menjadi beberapa kategori. Pertama, kategori intansi pemerintah baik di level pusat maupun daerah serta unit pelayanan publik (UPP) seperti satuan kerja kementerian/lembaga maupun organisasi perangkat daerah serta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) ditingkat pemerintah daerah.

Kemudian kategori selanjutnya adalah kategori umum serta kategori outstanding achievement, yang merupakan pemenang kategori instansi pemerintah pada kompetisi tahun-tahun sebelumnya.

Populer

Aduan Kebohongan sebagai Gugatan Perdata

Selasa, 08 Oktober 2024 | 10:03

PDIP Bisa Dapat 3 Menteri tapi Terhalang Chemistry Gibran

Rabu, 09 Oktober 2024 | 01:53

Pernah Bertugas di KPK, Kapolres Boyolali Jebolan Akpol 2003

Senin, 07 Oktober 2024 | 04:21

Prabowo Sudah Kalkulasi Chemistry PDIP dengan Gibran

Rabu, 09 Oktober 2024 | 02:35

Laksdya Irvansyah Dianggap Gagal Bangun Jati Diri Coast Guard

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 03:45

Bakamla Jangan Lagi Gunakan Identitas Coast Guard

Rabu, 09 Oktober 2024 | 06:46

CEO Coinbase Umumkan Pernikahan, Netizen Seret Nama Raline Shah yang Pernah jadi Istrinya

Kamis, 10 Oktober 2024 | 09:37

UPDATE

Aceh Selatan Terendam Banjir hingga Satu Meter

Jumat, 11 Oktober 2024 | 23:58

Prabowo Bertemu Elite PKS, Gerindra: Dukungan Moral Jelang Pelantikan

Jumat, 11 Oktober 2024 | 23:39

Saham Indomie Kian Harum, IHSG Bangkit 0,54 Persen

Jumat, 11 Oktober 2024 | 23:26

Ini Alasan Relawan Jokowi dan Prabowo Pilih Dukung Rido

Jumat, 11 Oktober 2024 | 23:19

Transisi Pemerintahan Jokowi ke Prabowo Ukir Sejarah

Jumat, 11 Oktober 2024 | 22:54

Pensiun Jadi Presiden, Jokowi Bakal Tetap Rutin Kunjungi IKN

Jumat, 11 Oktober 2024 | 22:42

Sosialisasi Golden Visa Bidik Top Investor di Bekasi

Jumat, 11 Oktober 2024 | 22:31

Soal Kasus Alex Marwata, Kapolda Metro: Masalah Perilaku Kode Etik yang Jadi Pidana

Jumat, 11 Oktober 2024 | 22:26

Kontroversi Gunung Padang: Perdebatan Panjang di Dunia Arkeolog

Jumat, 11 Oktober 2024 | 22:20

ASDP Ajukan Praperadilan Buntut Penyitaan Barbuk, KPK Absen

Jumat, 11 Oktober 2024 | 22:17

Selengkapnya