Berita

Windri, istri Brigadir Petrus Bakus yang sedang ditenangkan oleh ibu-ibu Bhayangkari/Net

On The Spot

Pemutilasi Anak Baru 2 Bulan Tinggal Di Rumah Kontrakan

Pendiam Dan Kadang Duduk Di Depan Gang
RABU, 05 OKTOBER 2016 | 08:28 WIB | HARIAN RAKYAT MERDEKA

Warga Cengkareng Barat geger. Penyebabnya, seorang ibu bernama Mutmainah (28) tega menghabisi nyawa anaknya, Arjuna (1), dan memutilasinya menjadi beberapa bagian.

Peristiwa tersebut terjadi di rumah kontrakan yang diting­gali Mutmainah dan keluarg­anya. Letaknya di Jalan Jaya 24, Nomor 24, RT 004, RW 10, Cengkareng Barat, Cengkareng, Jakarta Barat.

Kemarin, Rakyat Merdeka mendatangi tempat kejadian perkara. Kontrakan Mutmainah berada di tengah-tengah, terletak di antara dua kontrakan yang lain. Ukurannya kira-kira 3x6 meter.

Kondisi lingkungan di sekitar kontrakan tersebut terasa pengap. Pintu kontrakan yang ditempati Mutmainah terbuat dari triplek. Untuk menuju kontrakan itu, harus melalui gang sempit.

Tiga ventilasi udara kontra­kan terlihat kotor penuh debu. Jendela kontrakan hanya ditu­tupi selimut bekas kain kasur berwarna biru. Cat tembok kon­trakan yang berwarna hijau juga sudah mulai memudar. Kalau malam, lingkungan ini amat gelap karena tidak terlihat lampu di luar bangunan.

Saat ini, suasana di lokasi sudah cukup sepi. Di rumah kontrakan tempat Mutmainah menghabisi nyawa putranya, hanya terlihat garis polisi terpasang memben­tengi bagian depan rumah.

Berdasarkan informasi warga sekitar, tidak ada tanda-tanda aneh dari Mutmainah hingga te­ga memutilasi anak kandungnya sendiri. "Tidak pernah kelihatan ada yang janggal," kata seorang tetangga yang menolak disebut namanya saat berbincang.

Menurutnya, selama ini tingkah laku Mutmainah dan keluarganya terlihat biasa-biasa saja. Tidak ada gejala-gejala bahwa Mutmainah bakal melakukan tindakan sekeji itu. Dia menduga, tindakan nekat Mutmainah muncul secara men­dadak. Pria yang bersepeda ini pun heran jika Mutmainah dibilang depresi.

Lebih lanjut, menurut pria paruh baya ini, pintu rumah petak Nomor 24 itu jarang terbuka. Dia mengetahuinya lantaran sehari-hari melewati rumah tersangka jika ingin beraktivitas di luar rumah.

"Pagi dan malam hari saya le­wat sini. Saya dengar, suaminya dua hari sekali pulang ke ru­mah," ujarnya.

Suyadi, Ketua RT setempat, juga mengaku tidak melihat ke­janggalan terhadap warganya itu. "Setahu saya, tidak ada masalah. Setahu saya lho. Tapi kalau dari pihak keluarga, saya tidak tahu," ujar dia.

Menurut Suyadi, tersangka dan suami beserta dua anaknya, baru menempati rumah kontra­kan itu sekira dua bulan. Warga baru ini, menurut Suyadi, belum melapor. Sebelumnya, tersangka dan keluarga menetap di rumah orangtua suaminya di kawasan Tegal Alur.

"Saya bilang harus melapor. Saya bukan minta uang lho, tapi minta identitas. Tapi sebelum melapor, sudah ada kejadian seperti ini," terangnya.

Yuniar, tetangga yang lain menilai, Mutmainah pendiam. Hanya bicara seperlunya saja. Warga sekitar sangat jarang mengobrol dengan Mutmainah. Pasalnya, wanita itu jarang berbaur dengan warga sekitar.

"Dia cuma kelihatan sering duduk sama anaknya yang kecil di depan gang masuk itu. Tapi, tak ada yang mencurigakan," jelasnya. Anak itulah yang ke­mudian dimutilasi Mutmainah.

Penjaga warung yang berada di depan rumah Mutmainah pun tak melihat ada tanda-tanda gangguan jiwa pada diri Mutmainah. "Dia baru tinggal di sini, rumah orangtuanya juga tidak jauh, cuma sekitar 300 meter dari sini," ucap penjaga warung yang menolak disebut­kan namanya.

Lastri, tetangga yang melihat anak Mutmainah telah dimu­tilasi, menceritakan apa yang dilihatnya. Suami pelaku, cerita Lastri, polisi Aipda Deni Siregar kemudian mengamankan anaknya yang lain.

Sebelumnya, kata Lastri, Deni tidak bisa masuk ke rumah karena dikunci. Deni kemudian mendo­brak pintu. Saat Deni mendobrak pintu, Lastri yang rumahnya tepat di samping rumah Deni, lantas melihat ke arah rumah itu.

Tak lama kemudian terdengar suara keributan. Lastri mendekat. Dia mendapati Deni pergi keluar rumah membawa anaknya yang berusia dua tahun. Lastri yang masuk ke dalam rumah, lan­tas melihat Mutmainah dalam keadaan telanjang bulat.

Lastri berinisiatif menutupi badan Mutmainah dengan sprei. "Pas saya mau nutup tubuh Mutmainah menggunakan sprei, saat itu saya lihat badan anaknya terpotong. Pas ditanya, cuma se­nyum saja," kata Lastri.

Lastri kemudian berlari ke luar rumah dan melaporkan hal tersebut ke Ketua RT Suyadi. Kejadian ini terungkap pada Minggu malam lalu, sekira pukul 20.00 WIB. Suami ter­sangka, Deni kaget saat pulang, pintu tidak kunjung dibuka. Sehingga, Deni pun mendobrak dan menemukan anaknya tidak bernyawa, sementara istrinya tidak mengenakan busana.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono, pelaku diduga mengalami depresi berat dalam beberapa hari terakhir. Wajahnya pucat dan sering berdiam diri. Mutmainah ditetapkan sebagai tersangka. Dia dijerat dengan Pasal 338 KUHP dan ancaman­nya 10 tahun penjara. ***

Populer

Warganet Beberkan Kejanggalan Kampus Raffi Ahmad Peroleh Gelar Doktor Kehormatan

Senin, 30 September 2024 | 05:26

WNI Kepoin Kampus Pemberi Gelar Raffi Ahmad di Thailand, Hasilnya Mengagetkan

Minggu, 29 September 2024 | 23:46

Laksdya Irvansyah Dianggap Gagal Bangun Jati Diri Coast Guard

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 03:45

Warganet Geram Bahlil Bandingkan Diri dengan Rasulullah: Maaf Nabi Tidak Minum Alkohol

Kamis, 26 September 2024 | 07:43

MUI Tuntut Ahmad Dhani Minta Maaf

Rabu, 02 Oktober 2024 | 04:11

Rhenald Kasali Komentari Gelar Doktor HC Raffi Ahmad: Kita Nggak Ketemu Tuh Kampusnya

Jumat, 04 Oktober 2024 | 07:00

Aksi Massa Desak Polisi Tetapkan Said Didu Tersangka

Kamis, 03 Oktober 2024 | 20:43

UPDATE

DPRD Kota Bogor Berharap Sinergitas dalam Perayaan HUT ke-79 TNI

Minggu, 06 Oktober 2024 | 23:47

Pram-Rano Komitmen Sehatkan Mental Warga Jakarta Lewat Ini

Minggu, 06 Oktober 2024 | 23:23

IKA Unpad Rekomendasikan 4 Calon Menteri Prabowo-Gibran

Minggu, 06 Oktober 2024 | 22:23

Dukung Egi-Syaiful, Partai Buruh Berharap Ada Kenaikan Upah

Minggu, 06 Oktober 2024 | 22:17

Mega-Prabowo Punya Koneksi Psikologis dan Historis

Minggu, 06 Oktober 2024 | 21:56

KPK OTT di Kalimantan Selatan

Minggu, 06 Oktober 2024 | 21:14

Dharma Pongrekun: Atasi Kemacetan Jakarta Tidak Bisa Hanya Beretorika

Minggu, 06 Oktober 2024 | 21:11

Pram dan Rano akan Perhatikan Kesejahteraan Guru Honorer agar Tidak Terjerat Pinjol

Minggu, 06 Oktober 2024 | 20:54

Suswono Kehabisan Waktu Saat Pantun Penutup, Langsung Dipeluk RK

Minggu, 06 Oktober 2024 | 20:42

Badai PHK Ancam Jakarta, Pram-Rano Bakal Bikin Job Fair 3 Bulan Sekali

Minggu, 06 Oktober 2024 | 20:30

Selengkapnya