Berita

Foto: Dok

Politik

Maju Lagi, Doto Zaini Gelorakan Pilkada Damai

MINGGU, 25 SEPTEMBER 2016 | 14:46 WIB | LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR

Gubernur Aceh Zaini Abdullah kembali maju dalam Pemilihan Gubernur Aceh, yang kali ini lewat jalur independen.

Dia menegaskan, sebagai sebuah pertarungan politik, menyadari pihaknya siap untuk kalah, tetapi lebih siap lagi untuk menang.

"Terlalu sering dalam perjalanan hidup saya, melihat banyak orang gagal karena mengabaikan hal kecil, tersandung batu dan terpeleset kerikil," ujar Doto Zaini, sapaannya, dalam keterangan pers yang diterima (Minggu, 25/9).

Selama puluhan tahun dia kenyang dengan asam garam perjuangan demi hak-hak politik dan kesejahteraan rakyat Aceh. Karena itu baginya, kekuasaan benar-benar hanyalah titipan yang dalam waktu singkat bisa datang dan pergi.

"Sejarah dunia mengajarkan bagaimana sebuah kekuasaan yang kokok perkasa dan dijaga kekuatan militer maha dahsyat, tiba-tiba saja roboh tersungkur dalam waktu singkat," pesan Doto Zaini.

Saat pendaftaran Pilkada 2017 dibuka serentak di seluruh Indonesia, sejak Rabu (21/9), pasangan Zaini Abdullah dan Nasaruddin menyerahkan kelengkapan administrasi untuk keperluan pendaftaran. Awalnya Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh mengumumkan bahwa KTP yang diusung pasangan AZAN tidak mencukupi, karena itu kekurangannya segera dipenuhi.

"Disertai doa dan dukungan pemilik KTP yang menaruh harapannya pada kami berdua, saya berterima kasih kepada para pendukung kami. ini baru langkah awal, pekerjaan lebih berat menunggu kita, mengajak sebanyak mungkin rakyat Aceh untuk memenangkan perdamaian pada Pilkada Februari 2017 mendatang,” tandas Doto Zaini ketika pendaftaran di hadapan pendukungnya.

Bagi tokoh yang rekam jejaknya menjadi perunding perdamaian Aceh ini kekuasaan bukanlah tujuan, melainkan alat untuk mengelola amanah, untuk mewujudkan harapan akan perdamaian dan kesejahteraan.

"Hari ini tepat 63 tahun lalu, Teungku Daud Beureuh melawan kekuasaan Jakarta atas Tanah Aceh, yang kemudian dilanjutkan oleh Paduka Yang Mulia Tgk. Hasan Di Tiro," kata Doto Zaini membuka lembaran panjang sejarah Aceh.

Doto Zaini adalah pendamping setia mendiang sang Wali selama perjuangan hingga akhir hayatnya. Menurutnya, perlawanan adalah peringatan bahwa kekuasaan yang tidak dikontrol bisa mendatangkan kezaliman.

Kekuasaan yang tidak dikelola dengan hati damai bisa mendatangkan kehancuran, Doto Zaini mengingatkan. Kekuasaan yang dijadikan sebagai tujuan akhir akan menemukan kenyataan bahwa hawa nafsu tidak akan pernah kenyang oleh jabatan dan kekayaan,” tegas Doto Zaini.

Secara merendah, dia mengaku dirinya bukan putra terbaik Aceh. Meski begitu, pada para kandidat yang tengah bersaing, Doto Zaini mengimbau untuk menaruh rasa hormat kepada lawan-lawan politik, agar tidak menjadi kemenangan yang hina dan tidak mendatangkan kebajikan.

"Ini pengabdian kami, persembahan pada tanah Aceh, dengan sepenuh hati kami berikan yang terbaik dari diri kami,” kata Doto Zaini seraya mengimbau kepada rakyat Aceh untuk memilih pemimpin secara merdeka, tidak karena diancam atau dipaksa.

Hampir seluruh kandidat adalah mantan pejuang Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang mestinya sangat memahami karakter rakyat Aceh. Doto Zaini bahu-membahu bersama Hasan Tiro membangun diplomasi internasional menuju perdamaian yang saat ini dinikmati seluruh rakyat Aceh.

Di balik sejumlah kekhawatiran tersebut, Doto Zaini menyatakan optimisme terhadap Pilkada 2017 mendatang. Insyaallah akan lahir pemimpin Aceh terbaik, hasil pilihan rakyat Aceh sendiri,” kata Doto Zaini. Setelah proses itu berakhir nanti, Doto Zaini mengajak semua pihak kembali saling berpegang tangan dan mendukung kepemimpinan Aceh 2017-2022.[wid]


Populer

Warganet Beberkan Kejanggalan Kampus Raffi Ahmad Peroleh Gelar Doktor Kehormatan

Senin, 30 September 2024 | 05:26

WNI Kepoin Kampus Pemberi Gelar Raffi Ahmad di Thailand, Hasilnya Mengagetkan

Minggu, 29 September 2024 | 23:46

Kejagung di Bawah ST Burhanuddin, Anak Buah Jalan Masing-masing

Rabu, 25 September 2024 | 17:11

Warganet Geram Bahlil Bandingkan Diri dengan Rasulullah: Maaf Nabi Tidak Minum Alkohol

Kamis, 26 September 2024 | 07:43

Salaman Andika Perkasa Dicuekin Kapolda Jateng dan Pj Gubernur

Rabu, 25 September 2024 | 11:18

Fufufafa Terobsesi Syahrini: Cetar Membahana

Selasa, 24 September 2024 | 07:34

MUI Tuntut Ahmad Dhani Minta Maaf

Rabu, 02 Oktober 2024 | 04:11

UPDATE

Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Ziarah ke Makam Pahlawan

Jumat, 04 Oktober 2024 | 21:36

Dinilai Mengolok-Olok Gambar Yesus, Ratu Entok Diadukan ke Polda Sumut

Jumat, 04 Oktober 2024 | 21:21

Habib Rizieq Gugat Jokowi Rp 5,2 Triliun, Ini Respons Istana

Jumat, 04 Oktober 2024 | 21:09

Ini Alasan 116 WNI Lebanon Menolak Dievakuasi

Jumat, 04 Oktober 2024 | 21:02

Inflasi Ikut Pengaruhi Kepuasan Masyarakat Atas Kinerja Jokowi

Jumat, 04 Oktober 2024 | 20:31

Agustiar Sabran Banyak Dukungan Karena Tekad Tingkatkan Kesejahteraan

Jumat, 04 Oktober 2024 | 20:27

Tak Tuntaskan Seleksi, Ombudsman RI Pantas Diduga Tersandera Kepentingan Politis

Jumat, 04 Oktober 2024 | 20:20

Perkuat Sinergitas, 4 Jenderal TNI Dianugerahi Bintang Bhayangkara Utama

Jumat, 04 Oktober 2024 | 20:12

Judi Online Picu 10 Kasus Bunuh Diri dan Ribuan Percerian

Jumat, 04 Oktober 2024 | 20:11

Ketua MPR Diduduki Ahmad Muzani, Tanda Gerindra-PDIP Sejalan?

Jumat, 04 Oktober 2024 | 20:05

Selengkapnya