Pelayanan kesehatan seharusnya bukan hanya menyasar kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan emosional tiap pasien.
Hal itu disadari Siloam Hospitals Group, terutama di tengah perayaan Idul Fitri 1437 H pekan lalu. Rumah Sakit menjalankan konsep perawatan kesehatan emosional bagi setiap pasiennya. Selain menghias rumah sakit dengan berbagai ornamen bernuansa religi, setiap unit Siloam juga menggelar kegiatan pembagian kurma bagi pasien rawat inap.
"Tim Patient Centric Initiatives telah menyiapkan kotak berisi tiga kurma, yang kemudian dibagikan pada semua pasien. Serentak kotak kurma dibagikan pada H-1 Idul Fitri di 22 unit Siloam. Selain membagi kurma, kami pun bersilahturahmi dengan pasien dan keluarga yang menunggu," kata Direktur Network, Research, and Development Siloam Hospitals Group, Kamaljeet Singh, dalam siaran persnya.
Tiap unit Siloam pun menjalankan sejumlah kegiatan Patient Centric Initiatives secara internal. Misalnya, Siloam Hospitals Balikpapan yang membagikan voucher medical check-up Ramadhan bagi 19 pasien yang masuk rawat inap pada tanggal 6-7 Juli. Tujuan dari kegiatan ini sendiri sebagai bentuk kepedulian manajemen terhadap pasien yang tidak bisa berlebaran di rumah bersama keluarga.
Sehari sebelumnya, H-1 Idul Fitri, Siloam Hospitals Surabaya membagikan kurma disertai sajadah bagi pasien-pasien rawat inap. Tim manajemen berkeliling kamar pasien, bersilaturahmi dengan pasien sambil membagikan bingkisan. Ungkapan kepedulian yang sederhana ini pun berlanjut hingga 7 Juli 2016, dan mendapat respons simpatik dari keluarga pasien.
Kepedulian juga ditunjukkan tim manajemen Siloam Hospitals Purwakarta, yang menggelar program siaga ambulans selama arus mudik hingga arus balik. Bekerjasama dengan PT Jasa Marga dan Dinas Kesehatan Purwakarta, tim menempatkan mobil ambulans di Rest Area 72 Tol Cipularang Jalur A (Jakarta-Bandung), dan dua unit lainnya disiagakan di Gerbang Tol Cikopo Kecamatan Bungursari.
Sementara Rumah Sakit Siloam Sriwijaya mengadakan buka puasa bersama anak didik lapas kelas II A di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Direktur Operasional RS Siloam Sriwijaya, dr. Harijanto Solaeman, yang hadir dalam kegiatan tersebut sekaligus untuk memberikan santunan mewakili Group.
Siloam Hospital Group akan terus menjalankan misinya, mengembangkan program Patient Centric Initiatives sebagai budaya pelayanan, yang bisa menciptakan pengalaman bagi pasien.
Inisiatif ini sebenarnya sudah berjalan secara rutin sejak perayaan Idul Fitri tahun lalu. Grup mendistribusikan kurma bagi pasien rawat inap, dilanjutkan dengan pembagian jeruk Mandarin pada Tahun Baru Cina 2016, dan paket mewarnai untuk pasien di hari perayaan Paskah 2016.
[ald]