Berita

foto:net

On The Spot

Bangunan Tua Sumber Waras Plafonnya Banyak Yang Jebol

Di Tengah Polemik Pembelian Lahannya Oleh Pemprov DKI
SELASA, 19 APRIL 2016 | 09:09 WIB | HARIAN RAKYAT MERDEKA

Polemik pembelian lahan Rumah Sakit (RS) Sumber Waras terus berlangsung hingga kini. Penyebabnya, perbedaan pandangan antara Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menuding ada kerugian negara sebesar Rp 191,33 miliar. Sedangkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bersikukuh tak ada kerugian negara dan pembelian sesuai prosedur.

Kemarin siang, RS Sumber Waras sedang ramai pengunjung. Ratusan warga hilir mudik me­masuki rumah sakit yang berala­mat di Jalan Kyai Tapa Nomor 1, Tomang, Grogol, Jakarta Barat ini. Kontroversi antara BPK dan Gubernur, tidak berdampak kepada aktivitas pengunjung. "Rumah sakit ramai seperti biasanya. Tidak ada pengaruh sama sekali," kata salah seo­rang petugas keamanan, Nyoto Haryono.

Masuk lebih dalam, hala­man rumah sakit terhampar luas. Namun, banyak bangunan gedung yang sudah tua. Banyak atap plafonnya yang jebol. "Itu bangunan tua, tapi masih di­gunakan untuk ruang laborato­rium," sebut Nyoto.

Begitu juga dengan ruang perawatan setinggi empat lan­tai, kondisinya terlihat kusam karena terkena sengatan panas matahari dan guyuran hujan. Atap plafon juga sudah ambrol dimakan usia.

Tidak semua orang bisa lelu­asa memasuki rumah sakit yang berdiri sejak tahun 1970 ini. Pasalnya, terdapat teralis besi yang membatasi ruang perawa­tan dan ruang manajemen yang berada di gedung bagian depan. Satu petugas keamanan berjaga-jaga di teralis warna kuning yang tertutup rapat itu. "Hanya pen­gunjung yang ingin membesuk keluarganya yang boleh masuk ke dalam," kata Nyoto sambil terus berkomunikasi dengan mengunakan handy talky dengan rekan-rekannya.

Jam besuk pun diatur sede­mikian rupa. Pagi hari pukul 10.00-12.00 dan sore hari pukul 17.00 WIB-19.00 WIB. "Selain jam besuk pengunjung dilarang masuk," kata Nyoto dengan ramah. Namun, Nyoto enggan bicara lebih jauh soal polemik pembelian RS Sumber Waras oleh Pemprov DKIJakarta. "Ke pihak manajemen saja, biar lebih jelas," elaknya.

Menurut Direktur Utama RS Sumber Waras Abraham Tejanegara, polemik pembelian RS Sumber Waras oleh Pemprov DKI Jakarta membuat kegiatan operasional rumah sakit sedikit terganggu. "Ada keresahan. Supplier misalnya, bertanya ba­gaimana nasib rumah sakit ini," ujar Abraham di Jakarta.

Menurut Abraham, karyawan, pasien, relasi dan investor yang berasal dari dalam negeri mau­pun luar negeri resah terkait penjualan rumah sakit ini. "Karyawan juga mengeluhkan tidak diberi tahu penjualan tanah tersebut," ujar dia.

Karena keresahan tersebut, lanjut dia, akhirnya pihak ru­mah sakit lantas meminta untuk bertemu Ahok. "Kami melihat ada running text di televisi yang bunyinya, "Ahok telah membeli RS Sumber Waras senilai 1,7 T," ucapnya.

Sebab, saat itu, kata dia, Yayasan Kesehatan Sumber Waras (YKSW) tengah melaku­kan pengikatan jual beli dengan PT Ciputra Karya Utama (CKU). Dalam perjanjian jual beli, kata dia, PT CKU akan menjadikan lahan tersebut sebagai wisma susun. Namun, karena dalam waktu yang ditentukan PT CKU tidak dapat memenuhi perjanjian tersebut, maka proses jual beli pun dibatalkan.

Akhirnya, saat pertemuan dengan Ahok, dirinya bertanya tentang kesempatan untuk men­gubah izin peruntukan lahan itu menjadi wisma susun. Tapi, lanjutnya, Ahok dengan tegas mengatakan bahwa dirinya den­gan Jokowi, sampai mati tidak mungkin mengubah perizinan rumah sakit. "Karena rumah sakit sangat dibutuhkan DKI," ucap Abraham menirukan Ahok.

Perbincangan mereka ber­lanjut. Giliran Ahok bertanya kepada Abraham soal maksud dan tujuan penjualan lahan. Abraham menyatakan untuk meremajakan lokasi itu. "Di si­tulah ada tawaran dari Pak Ahok, kenapa tanah ini tidak dijual kepada DKI. Tapi dengan satu syarat, harganya sesuai NJOP dan DKIakan mendirikan rumah sakit kanker," lagi-lagi Abraham menirukan Ahok.

Akhirnya, 17 Desember 2014, dilakukan penandatanganan akta pelepasan karena pihak Sumber Waras telah menyetujui penju­alan lahan seluas 3,64 hektare ke Pemprov DKI dengan harga sesuai NJOP 2014, yakni Rp 20.755.000 per meter persegi.Setelah itu, kata Abraham, Pemprov DKI atas nama Dinas Kesehatan mentransfer total pembayaran Rp 755.689.550.000 pada 31 Desember 2014 melalui Bank DKIke rekening milik RS Sumber Waras.

Dia menambahkan, lahan yang dijual kepada Pemprov DKI ini merupakan lahan sayap kiri. Sayap kanan tetap milik ru­mah sakit. Lebih lanjut, menurut Abraham, lahan milik Pemprov DKI Jakarta melintang dari titik temu di dekat pintu masuk sampai ke ujung rumah sakit. Dari akses masuk kendaraan, lahan milik Pemprov DKI ada di sebelah kiri. Sedangkan lahan milik RS Sumber Waras berada di sebelah kanan.

Akses masuk ke lahan milik Pemprov DKI yang nantinya akan dijadikan rumah sakit kanker hanya ada dari pintu masuk depan RS Sumber Waras. Dengan kata lain, lahan milik Pemprov DKI masih jadi satu dengan kawasan RS Sumber Waras, bukan tanah yang dapat diakses melalui gang dan sering terkena banjir.

Menurut Abraham, total lahan seluas 69.888 yang terdiri dari dua bidang tanah itu hanya me­miliki satu lembar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Dirinya, tidak mengerti perihal tersebut karena pemerintah yang men­gatur itu. "Itu yang mengatur pemerintah dan kita tidak tahu kenapa jadi satu. Itu sudah ber­jalan sejak 1970, tidak pernah berubah," tandasnya.

Terkait adanya perbedaan harga pasar, sehingga diindikasikan ne­gara merugi sebanyak Rp 191,33 miliar, Abraham menyebut hal itu tidak benar. Karena mereka menjual tanah sesuai NJOP pada 2014 sebesar Rp 20,75 juta per meter persegi kepada Pemprov DKI Jakarta. ***

Populer

Warganet Beberkan Kejanggalan Kampus Raffi Ahmad Peroleh Gelar Doktor Kehormatan

Senin, 30 September 2024 | 05:26

WNI Kepoin Kampus Pemberi Gelar Raffi Ahmad di Thailand, Hasilnya Mengagetkan

Minggu, 29 September 2024 | 23:46

Laksdya Irvansyah Dianggap Gagal Bangun Jati Diri Coast Guard

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 03:45

MUI Tuntut Ahmad Dhani Minta Maaf

Rabu, 02 Oktober 2024 | 04:11

Rhenald Kasali Komentari Gelar Doktor HC Raffi Ahmad: Kita Nggak Ketemu Tuh Kampusnya

Jumat, 04 Oktober 2024 | 07:00

Aksi Massa Desak Polisi Tetapkan Said Didu Tersangka

Kamis, 03 Oktober 2024 | 20:43

Stasiun Manggarai Chaos!

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 13:03

UPDATE

Jelang Lengser, Jokowi Minta Anak Buah Kendalikan Deflasi Lima Bulan Beruntun

Senin, 07 Oktober 2024 | 10:00

Kekerasan Terhadap Etnis Uighur Ubah Hubungan Diplomatik di Asteng dan Astim

Senin, 07 Oktober 2024 | 09:57

Zulhas Janji akan Kaji Penyebab Anjloknya Harga Komoditas

Senin, 07 Oktober 2024 | 09:49

2 Wanita ODGJ Hamil, Kepala Panti Sosial Dituding Teledor

Senin, 07 Oktober 2024 | 09:46

Hubungan Megawati-Prabowo Baik-baik Saja, Pertemuan Masih Konsolidasi

Senin, 07 Oktober 2024 | 09:36

Pasar Asia Menguat di Senin Pagi, Nikkei Dibuka Naik 2 Persen

Senin, 07 Oktober 2024 | 09:30

Riza Patria Minta Relawan Pakai Medsos Sosialisasikan Program

Senin, 07 Oktober 2024 | 09:29

Penampilan 3 Cawagub Dahsyat dalam Debat Pilkada Jakarta

Senin, 07 Oktober 2024 | 09:26

Aramco Naikkan Harga Minyak Mentah Arab Light untuk Pembeli di Asia

Senin, 07 Oktober 2024 | 09:17

PDIP Ingatkan Rakyat Tak Pilih Pemimpin Jalan Pintas

Senin, 07 Oktober 2024 | 09:16

Selengkapnya