Lotte Group menggandeng Martha Tilaar, DÉYEKO, YKAKI (Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia) dan Rumah Zakat belum lama ini menyelenggarakan gerakan 'Hair For Love'.
Acara ini digelar bertepatan Hari Kanker Anak Internasional yang jatuh pada setiap tanggal 15 Februari di Main Atrium GF Lotte Shopping Avenue.
Marketing Director LOTTE Mart Indonesia, Engeline Tjia yang juga penggagas gerakan Hair For Love kepada media, beberapa waktu lalu, menjelaskan, Hair For Love adalah aksi solidaritas dari para relawan yang bersedia memberikan rambutnya bagi anak-anak penderita kanker.
Rambut para relawan ini nantinya akan diubah menjadi wig yang dapat digunakan para penderita kanker atau dijual secara komersial, yang uangnya kemudian diberikan untuk membantu pengobatan anak-anak penderita kanker.
Namun hingga akhir acara Hair for Love, jelas Ketua YKAKI, Ira Soelistyo, bukan donasi berupa uang tunai yang diterima pihaknya, namun biaya penyelenggaraan acara yang dikeluarkan oleh pihak Lotte Group dan Martha Tilaar Group.
"Biaya penyelenggaraan acara yang dikeluarkan oleh pihak Lotte Group dan pihak Martha Tilaar tersebut telah ditentukan dan diputuskan sepihak sebelumnya tanpa sepengetahuan/melibatkan YKAKI sebagai pihak yang diajak bekerja sama," beber Ira, mengklarifikasi pemberitaan yang dimuat di sejumlah media.
Ira menegaskan, klarifikasi ini wajib disampaikan agar tidak terjadi kesalahpahaman dari pihak manapun, sekaligus demi menjaga transparansi laporan YKAKI dalam penerimaan donasi masyarakat, serta untuk menjaga kredibilitas dan kepercayaan publik, khususnya terhadap YKAKI.
"Selanjutnya klarifikasi ini berfungsi sebagai ralat resmi dari YKAKI atas seluruh publikasi di media baik pada mediacetak, elektronik maupun sosial media berkaitan dengan pemberian perihal tersebut di atas," tutup Ira.
[wid]