Tatang Kurniadi
Tatang Kurniadi
RMOL. Publik begitu semangat ingin mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan pesawat Sukhoi Super Jet 100 di kawasan Gunung Salak, Bogor, Rabu (9/5).
Namun Ketua Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Tatang Kurniadi mengaÂku tidak bisa mengetahui dengan cepat penyebab jatuhnya pesawat tersebut.
“Untuk mendapatkan hasil inÂvestigasi dibutuhkan waktu seÂkitar satu tahun. Tidak bisa dikeÂtahui dengan cepat,’’ kata Tatang Kurniadi kepada Rakyat MerÂdeka, di Jakarta, Minggu (13/5).
Berikut kutipan selengkapnya:
Kenapa begitu lama?
Memang begitu. Banyak yang perlu diteliti. Makanya paling cepat 12 bulan seperti yang terÂtera dalam Annex 13 InternatioÂnal Civil Aviation Organisation (ICAO).
Dengan adanya tim KNKT Rusia, bagaimana pembagian tuÂgas dalam penyelidikan ini?
Kan ada aturan internasionalÂnya. Dalam Annex 13 ICAO negara di mana kecelakaan itu terjadi akan memimpin penyeliÂdikan kecelakaan. Selain negara tempat kecelakaan terjadi, pihak-pihak lain yang dapat terlibat daÂlam penyelidikan adalah negara di mana pesawat terdaftar. NeÂgara di mana operator penerÂbaÂngan berasal, atau negara pesawat dirancang atau diproduksi.
Apa tidak bentrok?
Nggak. Annex 13 menetapkan bahwa negara-negara tersebut memiliki hak untuk menunjuk PerÂwakilan Terakreditasi untuk penyelidikan.
Perwakilan Terakreditasi diÂbantu oleh penasihat mereka yaitu para peneliti. Mereka berÂhak untuk berpartisipasi dalam semua aspek penyelidikan.
Ketika kecelakaan terjadi daÂlam teritorial Indonesia, KemenÂterian Perhubungan akan meÂmimpin penyelidikan.
Akses penyelidikan apa saja yang dapat dilakukan tim Rusia?
Selama penyelidikan, penyidik berhak atas semua aspek investiÂgasi, di bawah kendali penyidik yang bertanggung jawab. Secara khusus mereka diperbolehkan untuk mengunjungi tempat keÂjadian untuk memeriksa reruntuÂhan. Memiliki akses ke semua bukti. Menerima salinan dari seÂmua dokumen terkait. BerpartisiÂpasi dalam readouts media rekaÂman. Berpartisipasi dalam off-scene kegiatan investigasi.
Misalnya komponen pemerikÂsaan, briefing teknis dan berparÂtisipasi dalam pertemuan perÂkemÂbangan penyidikan termasuk pertimbangan yang berkaitan dengan analisis, temuan, penyeÂbab dan rekomendasi keselaÂmatan.
Terbuka untuk melakukan disÂkusi dua arah antara para peÂneÂliti, dari awal selama fase penÂcarian fakta sampai ke tahap analisis, selama penyelidikan berÂlangsung.
Apa sebenarnya isi percakaÂpan antara pilot dengan petuÂgas Air Traffic Controller seÂbelum kecelakaan?
Dokumennya sudah saya peÂgang, ada sama saya. Tapi saya belum bisa dipublikasikan. NantiÂlah dijelaskan ya.
Dokumennya sudah saya peÂgang, ada sama saya. Tapi saya belum bisa dipublikasikan. NantiÂlah dijelaskan ya.
Dengan penyelidikan ini, apaÂkah akan terungkap siapa berÂtanggung jawab dalam keÂcelakaan ini?
Investigasi KNKT tidak berÂmaksud untuk menentukan dan mencari kesalahan seseorang. Bukan untuk tujuan memproses kecelakaan tersebut ke pengaÂdilan. Pelaksanaan investigasi yang dilakukan KNKT selalu didasarkan pada tiga asas yang berlaku internasional yaitu no blame, no judicial, no liability. Yaitu investigasi atau penyeliÂdiÂkan kecelakaan untuk mengungÂkap apa, mengapa, dan bagaiÂmana kecelakaan tersebut bisa terjadi. Menemukan rangkaian peÂnyebab dan faktor yang berÂkonÂtribusi terhadap kecelakaan serta memperbaiki sistem atau proses yang lemah dan keliru untuk dapat diperbaiki melalui suatu rekomendasi safety kepada semua instansi terkait.
Selain Rusia, apa ada negara lain yang terlibat dalam penyeÂlidikan ini?
Investigasi ini akan melibatkan tiga negara yaitu Indonesia, Rusia dan Perancis. Sebab, Perancis selaku pembuat mesin pesawat, sehingga wajar ikut melakukan investigasi. [Harian Rakyat Merdeka]
Populer
Rabu, 24 Desember 2025 | 07:26
Kamis, 25 Desember 2025 | 15:01
Selasa, 23 Desember 2025 | 04:16
Jumat, 26 Desember 2025 | 14:06
Senin, 22 Desember 2025 | 17:57
Rabu, 24 Desember 2025 | 21:17
Sabtu, 20 Desember 2025 | 12:33
UPDATE
Sabtu, 27 Desember 2025 | 08:07
Sabtu, 27 Desember 2025 | 07:48
Sabtu, 27 Desember 2025 | 07:32
Sabtu, 27 Desember 2025 | 07:17
Sabtu, 27 Desember 2025 | 07:03
Sabtu, 27 Desember 2025 | 06:38
Sabtu, 27 Desember 2025 | 06:21
Sabtu, 27 Desember 2025 | 06:13
Sabtu, 27 Desember 2025 | 06:06
Sabtu, 27 Desember 2025 | 05:47