Berita

Ilustrasi: BigBox AI.(Foto: Telkom)

Tekno

AI BigBox Telkom Bantu Fintech Verifikasi Identitas Pelanggan via e-KYC

SABTU, 15 NOVEMBER 2025 | 03:26 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Penerapan Electronic Know Your Customer (e-KYC) menjadi semakin vital dalam layanan jasa keuangan, terutama layanan pembayaran online.
 
Regulasi mewajibkan verifikasi identitas guna menjamin keamanan transaksi seperti pengelolaan uang elektronik, dompet digital, maupun transfer dana yang disediakan oleh perusahaan Financial Technology (Fintech). 

Proses e-KYC juga berperan penting untuk memastikan sistem hanya diakses oleh pihak yang sah, sehingga dapat mengurangi risiko penipuan atau penyalahgunaan.
 

 
Kini, proses e-KYC tersebut dapat didukung oleh solusi Al BigBox dari Telkom Solution, bagian dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom). BigBox hadir untuk membantu fintech melakukan verifikasi identitas pelanggan dengan teknologi e-KYC berbasis Al yang diklaim menyeluruh, cepat, dan akurat.

AI BigBox menyediakan tiga kapabilitas utama dalam meningkatkan proses e-KYC. Pertama, Optical Character Recognition atau OCR yang mampu mengekstrak data KTP menjadi format digital secara otomatis. Kedua, Face Liveness Detection yang dapat memverifikasi keaslian wajah pengguna. Ketiga, Face Similarity untuk mencocokkan wajah pengguna dengan foto pada KTP sehingga memastikan kesesuaian identitas.

Salah satu perusahaan yang telah memanfaatkan layanan ini adalah PT Bimasakti Multi Sinergi (Bimasakti), sebuah fintech yang berfokus pada layanan pembayaran elektronik (e-payment). Bimasakti membutuhkan proses e-KYC yang cepat dan andal sebagai kunci untuk menjaga kepercayaan dan keamanan pengguna sekaligus mendukung layanan yang lebih optimal.
 
Layanan Al BigBox terbukti mampu mengotomatisasi proses verifikasi identitas, meningkatkan kecepatan dan akurasi e-KYC di Bimasakti. 

E-Payment Solution Manager Bimasakti, Rizal Mashuri mengungkapkan, "Sejak memanfaatkan Al BigBox, proses e-KYC kami menjadi lebih cepat dan akurat, memungkinkan onboarding pelanggan dalam hitungan menit sekaligus berdampak positif terhadap efisiensi administrasi dan operasional perusahaan secara signifikan".
 
Lebih lanjut, EGM Digital Product Telkom Indonesia, Komang Budi Aryasa, menyampaikan bahwa Al BigBox dihadirkan untuk membantu perusahaan meningkatkan efisiensi dan daya saing melalui inovasi digital yang berkelanjutan, sekaligus memperkuat kepercayaan dan keamanan layanan finansial.

Populer

Bobby dan Raja Juli Paling Bertanggung Jawab terhadap Bencana di Sumut

Senin, 01 Desember 2025 | 02:29

NU dan Muhammadiyah Dikutuk Tambang

Minggu, 30 November 2025 | 02:12

Usut Tuntas Bandara Ilegal di Morowali yang Beroperasi Sejak Era Jokowi

Senin, 24 November 2025 | 17:20

Padang Diterjang Banjir Bandang

Jumat, 28 November 2025 | 00:32

Sergap Kapal Nikel

Kamis, 27 November 2025 | 05:59

Peluncuran Tiga Pusat Studi Baru

Jumat, 28 November 2025 | 02:08

Bersihkan Sisa Bencana

Jumat, 28 November 2025 | 04:14

UPDATE

Duka Banjir di Sumatera Bercampur Amarah

Jumat, 05 Desember 2025 | 06:04

DKI Rumuskan UMP 2026 Berkeadilan

Jumat, 05 Desember 2025 | 06:00

PIER Proyeksikan Ekonomi RI Lebih Kuat pada 2026

Jumat, 05 Desember 2025 | 05:33

Pesawat Perintis Bawa BBM

Jumat, 05 Desember 2025 | 05:02

Kemenhut Cek Kayu Gelondongan Banjir Sumatera Pakai AIKO

Jumat, 05 Desember 2025 | 05:00

Pemulihan UMKM Terdampak Bencana segera Diputuskan

Jumat, 05 Desember 2025 | 04:35

Kaji Ulang Status 1.038 Pelaku Demo Ricuh Agustus

Jumat, 05 Desember 2025 | 04:28

Update Korban Banjir Sumatera: 836 Orang Meninggal, 509 Orang Hilang

Jumat, 05 Desember 2025 | 04:03

KPK Pansos dalam Prahara PBNU

Jumat, 05 Desember 2025 | 03:17

Polri Kerahkan Kapal Wisanggeni 8005 ke Aceh

Jumat, 05 Desember 2025 | 03:03

Selengkapnya