Bank Mandiri terus berkomitmen berinovasi dalam layanan keuangan dan gaya hidup nasabah guna mengakselerasi pertumbuhan ekonomi kerakyatan.
Melalui transformasi digital, bank bersandi saham BMRI menghadirkan tiga solusi andalan yaitu SuperApp Livin’ by Mandiri untuk nasabah ritel, SuperPlatform Kopra by Mandiri bagi pebisnis hingga wholesale, dan Livin’ Merchant untuk pelaku UMKM.
Senior Vice President (SVP) Digital Wholesale Banking Bank Mandiri, BD Budi Prasetyo, mengatakan inovasi menjadi bagian strategis Bank Mandiri dalam menghadirkan ekosistem digital end-to-end untuk mendorong pertumbuhan bisnis berkelanjutan.
“Sehingga memberikan pengalaman yang lebih unggul bagi nasabah wholesale, pebisnis, UMKM, hingga ritel,” ujarnya, Minggu, 10 Agustus 2025.
Menurutnya, volume transaksi Kopra by Mandiri melonjak 13 persen year on year (yoy) menjadi 583 juta transaksi dengan nilai tumbuh 19 persen yoy menjadi lebih dari Rp10.000 triliun per Mei 2025.
Livin’ Merchant mencatat pertumbuhan pengguna 13 persen yoy menjadi 2,7 juta, sedangkan pengguna Livin’ by Mandiri naik 24 persen yoy menjadi 31,6 juta dengan volume transaksi 1,83 miliar kali atau tumbuh 26 persen yoy, senilai Rp1.744 triliun.
Atas kinerja tersebut, Bank Mandiri meraih enam penghargaan internasional dalam ajang The Digital Banker – Global Transaction Banking Innovation Awards 2025, termasuk Best Bank for Cash Management in Indonesia, Best Bank for Supply Chain Finance in Indonesia, Best Bank for Trade Finance in Indonesia, hingga Best Digital Payments Initiative.
Budi menjelaskan Kopra by Mandiri kini melayani korporasi, institusi keuangan, pemerintah, hingga UKM, dengan layanan cash management, trade, dan value chain.
“Spesifik pada layanan Value Chain, Kopra by Mandiri melayani kebutuhan nasabah yang melibatkan baik principal, supplier, atau distributor untuk pengajuan dan penerimaan invoice, maupun permintaan pembayaran invoice. Kopra to Livin’ Financing hadir sebagai solusi value chain guna mempercepat proses penagihan pembayaran invoice langsung ke akun Livin’ pemasok,” paparnya.
Untuk ritel, Livin’ by Mandiri memiliki lebih dari 150 fitur mencakup saving, moving, borrowing, growing, hingga lifestyle dan loyalty. Sementara Livin’ Merchant menjadi point of sales versi mobile terlengkap di industri perbankan, dengan 60 persen pengguna berasal dari non-urban areas.
“Proses onboarding cepat hanya dalam 8 menit… Bebas biaya berlangganan bulanan serta 0% MDR QRIS. Selain itu, pencairan atau settlement 3x sehari ke rekening merchant,” jelas Budi.
“Dedikasi para Mandirian menjadi elemen penting di balik pencapaian ini. Konsistensi dalam menjaga kualitas layanan dan membangun kepercayaan nasabah menjadi fondasi Bank Mandiri dalam mempertahankan kinerja unggul di tengah tantangan pasar yang terus berubah,” pungkasnya.