Berita

Opanchu Usagi, karakter yang tengah populer di Jepang/Nikkei

Bisnis

Investasi Rp4,2 Triliun, Jepang Siap Jualan Karakter Opanchu Usagi di Tiongkok

SELASA, 22 OKTOBER 2024 | 13:18 WIB | LAPORAN: RENI ERINA

Perusahaan dagang Jepang Itochu bermaksud membangun pasar senilai lebih dari 40 miliar Yen (Rp4,2 triliun) di Tiongkok dan tempat lain untuk menjual karakter Opanchu Usagi yang sedang populer di negara itu.

Berbicara pada Senin, 21 Oktober 2024, Itochu mengatakan bahwa mereka telah memperoleh hak lisensi untuk Opanchu Usagi untuk pasar Asia selain Jepang dan Korea Selatan. 

Karakter Opanchu Usagi, yang namanya diterjemahkan sebagai "Kelinci Celana Dalam," diciptakan oleh seorang seniman yang dikenal dengan nama Kawaisouni. Karakter tersebut menjadi populer di Jepang melalui konten manga yang dipublikasikan di platform media sosial X.

Dikutip dari Nikkei Asia, perusahaan afiliasi Itochu, Rights & Brands Asia (RBA) di Hong Kong akan menjadi pemegang sublisensi dan memperoleh komisi dari penggunaan merek tersebut oleh perusahaan untuk membuat boneka, alat tulis, dan barang-barang lainnya. 

RBA berencana untuk meluncurkan versi Mandarin dari konten media sosial tersebut di platform seperti Xiaohongshu.

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka bermaksud untuk meningkatkan nilai penjualan kotor Opanchu Usagi menjadi lebih dari 40 miliar yen per tahun pada sekitar tahun 2026.

Menurut "Studi Industri Lisensi Global" dari Licensing International, Tiongkok adalah pasar terbesar keempat di dunia berdasarkan pendapatan dari barang dagangan dan layanan berlisensi dan bernilai 13,77 miliar Dolar AS pada tahun 2023, meningkat 9,6 persen dari tahun sebelumnya.

RBA, yang mendirikan anak perusahaan yang berbasis di Shanghai pada bulan Mei, telah memiliki hak lisensi untuk sekitar 10 kekayaan intelektual, termasuk karakter Finlandia Moomin. Menurut Itochu, nilai penjualan kotor konten ini saat ini di pasar RBA mencapai miliaran yen.

Zhang Borui, peneliti senior di Hakuhodo Institute of Life and Living Shanghai, mengatakan karakter yang dikembangkan di X seperti Chiikawa mudah dipahami oleh masyarakat Tiongkok karena memiliki latar belakang cerita yang sederhana.

"Konsumen Tiongkok biasanya mengenal karakter baru melalui stiker di platform media sosial seperti WeChat," kata Zhang.

"Karakter tradisional, seperti di One Piece dan Harry Potter, memiliki alur cerita yang panjang dan rumit, yang berarti ada kemungkinan besar penggemar serius akan menentang Anda jika Anda membagikannya (dengan orang lain) tanpa memahami ceritanya dengan baik," ujarnya.

Populer

Jaksa Agung Tidak Jujur, Jam Tangan Breitling Limited Edition Tidak Masuk LHKPN

Kamis, 21 November 2024 | 08:14

MUI Imbau Umat Islam Tak Pilih Pemimpin Pendukung Dinasti Politik

Jumat, 22 November 2024 | 09:27

Kejagung Periksa OC Kaligis serta Anak-Istri Zarof Ricar

Selasa, 26 November 2024 | 00:21

Rusia Siap Bombardir Ukraina dengan Rudal Hipersonik Oreshnik, Harga Minyak Langsung Naik

Sabtu, 23 November 2024 | 07:41

Ini Identitas 8 Orang yang Terjaring OTT KPK di Bengkulu

Minggu, 24 November 2024 | 16:14

Sikap Jokowi Munculkan Potensi konflik di Pilkada Jateng dan Jakarta

Senin, 25 November 2024 | 18:57

Legislator PKS Soroti Deindustrialisasi Jadi Mimpi Buruk Industri

Rabu, 20 November 2024 | 13:30

UPDATE

Sehari Usai Pencoblosan, Pj Gubernur DKI Lantik Walikota Jakpus

Kamis, 28 November 2024 | 22:00

Timses Zahir-Aslam Kena OTT Dugaan ‘Money Politik’ di Pilkada Batubara

Kamis, 28 November 2024 | 21:51

Polri Perkuat Kerja Sama Bareng Dukcapil Kemendagri

Kamis, 28 November 2024 | 21:49

KPK Tahan 3 Ketua Pokja Paket Pekerjaan Perkeretaapian DJKA

Kamis, 28 November 2024 | 21:49

Firli Bahuri Tak Hadiri Pemeriksaan Polisi karena Ada Pengajian

Kamis, 28 November 2024 | 21:25

Ini Kebijakan Baru Mendikdasmen Untuk Mudahkan Guru

Kamis, 28 November 2024 | 21:22

Rupiah Terangkat Pilkada, Dolar AS Masih di Rp15.800

Kamis, 28 November 2024 | 21:13

Prabowo Menangis di Depan Ribuan Guru Indonesia

Kamis, 28 November 2024 | 21:11

Pengamat: RK-Suswono Kalah karena Meremehkan Pramono-Doel

Kamis, 28 November 2024 | 21:04

Perbaiki Tata Ekosistem Logistik Nasional, Mendag Budi Sosialisasi Aturan Baru

Kamis, 28 November 2024 | 21:02

Selengkapnya