Berita

Ilustrasi/Ist

Bisnis

Kini, Analisis Sentimen Pelanggan Bisa Diukur Lewat BigBox

RABU, 25 SEPTEMBER 2024 | 10:44 WIB | LAPORAN: ADITYO NUGROHO

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) yang kini bertransformasi sebagai perusahaan digital telco telah bertumbuh bersama masyarakat Indonesia selama puluhan tahun. Telkom terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dengan mengutamakan kepuasan pelanggan. 

Agar pemahaman terhadap kebutuhan pelanggan semakin lebih baik sehingga pelayanan yang diberikan optimal, Telkom berinovasi dengan mengadopsi teknologi berbasis data yang digerakkan oleh Artificial Intelligence (AI).

Salah satu teknologi AI yang digunakan mampu menganalisis data pelanggan dengan metode Natural Language Processing (NLP) yang bisa memahami bahasa Indonesia sehari-hari. Teknologi mutakhir ini memungkinkan untuk mengukur emosi pelanggannya dengan akurat dan mengumpulkan umpan balik pelanggan melalui teks. Dengan begitu, Telkom dapat meningkatkan kualitas layanan yang diberikan sekaligus menjaga kepuasan serta loyalitas pelanggannya.

“Inovasi yang kami lakukan menjadi bagian dari komitmen Telkom untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Seperti memanfaatkan teknologi AI yang dapat mengenali dan memahami kebutuhan pelanggan. Teknologi AI juga dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha dari berbagai sektor,” ujar EVP Digital Business and Technology Telkom Komang Budi Aryasa dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (25/9).

NLP bisa melakukan analisis sentimen untuk mengidentifikasi emosi pelanggan yang positif, negatif, maupun netral, kemudian dijabarkan ke dalam teks digital dengan hasil akurasi yang cukup tinggi. Data analisis yang diperoleh dari NLP memberikan wawasan berharga bagi pelaku usaha dalam menentukan prioritas untuk meningkatkan kualitas produknya.

Lebih lanjut, NLP juga berguna untuk mengekstraksi topik dari data ke bentuk teks yang disampaikan oleh pelanggan. Sistem ini bisa dimanfaatkan untuk mengidentifikasi topik-topik utama yang sering dibicarakan oleh pelanggan, seperti di media sosial. Dengan memahami topik-topik pelanggan, Telkom dapat mengambil tindakan yang lebih tepat dan relevan guna meningkatkan layanan produknya.

BigBox sebagai Solusi AI Tawarkan Analisis Sentimen untuk Pelaku Usaha. Kesuksesan TelkomGroup selama puluhan tahun juga bisa diikuti oleh para pelaku usaha di Indonesia dengan menerapkan strategi cerdas serupa. 

Untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan, pelaku usaha dari berbagai sektor industri di tanah air bisa memanfaatkan BigBox untuk menganalisis data sentimen pelanggan melalui dukungan solusi AI.

BigSocial dari BigBox merupakan layanan yang menggabungkan teknologi Big Data dan AI. BigSocial dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, melalui analisa tren, merek, isu sosial politik dan ekonomi, personal brand, dan hal lainnya di media sosial maupun media massa daring. Teknologi Big Data berfungsi untuk menarik data dari berbagai media sosial dan media daring, sementara AI bertugas untuk memetakan sentimen dan emosi dari data yang telah dihimpun.

Metode NLP yang ada di BigSocial mampu membaca artikel dan unggahan di media sosial maupun media daring secara real-time, kemudian melakukan analisis sentimen dengan memetakan sentimen dan emosi dari data yang telah dianalisis. Hasil analisa data dari BigSocial bisa dengan mudah dimengerti karena ditampilkan dalam satu dashboard. 

BigSocial dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang dinamika percakapan di dunia digital, serta membantu pelaku usaha meningkatkan produktivitas perusahaan lewat pengambilan keputusan yang lebih tepat dan strategis. Selain itu, BigSocial juga berhasil menelusuri lebih dari 10 ribu kanal media dan telah melakukan crawling data sebanyak lebih dari 800 juta postingan baik di sosial media maupun media digital lainnya seperti online news, blog, dan forum online.

Hingga saat ini, BigBox telah dipercaya oleh berbagai sektor industri, lembaga, hingga pemerintahan, berkat solusi end-to-end yang mencakupi analitik data, manajemen cloud, hingga pengembangan aplikasi khusus. Hal ini memberikan kenyamanan bagi pelanggan karena semua kebutuhan teknologi mereka dapat dipenuhi dalam satu tempat. Tidak hanya BigBox, Leap Telkom Digital juga memayungi berbagai produk dan layanan digital Telkom lainnya yang membawa semangat membangun negeri melalui digitalisasi.

Populer

Demo di KPK, GMNI: Tangkap dan Adili Keluarga Mulyono

Jumat, 20 September 2024 | 16:22

Mantan Menpora Hayono Isman Teriak Tanah Keluarganya Diserobot

Jumat, 20 September 2024 | 07:04

KPK Ngawur Sebut Tiket Jet Pribadi Kaesang Rp90 Juta

Rabu, 18 September 2024 | 14:21

Kaesang Kucing-kucingan Pulang ke Indonesia Naik Singapore Airlines

Rabu, 18 September 2024 | 16:24

Fufufafa Diduga Hina Nabi Muhammad, Pegiat Medsos: Orang Ini Pikirannya Kosong

Rabu, 18 September 2024 | 14:02

Kaesang Bukan Nebeng Private Jet Gang Ye, Tapi Pinjam

Rabu, 18 September 2024 | 03:13

Makin Ketahuan, Nomor Ponsel Fufufafa Dicantumkan Gibran pada Berkas Pilkada Solo

Senin, 23 September 2024 | 09:10

UPDATE

Sirkuit Mandalika Dapat Pujian dari Alex dan Marc Marquez

Jumat, 27 September 2024 | 20:07

Jokowi Bakal Serahkan Tanda Kehormatan untuk KRI Nanggala 402

Jumat, 27 September 2024 | 20:05

Singgung Masalah Keluarga, Paslon Nadi Dinilai Diskreditkan Perempuan

Jumat, 27 September 2024 | 19:47

Gugatan Praperadilan Ditolak, Status Tersangka Halim Ali Makin Kuat

Jumat, 27 September 2024 | 19:28

Aset Bank Mandiri Tumbuh 46 Persen Sejak 2020

Jumat, 27 September 2024 | 19:18

Akademisi: Jaksa Tidak Berwenang Jadi Penyidik Kasus Korupsi

Jumat, 27 September 2024 | 19:15

Shigeru Ishiba Menang Pemilu LDP, Siap Jadi PM Jepang Berikutnya

Jumat, 27 September 2024 | 19:14

AHY Resmikan Program Perbaikan Rumah di Jakarta Pusat

Jumat, 27 September 2024 | 18:56

Septic Tank di Tiongkok Meledak, Tinja Menyembur Hingga 10 Meter

Jumat, 27 September 2024 | 18:52

DKPP Minta Kantor Perwakilan di Setiap Provinsi

Jumat, 27 September 2024 | 18:51

Selengkapnya