Berita

Ketua Korpri KPK, Cahya H. Harefa, menyerahkan donasi untuk korban gempa di Cianjur, Jawa Barat/Ist

Nusantara

Solidaritas Korban Gempa Cianjur, Korpri KPK Serahkan Donasi

RABU, 30 NOVEMBER 2022 | 18:06 WIB | LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL

Sebagai wujud solidaritas dan gotong royong kepada para korban bencana gempa bumi yang melanda wilayah Cianjur dan sekitarnya, Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyerahkan donasi kemanusiaan bagi para korban.

Donasi itu disampaikan langsung oleh Ketua Korpri KPK, Cahya H. Harefa, yang diterima oleh Bupati Cianjur Herman Suherman bersama Sekretaris Daerah Cecep S. Alamsyah di Pendopo Kabupaten Cianjur, Rabu (30/11).

"Mewakili insan KPK, kami menyampaikan rasa keprihatinan yang mendalam kepada para korban bencana. Dalam kesempatan ini kami juga ingin menyampaikan donasi semoga bisa membantu para korban yang terdampak bencana ini," ujar Cahya yang juga merupakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPK kepada wartawan, Rabu sore (30/11).

Donasi yang disampaikan tersebut, merupakan penggalangan dari para insan KPK mulai dari pimpinan, Dewan Pengawas (Dewas), mulai pegawai. Baik dalam bentuk uang tunai maupun barang, seperti makanan dan minuman, pakaian, perlengkapan bayi dan anak-anak, peralatan ibadah, perlengkapan mandi, tikar, selimut, hingga tenda.

Selain ihwal penyampaian donasi ini, KPK juga memberikan perhatian terhadap pendistribusian donasi bagi para korban bencana secara keseluruhan agar tepat sasaran dan tidak terjadi praktik-praktik tindak pidana korupsi.

"Dari histori penanganan perkara oleh KPK, pengelolaan dana bantuan kebencanaan menjadi salah satu modus tindak pidana korupsi para pihak yang menyalahgunakan kewenangannya. Kami tidak ingin hal ini terjadi, oleh karena itu KPK juga memberikan atensi dalam pendistribusian donasi bencana Cianjur ini," pesan Cahya.

Lebih lanjut Cahya menerangkan, KPK melalui Kedeputian Koordinasi Supervisi serta Kedeputian Pencegahan dan Monitoring, secara kontinyu akan melakukan pendampingan kepada pemerintah daerah Cianjur untuk memitigasi dan mencegah terjadinya risiko korupsi tersebut.

Untuk memperlancar pendistribusian donasi ini, Korpri KPK pun menggandeng para komunitas relawan setempat. Agar donasi yang disampaikan tersebut bisa segera didistribusikan langsung kepada para korban yang membutuhkan.

"Semoga teman-teman di Cianjur bisa tetap tabah dan kuat menghadapi cobaan ini, dan yang terpenting tetap memiliki semangat untuk kembali pulih dan bangkit," pungkas Cahya.

Sementara itu, Bupati Herman menyambut baik perhatian dan donasi yang disampaikan oleh KPK. Herman pun berjanji akan segera mendistribusikan bantuan sosial tersebut secara tepat sasaran.

"Dukungan moril dan materiil ini sangat berarti dan menjadi penyemangat bagi kami untuk bisa segera bangkit dari kondisi ini," kata Herman.

Cecep menambahkan, jajaran pemerintah daerah Cianjur memastikan tetap menjalankan roda pemerintahannya untuk melayani masyarakat dalam kondisi darurat ini.

"Pascabencana ini mulai muncul berbagai penyakit akibat sanitasi buruk dan pencemaran lingkungan lainnya seperti diare, demam, juga Ispa. Pemerintah daerah pun intens berkoordinasi dengan pemerintah pusat serta dengan dukungan BUMN/BUMD menanggulangi permasalahan ini, meski harus melaksanakan rapat di tenda-tenda," tutup Cecep.

Populer

Kabar Duka, Lieus Sungkharisma Meninggal Dunia

Selasa, 24 Januari 2023 | 22:59

Herman Khaeron Jamin Duet Anies-AHY Mampu Perbaiki Kondisi Negeri

Minggu, 22 Januari 2023 | 05:51

Ini Permintaan Terakhir Lieus Sungkharisma Sebelum Meninggal Dunia

Rabu, 25 Januari 2023 | 00:19

Syahganda Nainggolan: Lieus Sungkharisma Pejuang Tangguh

Selasa, 24 Januari 2023 | 23:19

Sengkarut Pertarungan Trah Soekarno, Lebih Layak Mega atau Guntur?

Selasa, 24 Januari 2023 | 08:17

Pimpin Jateng 9 Tahun Cuma Berhasil Pangkas 1 Juta Kemiskinan, Gimana jadi Presiden RI?

Senin, 23 Januari 2023 | 15:01

Amatan Rocky Gerung, Jokowi Sedang Preteli Kekuasaan Megawati

Minggu, 22 Januari 2023 | 09:17

UPDATE

Meluas, bank bjb Gelar Workshop Bisnis PESATkan UMKM di Palembang

Selasa, 31 Januari 2023 | 10:26

Lewat Diklatnas, Hima Persis Berharap Kader Peka dengan Martabat Manusia

Selasa, 31 Januari 2023 | 10:25

Presiden Terpilih Ceko Siap Tingkatkan Kerja Sama dengan Taiwan

Selasa, 31 Januari 2023 | 09:53

PSI Gelar Hajatan HUT ke-8, Presiden Jokowi akan Datang

Selasa, 31 Januari 2023 | 09:40

Sentil Stafsus Sri Mulyani, Iwan Sumule: Rasio Utang Aljazair Lebih Tinggi, Tapi Bisa Gratis Banyak Hal

Selasa, 31 Januari 2023 | 09:37

Bolsonaro Ajukan Visa Turis di AS, Hindari Penyelidikan Kerusuhan Brasilia?

Selasa, 31 Januari 2023 | 09:28

Serangan Udara Hancurkan Konvoi Truk yang Berisi Senjata dari Iran

Selasa, 31 Januari 2023 | 09:13

Dukungan PKS-Demokrat Bisa Memicu Penjegalan Anies Baswedan Semakin Kencang

Selasa, 31 Januari 2023 | 09:03

Joe Biden Siap Akhiri Darurat Covid-19 AS pada 11 Mei

Selasa, 31 Januari 2023 | 08:56

Targetkan 75 Persen Suara, Gerindra Kota Bogor Optimistis Menangkan Prabowo pada Pilpres 2024

Selasa, 31 Januari 2023 | 08:53

Selengkapnya