Berita

Minyak ikan/BBC

Dunia

Minyak Ikan Tak Terbukti Tingkatkan Perkembangan Otak Bayi

RABU, 22 MARET 2017 | 15:25 WIB | LAPORAN: AMELIA FITRIANI

Mengkonsumsi minyak ikan semasa kehamilan ternyata tidak terbukti mampu meningkatkan perkembangan otak bayi.

Begitu hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh sekelompok ilmuan dari Insititut Penelitian Kesehatan Medis Australia.

Peserta diberikan suplemen minyak ikan setiap hari atau plasebo.


Hasilnya ditemukan mengambil dosis 800mg asam docosahexaenoic (DHA), asam omega-3 dalam minyak ikan tidak berdampak pada kecerdasan bayi.

Penelitian ini dilakukan selama 10 tahun terhadap lebih dari 2.500 wanita hamil.

Minyak ikan diketahui kerap disebut-sebut sebagai supkemen prenatal yang baik bagi perkembangan otak sang janin.

"Jika seorang wanita hamil sehat dan melakukan diet seimbang, maka perkembangan otak bayi tidak akan mendapatkan keuntungan dari suplemen minyak ikan ini," kata penulis studi Dr Jacqueline Gould.

Lebih lanjuta Dr Gould mengatakan bahwa penelitian yang dimuat dalam Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa minyak ikan mungkin terkait dengan kehamilan lagi.
 
"Apa itu berarti adalah, ada sedikit lebih sedikit anak prematur yang lahir," kata Dr Gould seperti dimuat BBC.

"Kami saat ini sedang berusaha untuk memvalidasi bahwa dalam studi yang jauh lebih besar," tambahnya. [mel]

Populer

Ketika Jenderal Memimpin yang Bukan Bidangnya

Kamis, 04 Juni 2026 | 00:15

Nama Raffi Ahmad Muncul di Sidang Blueray Cargo, Pengacara Minta Pemeriksaan Menyeluruh

Minggu, 07 Juni 2026 | 21:11

Tiga Pensiunan Jenderal Nyungsep Gegara Tersandung Kasus

Jumat, 05 Juni 2026 | 03:16

KPK Dikabarkan OTT Pejabat Imigrasi Jakarta Barat, Diduga Terkait TKA

Rabu, 03 Juni 2026 | 07:33

Rita Widyasari: Dari Suap, Gratifikasi dan TPPU hingga Korporasi Tambang

Rabu, 03 Juni 2026 | 17:07

Ketika Pencalonan Ryamizard Ryacudu sebagai Panglima TNI Dianulir SBY

Selasa, 02 Juni 2026 | 03:18

Dadan Hindayana Kena Batunya

Rabu, 03 Juni 2026 | 01:04

UPDATE

Wall Street Lesu, Nasdaq Anjlok Paling Dalam

Rabu, 10 Juni 2026 | 08:20

Tok! Pertamax Naik Drastis Jadi Rp16.250 per Liter Mulai Hari Ini

Rabu, 10 Juni 2026 | 08:02

Peringati 100 Hari Perang, Ghalibaf Puji Keteguhan Rakyat Iran

Rabu, 10 Juni 2026 | 07:49

Logam Mulia Melemah, Pasar Waspadai Lonjakan Inflasi AS

Rabu, 10 Juni 2026 | 07:39

JIS Diburu Sponsor, Jakpro Mulai Proses Tender Naming Rights

Rabu, 10 Juni 2026 | 07:27

AS Gempur Iran Setelah Helikopter Apache Ditembak Jatuh di Selat Hormuz

Rabu, 10 Juni 2026 | 07:16

Saham Teknologi dan Perbankan Tertekan, Bursa Eropa Ditutup Lesu

Rabu, 10 Juni 2026 | 07:05

Ditopang Geng Solo dan Golkar, Duet Gibran-Bahlil Bisa jadi Efek Kejut di Pilpres 2029

Rabu, 10 Juni 2026 | 06:58

Iran Disebut Memiliki Tiga Senjata Nuklir yang Bikin AS-Israel Ketar-ketir

Rabu, 10 Juni 2026 | 06:30

Lagu ‘MBG’ Sarana Efektif Dongkrak Popularitas Bahlil Menuju Pilpres 2029

Rabu, 10 Juni 2026 | 06:01

Selengkapnya