Berita

Website Perlindungan Nasabah

Oleh: Hamidatul Imamah
SELASA, 27 DESEMBER 2011 | 16:19 WIB

BANK Indonesia terus melakukan berbagai upaya untuk mendorong peningkatan perlindungan nasabah, termasuk melakukan penambahan menu khusus Informasi dan Edukasi Konsumen dalam Website Bank Indonesia. Upaya tersebut antara lain dilatarbelakangi data Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) pada tahun 2010 yang menyebutkan bahwa pengaduan terkait dengan perbankan menduduki posisi kedua terbesar setelah pengaduan mengenai telekomunikasi.

Pengaduan perbankan antara lain terkait pengaduan tentang alat pembayaran berbasis kartu (kartu kredit, kartu debit, dan e-money) serta yang terkait dengan kredit dan simpanan (tabungan dan deposito).

Bank Indonesia memandang bahwa upaya terbaik untuk melakukan perlindungan nasabah perbankan adalah dengan melakukan edukasi secara terukur dan terarah. Melalui edukasi keuangan tersebut, diharapkan masyarakat akan dapat dengan bijak memilih produk dan jasa perbankan dengan filosofi 3 P, yaitu pastikan manfaatnya, pahami risikonya, serta perhatikan biayanya.


Selanjutnya, agar implementasi program edukasi dapat dilakukan secara lebih terukur dan terarah, Bank Indonesia bersama industri perbankan juga telah menyusun blueprint program edukasi perbankan yang merupakan acuan pelaksanaan edukasi secara individu maupun kolektif.
 
Salah satu upaya Bank Indonesia dalam mendorong perlindungan nasabah adalah dengan menyediakan Menu Khusus Informasi dan Edukasi Konsumen dalam website Bank Indonesia yang telah diluncurkan pada tanggal 1 Juli 2011. Hal tersebut ditujukan untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh informasi yang terkait dengan jasa keuangan khususnya perbankan serta alat pembayaran.

Dengan demikian, masyarakat akan dapat melindungi dirinya sendiri dalam bertransaksi dengan perbankan sehingga pengaduan konsumen terkait perbankan dapat diminimalisir.

Pemilihan media edukasi melalui website juga didasarkan pada data dari Effective Measure (perusahaan riset asal Australia yang memiliki spesialisasi dalam pengukuran statistik web), yang menyebutkan bahwa  pengguna internet di Indonesia di tahun 2011 telah mencapai sekitar 39,1 juta orang (peringkat ke-8 di dunia) dimana 61,88 persennya dilakukan dengan mengakses melalui ponsel.

Pesatnya pertumbuhan penggunaan internet mobil di Indonesia, perlu ditangkap sebagai peluang yang sangat potensial untuk dapat melakukan edukasi keuangan secara lebih inklusif guna menjangkau kalangan masyarakat yang lebih luas.

Untuk mempermudah akses masyarakat, menu ini ditampilkan pada halaman muka website Bank Indonesia. Informasi yang ada dalam menu khusus tersebut antara lain penjelasan tentang produk dan jasa perbankan, transparansi produk, mekanisme pengaduan nasabah, mekanisme mediasi perbankan, simulasi perhitungan bunga dan bagi hasil, alat pembayaran dan transfer dana, informasi debitur, mengenal rupiah, serta tips yang dapat digunakan oleh masyarakat dalam pemanfaatan produk keuangan dan alat pembayaran. Materi yang disampaikan dalam menu juga disesuaikan dengan beberapa target segmen pembaca seperti segmen dewasa dan anak.

Bagi masyarakat yang akan mengakses menu khusus ini, dapat memilih menu “Informasi dan Edukasi Konsumen” yang ada pada website Bank Indonesia atau dengan mengetik alamat.

*) Peneliti Junior, Direktorat Penelitian dan Pengaturan Perbankan




Populer

Masih Sibuk di Jogja, Pimpinan KPK Belum Tahu OTT di Lampung Tengah

Selasa, 09 Desember 2025 | 14:21

Pura Jadi Latar Film Porno, Hey Bali: Respons Aparat Dingin

Selasa, 09 Desember 2025 | 21:58

Kebun Sawit Milik POSCO Lebih dari Dua Kali Luas Singapura

Senin, 08 Desember 2025 | 19:12

Mahfud MD soal Bencana Sumatera: Menyuruh Pejabat Mundur Tidak Relevan

Rabu, 10 Desember 2025 | 05:53

Cegah Penimbunan BBM

Jumat, 05 Desember 2025 | 02:00

Polri Kerahkan Kapal Wisanggeni 8005 ke Aceh

Jumat, 05 Desember 2025 | 03:03

Pesawat Perintis Bawa BBM

Jumat, 05 Desember 2025 | 05:02

UPDATE

Denny Indrayana Ingatkan Konsekuensi Putusan MKMK dalam Kasus Arsul Sani

Selasa, 16 Desember 2025 | 01:30

HAPPI Dorong Regulasi Sempadan Pantai Naik Jadi PP

Selasa, 16 Desember 2025 | 01:22

Pembentukan Raperda Penyelenggaraan Pasar Libatkan Masyarakat

Selasa, 16 Desember 2025 | 01:04

Ijazah Asli Jokowi Sama seperti Postingan Dian Sandi

Selasa, 16 Desember 2025 | 00:38

Inovasi Jadi Kunci Hadapi Masalah Narkoba

Selasa, 16 Desember 2025 | 00:12

DPR: Jangan Kasih Ruang Pelaku Ujaran Kebencian!

Selasa, 16 Desember 2025 | 00:06

Korban Meninggal Banjir Sumatera Jadi 1.030 Jiwa, 206 Hilang

Senin, 15 Desember 2025 | 23:34

Bencana Sumatera, Telaah Konstitusi dan Sustainability

Senin, 15 Desember 2025 | 23:34

PB HMI Tegaskan Putusan PTUN terkait Suhartoyo Wajib Ditaati

Senin, 15 Desember 2025 | 23:10

Yaqut Cholil Masih Saja Diagendakan Diperiksa KPK

Senin, 15 Desember 2025 | 23:07

Selengkapnya