Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pagi Ini, Siswa dari 51 Sekolah di Bandung akan Antar Eril ke Peristirahatan Terakhirnya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Senin, 13 Juni 2022, 02:40 WIB
Pagi Ini, Siswa dari 51 Sekolah di Bandung akan Antar Eril ke Peristirahatan Terakhirnya
Almarhum Emmeril Kahn Mumtadz/Net
rmol news logo Rasa kehilangan atas wafatnya putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Emmeril Kahn Mumtadz menjadi duka seluruh lapisan masyarakat. Ada banyak cara untuk mengantarkan kepulangan Eril sebelum dimakamkan pada hari ini Senin (13/5).

Terbaru, para pelajar dari 51 sekolah di Kota dan Kabupaten Bandung berinisiatif memberikan doa dan melantunkan salawat kepada almarhum Eril saat berangkat dari Gedung Pakuan menuju pemakaman di pemakaman keluarga di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin (13/6) pukul 09.00 WIB.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dedi Supandi mengatakan, pihak mendapatkan aspirasi dari forum siswa, komunitas pelajar, dan organisasi yang berinisiatif mendoakan Eril.

Dedi menyatakan bahwa nantinya para pelajar akan berdiri di sejumlah titik pada rute yang akan dilalui jenazah Eril menuju pemakaman.

"Mereka akan memberikan penghormatan, mendoakan, dan salawat kepada jenazah ananda Eril di sepanjang rute perjalanan menuju makam," kata Dedi seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJabar, Minggu (12/6).

Usulan itu disambut baik oleh Dedi. Sebagai orang nomor satu di Dinas Pendidikan Jawa Barat dirinya merestui inisiatif dari para pelajar. Terutama, bagi para pelajar di sekolah yang masuk dalam rute iring-iringan pengantar jenazah Eril.

"Saya mempersilakan kepada siswa dan siswi. Karena ananda Eril ini kan putra dari pemimpin kita di Jabar," lanjutnya.

Meski mengizinkan, Dedi meminta para pelajar dapat tertib dalam menyampaikan doa dan melantunkan salawat bagi Eril.

"Mungkin ada yang akan membawa bunga, silakan. Tapi mohon yang tertib, saat berdiri di sepanjang jalan rute yang dilalui oleh jenazah," ucapnya.

Dedi menilai sosok almarhum Eril memang pantas dijadikan panutan dari segi akademik dan pribadinya. Hal itu pun yang dijadikan alasan para pelajar untuk menyampaikan doa dan melantunkan salawat bagi Eril sebagai penghormatan terakhir.

Di mata Dedi, sosok Eril patut diteladani karena komitmennya peduli kepada orang sekitarnya.

"Sebelum mengalami musibah di Sungai Aare pun almarhum memastikan keluarganya untuk safety," terangnya.

Dedi menjelaskan, mengantarkan dan memberikan penghormatan kepada jenazah tidak hanya dianjurkan dalam agama. Akan tetapi,  sebagai indikasi pemahaman atas kehidupan sosial.

"Saya harap siswa siswi dapat memberikan doa yang terbaik untuk ananda Eril. Dan tentunya, mendoakan keluarga Pak Gubernur agar senantiasa diberikan ketabahan dan kekuatan," jelasnya.

Dedi menambahkan, pelajar dari 51 sekolah akan memanjatkan doa di sepanjang rute yang akan dilalui oleh jenazah Eril menuju pemakaman. Sekolah itu terdiri dari tingkat SMA, SMK, maupun SLB yang berada di Kota Bandung, Cimahi, dan Kabupaten Bandung.

Rencananya, jenazah Eril akan diberangkatkan dari Gedung Pakuan pukul 09.00 WIB menuju Cimaung Kabupaten Bandung. Adapun rute yang akan dilewati, yaitu mulai Jalan Wastukencana menuju Tol Pasteur kemudian masuk Tol Seroja dan langsung ke Cimaung, Kabupaten Bandung.

Sebanyak 17 sekolah di wilayah Kota Bandung dan Cimahi ajan terlibat dalam insiatif tersebut. Para pelajar akan melantunkan doa di sekitar Gedung Pakuan-Jalan Kebon Kawung-Jalan Pasirkaliki sampai pintu Tol Pasteur.

"Nanti setelahnya, keluar di pintu tol Soreang menuju Banjaran, Pangalengan hingga Cimaung ada 34 sekolah," ungkap Dedi.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA