Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Selain Audit Seluruh Perusahaan Sawit, Luhut juga Ingin Pastikan Kantornya Ada di Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 25 Mei 2022, 00:32 WIB
Selain Audit Seluruh Perusahaan Sawit, Luhut juga Ingin Pastikan Kantornya Ada di Indonesia
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan/Net
rmol news logo Usai mendapatkan tugas baru dari Presiden Jokowi menangani persoalan minyak goreng, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan langsung tancap gas dengan berencana mengaudit seluruh perusahaan sawit.

Dikatakan Luhut, audit bagi perusahaan sawit ini akan dimulai pada bulan Juni mendatang. Luhut mengklaim bahwa langkahnya ini merupakan yang pertama dalam sejarah bangsa Indonesia.

"Nanti kami audit juga semua (perusahaan) kelapa sawit yang belum pernah sepanjang sejarah kita lakukan, luasnya berapa, suratnya, HGU-nya (Hak Guna Usaha), HPL (Hak Pengelolaan), statusnya supaya jelas," kata Luhut kepada wartawan di Jakarta, Selasa (24/5).

Tidak hanya itu, kata Luhut, nantinya pemerintah juga akan melakukan verifikasi setiap kantor perusahaan sawit. Luhut menekankan bahwa semua perusahaan sawit harus berada di Indonesia bukan di luar negeri. Dengan begitu, pajak yang diterima langsung ke negara.

Pada saat yang sama, Luhut juga akan memantau produksi dan distribusi minyak goreng. Ia memastikan pasokan minyak goreng berlangsung normal.

"Supply hari ini sudah cukup, lebih, dan sekarang harga sudah mulai turun. Kita pastikan distribusi jalan, penyaluran jalan, pengawasan jalan oleh Satgas Pangan," ujarnya.rmol news logo article
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA