Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Uji Coba ITB Bioavtur untuk Pesawat Berjalan Sukses

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 09 September 2021, 07:41 WIB
Uji Coba ITB Bioavtur untuk Pesawat Berjalan Sukses
Pengujian perdana Bioavtur (J2.4) yang dibuat oleh Institut Teknologi Bandung (ITB)/Ist
rmol news logo Pengujian perdana bahan bakar Bioavtur (J2.4) yang dibuat oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil digunakan tanpa mengganggu kinerja mesin pesawat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pengujian bahan bakar tersebut dilakukan di Hanggar PT Dirgantara Indonesia (PT DI) pada Senin lalu (6/9) kepada pesawat CN 235 Flying Test Bed.

"Pengujiannya bertahap, ini pertama kali di Indonesia untuk menguji Bioavtur di pesawat terbang. Sebelumnya kami telah melakukan uji tes ke mesin pesawat di Garuda Maintenance Facility dan hasilnya bagus tidak ada masalah," kata Iman K. Reksowardoyo dari Laboratorium Motor Bakar dan Sistem Propulsi diberitakan Kantor Berita RMOLJabar, Kamis (9/9).

Bioavtur merupakan bahan bakar pesawat terbang dari kelapa sawit. Uji coba bioavtur ini dilakukan secara bertahap, untuk kali ini dilakukan pengujian ground run, yaitu pengujian dengan mesin pesawat dihidupkan tetapi tidak terbang.

Sementara tahap uji coba dengan menerbangkan pesawat akan dilakukan pada 15 September 2021.

Kegiatan pengujian ini merupakan kerja sama antara ITB bersama dengan Kementerian ESDM, BPDPKS, PT DI, dan Pertamina. IMAA telah memberi izin untuk dilakukan uji terbang menggunakan bioavtur J2.4 tersebut.

Tim peneliti bioavtur dari ITB terdiri atas Prof. Subagjo dan tim Pusat Rekayasa Katalisis untuk produksi bahan bakar nabati, serta Dr. Iman K. Reksowardoyo dan tim Laboratorium Motor Bakar dan Sistem Propulsi FTMD-ITB untuk menguji dan evaluasi penggunaan bahan bakar bioavtur tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA