Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kakorlantas Dan Menhub Sematkan Ojol Sebagai Pahlawan Ekonomi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 23 Juli 2021, 00:43 WIB
Kakorlantas Dan Menhub Sematkan Ojol Sebagai Pahlawan Ekonomi
Menhub Budi Karya Sumadi dan Kakorlantas Irjen Istiono bersama pengemudi ojek online/Ist
rmol news logo Aksi bagi-bagi sembako dilakukan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono bersama Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, Kamis (22/7).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kali ini, sasaran penerima bantuan adalah para pengemudi ojek online (ojol) di Basecamp Asosiasi Ojek Online Garda dan Tekab Jalan Raya Kodam Sumur Batu, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Istiono mengatakan, pengemudi ojol berperan penting selama Pemberlakuan Pembatasan Kebijakan Masyarakat (PPKM) Darurat pada 3 sampai 20 Juli 2021 yang kini berganti PPKM Level 4 hingga 25 Juli 2021.

Para ojol berperan dalam membantu mobilititas masyarakat. Oleh karenanya, kata Istiono, ojol diberikan prioritas bebas dari penyekatan selama PPKM Darurat.

"Teman-teman (ojol) adalah mobilitas rakyat yang melayani masyarakat, kondisi pandemi ini memerlukan anda sekalian. Oleh karenanya, ketika ada harapan dan keinginan dari teman-teman, langsung kami koordinasi dengan Pak Menteri, kami persilakan lewat teman-teman ojol," ujar Istiono.

Istiono juga menjelaskan, Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) ojol sudah diurus oleh perusahaan. Sehingga pengemudi tidak diharuskan memiliki STRP.

Namun, pengemudi harus tetap memakai perlengkapan penanda seperti jaket, helm dari perusahannya. Pengemudi ojol bebas melewati penyekatan untuk mendistribusikan kebutuhan masyarakat selama PPKM Darurat seperti makanan, minuman, dan obat-obatan.

Senada dengan Kakorlantas, Menhub Budi Karya menuturkan, ojol memiliki fungsi yang sangat penting, terutama untuk melayani kebutuhan masyarakat yang saat ini di rumah saja. Bahkan, kata Budi, peranan ojol  di masa PPKM Darurat mendapat perhatian khusus dari Presiden Joko Widodo.

"Mengapa Pak Presiden begitu peduli tentang apa yang dialami oleh adik-adik ojol, karena memang fungsinya sangat penting sekali. Saya di rumah mau makan apa saja, pesen apa-apa bisa, gampang, murah itu jasa adik-adik semuanya," katanya.

Budi mengapresiasi peran dari ojol dan menjuluki pengemudi ini sebagai pahlawan ekonomi. Di masa pandemi seperti ini, ojol sangat berperan memberikan pelayanan, menerobos jalanan untuk memenuhi maayarakat Indonesia.

"Saya secara perdana menyatakan adik-adik itu adalah pahlawan ekonomi. Saat orang enggak bisa kemana-mana, adik-adik menerobos tempat-tempat tertentu, membelikan kami makanan, vitamin, itu luar biasa, pahalanya gede banget," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA