Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

2022 Tidak Akan Tenggelam, Anies Baswedan Calon Kuat Pilpres 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 07 Juli 2021, 10:11 WIB
2022 Tidak Akan Tenggelam, Anies Baswedan Calon Kuat Pilpres 2024
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan/Net
rmol news logo Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan diperkirakan akan menjadi salah satu kandidat calon presiden terkuat pada Pilpres 2024.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Perkiraan itu didasarkan dari elektabilitasnya yang terus moncer. Dari berbagai lembaga survei yang kredibel, elektabilitasnya konsisten di tiga besar. Elektabilitas Anies selalu bersaing ketat dengan Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Hanya berapa survei yang elektabilitas Anies terlempar dari dari tiga besar. Namun hasil survei ini diragukan karena dilakukan lembaga survei yang diragukan kredibilitasnya.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul Jakarta, M. Jamiluddin Ritonga mengatakan, tingginya elektabilitas Anies tampaknya berkaitan dengan kinerjanya yang apik selama menjadi Gubernur DKI Jakarta. Prestasi nasional dan internasional banyak dicapainya selama menjabat gubernur.

"Jadi, selama Anies dapat menjaga kinerjanya hingga 2022 dan tidak tergelincir pada perbuatan tercela, diperkirakan elektabilitasnya akan stabil. Bahkan tidak menutup kemungkinan elektabilitasnya semakin meroket bila prestasinya makin berderet," ujar Jamiluddin, Rabu (7/7).

Sebagian pihak memang memperkirakan elektabilitas Anies akan anjlok setelah tidak menjabat gubernur pada 2022. Anies dinilai sudah tidak punya panggung lagi minimal untuk mempertahankan elektabilitasnya.

Namun, menurut Jamiluddin, perkiraan itu tampaknya tidak akan terjadi pada Anies. Sebab, Anies termasuk sosok yang kreatif menciptakan isu sehingga untuk mendapatkan publikasi dari media bukanlah sesuatu yang sulit baginya.

Anies juga sosok yang lihai mendompleng isu-isu yang sedang aktual di media. Dia akan masuk ke berbagai isu sehingga media suka tidak suka akan menjadikannya sebagai salah satu narasumber dalam pemberitaannya. Hal ini akan membuat Anies terus menerus mendapat publikasi dari media.

Selain itu, Anies juga sudah memiliki banyak relawan. Salah satunya, Mileanies 2024. Relawan ini sudah menyiapkan banyak titik untuk menjadi panggung bagi Anies setelah tidak menjabat gubernur.

"Jadi, setelah Anies tidak menjadi gubernur, dia justru akn semakin leluasa untuk bersafari ke penjuru tanah air. Anies dapat memanfaatkan waktu dua tahun untuk mensosialiaasikan dirinya lebih intens ke masyarakat," imbuh Jamiluddin.

Kalau semua itu dapat dilakukan Anies dengan baik, maka elektabilitasnya akan tetap moncer hingga pencalonan presiden dan wakil presiden.

"Berbekal elektabilitas yang moncer inilah yang akan menyulitkan partai politik menolak mengusung Anies," ucap Jamiluddin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA