Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jika Memang Didukung Rakyat, Peluang Ganjar Dapat Tiket Capres Dari PDIP Cukup Besar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 27 Mei 2021, 11:13 WIB
Jika Memang Didukung Rakyat, Peluang Ganjar Dapat Tiket Capres Dari PDIP Cukup Besar
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Ist
rmol news logo Sepekan ini suhu di internal PDI Perjuangan lebih panas dari biasanya. Penyebabnya, ada gesekan antara putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani, dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kedua kader partai banteng yang namanya tengah bersinar itu bersitegang karena Ganjar dinilai terlalu berambisi maju di Pilpres 2024.

Apalagi hasil sejumlah lembaga survei kerap menempatkan elektabilitas Ganjar di peringkat atas, bersama Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Sementara Puan memiliki kans besar untuk memperoleh tiket pencapresan dari PDIP dengan modal sebagai pewaris trah Soekarno.

Panasnya internal PDIP menarik perhtian pengamat politik dari UIN Syarief Hidayatullah, Andi Syafrani. Ia menilai, meskipun terbilang berat dan sarat hambatan, Megawati berpeluang untuk menyerahkan tiket pencapresan kepada Ganjar.

Sebab Andi melihat, bisa saja ada tafsir bahwa konflik internal PDIP itu bukan yang sebenarnya. Melainkan hanya sandiwara atau kamuflase demi menaikkan citra Ganjar Pranowo yang elektabilitasnya makin moncer.

Dengan demikian akan timbul kesan Ganjar dizalimi seperti Susilo Bambang Yudhoyono dulu, sehingga mendapatkan simpati publik untuk memenangkan Pilpres 2024.

“Tapi apapun itu, hal ini menunjukkan dinamika internal PDIP yang bagus, karena mulai muncul kompetisi internal untuk 2024," kata Andi kepada wartawan, Rabu (26/5).

"Harus diingat bahwa PDIP adalah parpol yang sudah pernah melampaui masalah internal ini dengan mengusung Jokowi sebagai capres di Pilpres 2014,” sambungnya, dikutip Kantor Berita RMOLJakarta.

Padahal Jokowi bukan siapa-siapa di elite PDIP, apalagi trah Soekarno. Tapi Jokowi bisa diterima sebagai Capres.

“Jadi, peluang Ganjar sangat terbuka jika memang dia didukung rakyat melalui hasil survei,” demikian Andi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA