Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pandangan Sosiolog, Kerumunan Tanah Abang Sulit Dihindari Karena Bagian Tradisi Jelang Lebaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 04 Mei 2021, 18:30 WIB
Pandangan Sosiolog, Kerumunan Tanah Abang Sulit Dihindari Karena Bagian Tradisi Jelang Lebaran
Kondisi Pasar Tanah Abang, Jakarta jelang lebaran 2021/Net
rmol news logo Kerumunan di Pasar Tanah Abang, Jakarta baru-baru ini hakikatnya merupakan bagian dari tradisi masyarakat yang selalu terjadi jelang lebaran.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurut sosiolog Musni Umar, setidaknya ada lima budaya yang sudah turun-temurun diamalkan masyarakat Tanah Air jelang lebaran Idulfitri.

"Pertama, belanja di pasar menjelang lebaran untuk membeli baju baru dan keperluan lebaran Idulfitri," kata Musni Umar diberitakan Kantor Berita RMOLJakarta, Selasa (4/5).

Selanjutnya ada mudik alias pulang kampung. Lalu ada halal bihalal, ziarah kubur jelang atau dalam suasana lebaran Idulfitri, dan terakhir liburan bersama keluarga.

Namun demikian, lima tradisi tersebut harus kembali dipikirkan masyarakat mengingat saat ini kondisi bangsa dalam keadaan pandemi Covid-19.

Menurut Rektor Universitas Ibnu Chaldun itu, lima tradisi itu berpotensi menimbulkan klaster Covid-19 jika tidak ada kesadaran dari masyarakat untuk mencegah dan menghindari kerumunan massa.

"Karena walaupun memakai masker tetapi di tengah kerumunan massa, sangat berpotensi terjadi penyebaran wabah Covid-19," pungkas Musni. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA