Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Demo Buruh Di Tanjung Priok Aman Dan Kondisif Serta Mematuhi Prokes

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 01 Mei 2021, 23:46 WIB
Demo Buruh Di Tanjung Priok Aman Dan Kondisif Serta Mematuhi Prokes
Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis Aryana/Ist
rmol news logo Polres Pelabuhan Tanjung Priok mengerahkan 217 personel untuk mengamankan peringatan Hari Buruh Internasional pada 1 Mei alias May Day.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis Aryana mengungkapkan bahwa, setidaknya ada 257 personel gabungan yang dikerahkan untuk melakukan pengamanan dalam aksi buruh tersebut.

"Alhamdulillah, untuk demonstrasi hari buruh hari ini berjalan damai dan tertib. Dalam penjagaan, Polres Pelabuhan Tanjung Priok kerahkan 217 personel. Lalu petugas gabungan Syahbandar, OP, KPLP, KKP, Damkar sebanyak 40 personel," kata Putu yang turun langsung memantau demo di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (1/5).

Aksi yang diikuti oleh beberapa elemen buruh itu berjalan aman dan kondusif serta hal yang paling penting dilakukan disaat situasi pandemi Covid-19 yakni mematuhi protokol kesehatan alias prokes.

Putu menyampaikan apresiasi kepada seluruh elemen buruh yang memiliki komitmen untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) penanganan Pandemi Covid-19 dan menaati aturan yang berlaku di tengah penyampaian aspirasinya.

"Kami mengapresiasi kawan-kawan buruh yang mematuhi penerapan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga jarak saat menyampaikan aspirasinya. Sehingga, aksi demonstrasi pun berjalan lancar," ujar Putu Kholis.

Disamping melakukan pengamanan, Putu menyampaikan bahwa jajaranya turut membagikan 500 masker untuk pedemo dan masyarakat sekitar. Tak hanya itu, momentum bulan suci ramadhan juga dimanfaatkan Polres Pelabuhan bersama buruh yang menggelar aksi peringatan May Day turut membagikan 100 takjil untuk masyarakat.

Menurut Putu Kholis, dalam peringatan hari buruh ini, pihaknya sudah menggelar Apel terkait persiapan dalam rangka pengamanan demonstrasi tersebut. Sebab itu, seluruh proses demonstrasi berjalan dengan aman.

Dalam Apel tersebut dibahas soal koordinasi antar-kesatuan untuk mempersiapkan pengamanan. Membahas soal Tactical Wall Game atau arahan pengedali pengamanan. Menyiapkan spanduk imbauan dan edukasi kepada peserta aksi untuk tetap menaati prokes.

Untuk memastikan demonstrasi tersebut aman dari virus corona, Polres Pelabuhan Tanjung Priok juga mendirikan posko pelayanan Swab Antigen gratis untuk pedemo. Dalam hal ini, Kapolres dan jajaran pun juga ikut dilakukan pengecekan Swab Antigen.

"Kami mendirikan Posko Pelayanan Rapid Test untuk para buruh yang  ikut unjuk rasa pada sore tadi. Semua itu dilakukan dalam rangka upaya mencegah penyebaran virus corona," demikian Putu Kholis.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA