Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peran Kartini Zaman Now, Bagi Pemberantasan Korupsi Di Indonesia

Rabu, 21 April 2021, 15:21 WIB
Peran Kartini Zaman Now, Bagi Pemberantasan Korupsi Di Indonesia
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi. Firli Bahuri/Net
HARI ini, Rabu 21 April, bangsa kita kembali memperingati hari kelahiran srikandi Raden Adjeng Kartini, tokoh sekaligus simbol kebangkitan dan emansipasi peran perempuan Indonesia dari belenggu tradisi paternalistis yang sangat kuat, ketika zaman penjajahan Belanda.

Atas perjuangan Kartini-lah, eksistensi dan peran serta kaum hawa mulai diperhitungkan bahkan turut andil dan menjadi bagian saat mengambil keputusan maupun kebijakan penting, melalui sentuhan feminisme ide, kreatiVitas, dan pandangan mereka.

Sosok perempuan tak lagi dipandang sebagai seorang Hawa, pelengkap atau pasangan Sang Adam semata.

Kehadiran wanita dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, memiliki andil besar dalam membentuk, menentukan arah, tujuan dan masa depan bangsa, mengingat dari rahim mereka-lah, akan lahir calon-calon generasi penerus serta pemimpin negeri ini.

Bukan sekadar melahirkan, peran sentral kaum Hawa dalam 'asah asih dan asuh', sangat menentukan kualitas generasi penerus masa depan suatu bangsa kita.

Dengan sentuhan dan kasih sayang tulus kaum hawa-lah, nilai-nilai agama, moral, etika, budaya serta kejujuran, disemaikan dalam jiwa dan raga generasi muda sejak terlahir, agar kelak mereka memiliki integritas dan karakter kuat antikorupsi dalam perjalanan hidupnya.

Dalam sebuah hadist, Rasulullah bersabda, fainnal jannata tahta rijliha, "Berbaktilah kepada ibu karena surga itu di bawah kakinya."

Hadist yang juga menjadi peribahasa ini mengandung arti bahwasanya masa depan seorang anak, generasi masa depan bangsa, peradaban manusia dan budaya bangsa ditentukan oleh langkah kaki ibu, kaum perempuan termasuk membangun budaya Anti Korupsi.

Peran dan andil besar ini, jelas diperlukan KPK serta segenap eksponen bangsa di republik ini, dalam upaya pemberantasan korupsi yang telah berurat akar hingga menjadi laten di bumi pertiwi.

Kami beritahukan, tidak sedikit perempuan yang berani memilih dan menantang perilaku koruptif serta kejahatan korupsi, meski melibatkan teman, sahabat, bahkan saudara atau anggota keluarganya sendiri.

Dapat kita infokan bahwasanya sudah tidak terhitung dukungan dan informasi beserta bukti-bukti konkret yang diberikan srikandi-srikandi antikorupsi kepada kami.

Dukungan penuh Kartini-Kartini antikorupsi zaman now, mampu mengakselerasi dan menggelorakan semangat tempur kita bersama seluruh elemen bangsa di negeri ini, dalam perang besar melawan laten korupsi yang sudah menggurita di Bumi Pertiwi.

Bentuk andil dan peran besar kaum Hawa dalam segenap upaya pemberantasan korupsi, dapat kita lihat dari tingginya animo perempuan di seluruh penjuru negeri ini untuk menjadi agen Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK).

Agen-agen SPAK terdiri dari berbagai latar belakang perempuan. Mulai dari ibu rumah tangga, pedagang, guru, perempuan yang berkarier di pemerintahan atau swasta hingga istri-istri pejabat negara yang memiliki satu visi dan misi yang sama, yaitu tidak ingin korupsi serta perilaku koruptif semakin mendarah daging dan musnah di republik ini.

Hal-hal yang dilakukan agen SPAK mungkin terlihat kecil atau terkesan sepele, namun berdampak sangat besar bagi pencegahan tindak pidana korupsi di Indonesia.

Menanamkan budaya antikorupsi sedari dini di keluarga, lingkungan sekitar, atau berani mengingatkan teman, sahabat saudara hingga suami agar tidak coba-coba korupsi serta menerapkan perilaku jujur dan hidup sederhana, adalah contoh dan hal-hal kecil yang dilakukan oleh agen-agen SPAK.

Semangat kerja serta perjuangan keras seperti ayah dengan kesabaran tinggi layaknya seorang ibu yang ditunjukan oleh agen-agen SPAK seantero negeri ini, kami harap menjadi contoh dan trigger segenap upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

Syukur alhamdulillah, istri tercinta saya, Ardina Syafitri, telah menanamkan hal-hal kecil ini dalam rumah tangga kami. Hal-hal kecil dan sederhana yang dilakukan Separuh Napasku ini, teramat berarti bagi saya.

Sama seperti kaum ibu pada umumnya, istri saya menjadi pondasi sekaligus bingkai pembentukan karakteristik keluarga kecil kami.

Contoh kecil yang istri saya lakukan setiap hari yaitu selalu membekali saya dan anak-anak makanan masakannya, saat beraktivitas di luar rumah. Hal kecil ini selalu mengingatkan saya akan indahnya kebersamaan dalam kesederhanaan yang harus dijaga.

Meneguhkan hati ini agar senantiasa berjalan lurus, jauh dari goda apalagi dosa, agar keindahan kebersamaan ini, dapat bersama kami nikmati hingga akhir hayat nanti. Terimakasih istriku Ardina Syafitri, Kartini Sejatiku, Separuh Jiwaku.

Kartini mampu membuktikan bahwasanya perempuan bukanlah kaum yang lemah secara ide, gagasan, serta pemikiran. Perempuan memiliki rasionalitas seperti kaum lelaki, sehingga memiliki peranan dan andil yang besar bagi perkembangan bangsa dan negara.

Selamat merayakan Hari Kartini, semoga teladan Kartini senantiasa mewarnai perjalanan Kartini-Kartini zaman now sebagai motor penggerak segenap anak bangsa di Republik ini.

Bersama meraih cita-cita dan masa bangsa yang lebih baik lagi, dengan jiwa dan semangat Anti Korupsi. rmol news logo article

H Firli Bahuri
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA