Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemenkes Rusia Umumkan Efikasi Vaksin Sputnik V 97,6 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 21 April 2021, 03:40 WIB
Kemenkes Rusia Umumkan Efikasi Vaksin Sputnik V 97,6 Persen
Ilustrasi vaksin Sputnik V/Net
rmol news logo Vaksin Sputnik V diklaim telah memiliki tingkat efikasi hingga 97,6 persen.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal tersebut diumumkan Pusat Penelitian Epidemiologi dan Mikrobiologi Nasional Gamaleya dari Kementerian Kesehatan Federasi Rusia dan Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF), Selasa (20/4).

Efikasi vaksin Sputnik V tersebut diketahui berdasarkan analisis data tingkat infeksi virus corona pada orang Rusia yang telah divaksinasi dengan kedua komponen Sputnik V.

Direktur Gamaleya Research Institute of Epidemiology and Microbiology, Alexander Gintsburg bahkan menduga efikasi vaksin Sputnik V lebih tinggi dari hasil analisis yang sudah dilakukan.

"Karena data pada sistem registrasi kasus memungkinkan adanya jeda waktu antara pengumpulan sampel (tanggal aktual penyakit) dan diagnosis. Sputnik V sekali lagi mengonfirmasi keefektifannya yang tinggi dalam pencegahan infeksi virus corona," jelas Alexander Gintsburg.

Menurut data, dari 3,8 juta orang Rusia yang divaksinasi dengan kedua komponen Sputnik V dari 5 Desember 2020 hingga 31 Maret 2021 sebagai bagian dari program vaksinasi masyarakat skala besar, tingkat infeksi hanya 0,027 persen mulai dari hari ke-35 dari tanggal pertama vaksinasi.

Pada saat yang sama, tingkat infeksi di antara populasi orang dewasa yang tidak divaksinasi 1,1 persen untuk periode yang sama, dimulai dari hari ke-35 setelah peluncuran vaksinasi skala massal di Rusia.

Sputnik V disetujui untuk digunakan di 60 negara dengan total populasi 3 miliar orang. Sputnik V menempati urutan kedua di antara vaksin virus corona secara global dalam hal jumlah persetujuan yang dikeluarkan oleh regulator pemerintah.

Sputnik V juga telah disetujui di Rusia, Belarus, Argentina, Bolivia, Serbia, Aljazair, Palestina, Venezuela, Paraguay, Turkmenistan, Hongaria, UEA, Iran, Republik Guinea, Tunisia, Armenia, Meksiko, Nikaragua, Myanmar, Pakistan, serta beberapa negara lain. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA